Ini sebenernya lanjutan dari postingan sebelumnya yang judulnya :
Timing Chain, Timing Gear dan Timing Belt
tapi di situ cuma dibahas sekilas ajah, alias gag detail
---------------
Original post by : Zul Fauzi
2012 July 4
12.03 am (GMT+07.00 Hanoi, Bangkok, Jakarta)
------------------
Nah postingan kali ini mbahas lebih gamblang tentang Timing Gear,
sebatas yang ane tahu, jadi monggo para suhu-suhu silakan menambahkan
kalo ada yang kurang :)
foto : wikimedia
Seperti udah disebutkan pada postingan kemaren Timing Gear adalah pengatur waktu buka-tutup klep dengan media roda gigi.
Jadi gerakan noken as yang mengarur buka-tutup klep digerakkan oleh putaran kruk as yang disambung dengan rangkaian roda gigi.
foto : triumphrat
Pasti kenal dengan sistem buka-tutup klep TWIN CAM
Tetangga dan teman-teman saya bilang kalo TWIN CAM sama aja dengan DOHC.
DOHC itu ya TWIN CAM, kata mereka. Ya nggak sepenuhnya salah sih, tapi
juga nggak sepenuhnya bener lhooh. (lha njur piye ??). Emang bener kedua
model head silinder itu sama-sama pakai 2 noken as buat nggerakin
klepnya, tapi ada perbedaan antara TWIN CAM dengan DOHC.
Yakni : kalo DOHC semua noken as berputar dalam satu arah, sedangkan kalau pada TWIN CAM, noken as inlet berputar ke depan, sementara noken as exhaust berputar berlawanan arah dengan noken as inlet. Itu karena pada mekanisme TWIN CAM, kedua noken as dihubungkan dengan roda gigi (TIMING GEAR). Seperti gambar di bawah ini.
foto : baggersmag
Tuh kan beda, coba lihat DOHC nya satria FU di gambar di bawah ini, noken as nggak terhubung satu sama lain.
foto : irawatyhadi
Jadi timing gear lebih banyak diterapkan ke mesin yang mekanismenya OHV
(Over Head Valve) atau TWIN CAM. Sedangkan pada DOHC (Double Overhead
Camshaft) dan SOHC (Single Overhead Camshaft) lebih banyak menggunakan
timing belt atau timing chain. Kenapa begitu ? Karena biasanya
mesin-mesin yang pakai mekanisme timing gear adalah mesin yang torsinya
besar-besar. Makanya kalau pakai rantai keteng atau belt nggak akan
awet, gampang putus.
Contoh motor yang pakai mekanisme HEAD TWIN CAM adalah Ducati Panigale 1199 “Superquadro”
foto : westcoastbiker
4 komentar:
- hipni apotik5 Oktober 2012 15.00gan saya mau tanya noken as yang punya FU berapa ...Balas
- Anonim5 Desember 2012 17.38Gan,gear temeng bawah (yg lengket disokar) untuk thunder125 brapa?tlg bls ke no.ane 085763500434Balas