Minggu, 25 Januari 2015

Charger Aki Motor Sederhana

Alhamdulillah, akhirnya bisa ngecas aki lagi....
Beberapa waktu lalu charger aki punyaku dipinjam sama Paijo (nama disamarkan) dipake buat ngecas aki truk Fuso gandeng 26 roda punya dia. Karena dipinjam maka aku nggak bisa ngecas aki pulsar 200 ku. Akhirnya Allah memberi taufik (inspirasi) buat bikin charger aki yang lebih sederhana. (,,,,, ehm,, bukan Kang Taufik pemilik warung TMC Blog ya, hehe :D )




Thanks to Allah.
Seperti apa charger aki sederhana itu ? Yakni seperti ini neeh :
Ini charger khusus buat motor walaupun buat mobil atau truk juga bisa. Cuma kalo buat ngecas aki mobil/truk butuh waktu sekitar 3 hari baru bisa full. Tapi kalau motor cukup sekitar 6 jam doank.


Charger ini mirip dengan charger aki dual arus pada postingan sebelumnya yang rangkaiannya kayak gini :
(klik gambar untuk memperbesar)
Bedanya charger ini tegangannya 14,7 V arusnya 1,1 A dan udah dilengkapi kipas pendingin. Ini sebenarnya memanfaatkan charger laptop buat ngecas aki. Trus cara bikinnya gimana ?
----------------------
Original Post by : Zul Fauzi
2012 July 12
8.27 am (GMT+07.00 Hanoi, Bangkok, Jakarta)
----------------------
Caranya kayak gini :
Pertamax beli bahan2 yang diperlukan antara lain :
1. IC regulator seri 7815 + sirip pendingin
2. Lubang colokan charger laptop sesuai tipe
3. Saklar geser
4. Sekring tabung 1,5 A + kotaknya
5. Kipas angin CPU
6. Jepitan buaya kecil
7. Jepitan aki
8. PCB bolong
9. Kabel secukupnya
10. Tinol secukupnya
Keduaxx, rangkailah bumbu-bumbu bahan-bahan tersebut sesuai dengan rangkaian ini :
(klik gambar untuk memperbesar)

Ketigaxx, setelah jadi monggo dicoba buat ngecas. Sekali lagi walaupun ini khusus buat aki motor tapi juga bisa buat ngecas aki truk 26 roda yang 12 v 100 Ah itu.

Yang butuh rangkaian & print out PCB nya, monggo mampir ke sini
http://zulfauzi.blogspot.com/2013/07/panduan-lengkap-bisnis-cara-bikin.html
Sekian dulu postingan hari ini, moga berguna !
wassalamu'alaikum
------------------------------------
Screenshot :
1. IC Regulator 7815
2. Lubang colokan charger laptop













3. Kipas bekerja
















4. Aki truk nya Paijo

  





206 komentar:

  1. Aki motor ane aki kering
    kagax repot dicas bro
    Balas
    Balasan
    1. Ya sama aja... Perlu d charger... Klo d pake... Aki kering or basah ya harur d charger klo dpakai... Hahahhahahaha O2n...
  2. yup, ini sekedar buat jaga2 aja klo pas aki ngedrop :)

    motorku nggak pake kick starter soale
    Balas
  3. kang, rangkaian yg ini lebih sederhana dari yg dual arus (posting sebelumnya di http://zulfauzi.blogspot.com/2012/04/cara-bikin-charger-aki-motor.html). kalo kelebihan dan kekurangan masing2 apa aja kang?
    Balas
  4. klo yang ini single arus, kelebihannya ya lebih murah dan simple aja, cuman ngerogoh kocek +/- Rp 20000,00, klo kekurangannya cuma bisa charge lambat aja (waktu normal) hehe :D

    kalo yang dual arus bisa charge cepat (klo pas dikejar kuda, ekh,, waktu :P ) juga bisa charge lambat (waktu normal), kekurangannya cuma biaya sekitar Rp 40000,00, lebih mahal dan rada komleks rangkaiannya, Kang :)
    Balas
  5. Assalamualaikum..
    kang zero, saya mau tanya, kalau aki kering bisa di cas tidak?, soalnya aki kering saya sudah mau habis

    terimakasih kang, semoga tambah jaya.. Amiin..
    Balas
  6. wa'alaikum salam

    bisa koq, Kang
    motorku juga Satria FU soale, hehe :D
    Balas
    Balasan
    1. pak klo ga salah aki satria FU 12v 7A saya mau beli aki yg bagus buat inverter aki kering atau basah
    2. trus bisa tidak memakai amper meter bwat liat klo dah full pa blom kirimin rangkaiannya ke emai ane ya arizrizqi@gmail.com
  7. charger lapt0p ente
    brkpasitas brp gan?
    Brp v0lt n brp amper?
    Sya pnya charger psp
    0lympus, 5v0lt
    2amper.
    Kira2 skema yg sya
    bthkan gmna?
    T0l0g d bnt email sya
    aj gan.
    Sazorry@gmail.com

    brag yg in ak beli b0le g gan, buat d tiru d rumas, agan mnta brp?
    Nant 0ngkir jga ane yg tggung.
    Sms aj gan.


    087805464264
    Namaq angga,
    Plis gan bth bntuan,
    Skalian m0 nany2 skalian,
    Aku w0ng s0l0 njuk n0pemu.
    Balas
    Balasan
    1. charger laptop saya 18 volt 3 ampere

      kalau untuk ngisi aki, charger psp/laptopnya harus pake yang 17 volt ke atas, Kang, soalnya nanti bakal dilewatkan ke IC LM7815 buat diregulasi dan distabilkan jadi 14,7 volt

      kalo 5 volt 2 ampere gag kuat, gan

      nanti skemanya tak rapiin dulu ya biar gampang bacanya, baru ntar tak kirim lewat email

      ntar tak kasih skema dua-duanya, sekaligus penjelasan sama daftar komponen yang dibutuhkan.
      Jadi masbro angga chalz da emcee tinggal milih aja,

      Ditunggu aja bro :)

      ntar email saya : gunung_njeblug@yahoo.co.id

      o iya, sory sebelumnya, masbro angga chalz da emcee, barang yang ini udah laku dibeli temen saya 4 hari yang lalu, kemaren tak jual 50ribu
    2. kalu ak pesen g bsa gan?
      Btuh bget ne,
      agan tggal d daerah mana?
    3. aku tinggal di Mlati, Sleman, Jogja
      klo bro dimana ?
    4. ak tggal d solo sukoharjo.
      Kalu bisa pesen, nant ogkir ak yg tggug,
      skalian law bsa ak pzen in gan, rangkaian c0nvertr aki bwat ngecharger hp,
      skema'a bsa dliat dsni,
      http://ulunk.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-sendiri-charger-ponsel.html?m=1

      law bsa d kasi auto of byar law batery uda pnuh nant bsa otmats brhnt pengisianya
      .
      Bla agan bersedia nant tak b0r0g brang'a,
      Yg versi in ama yg lma + pezenanku in.
      Bsa sms ak aja gan.
      087805464264
      Ato email angga_oxs@rocketmail.com
      Sazorry@gmail.com
      Makasi. .
      Btuh bget.
      Buat experiment.
    5. sory sebelumnya bro, ane nggak menerima jual beli di luar Jogja

      tapi kalo bro butuh layout PCB rangkaian converter atau charger HP atau charger aki, ntar ane bikinin, tak kirim lewat email, gratis,

      ntar tinggal diprint di kertas kalender trus dilarutin sendiri, atau kalo blum bisa nglarutin sendiri bisa juga minta tolong bengkel TV atau bengkel elektronik buat nglarutinnya

      pokoknya tunggu aja balesan email dari ane (gunung_njeblug@yahoo.co.id)
    6. 0k gan, thx, tk tggu email'a. .
      Btw bl0g'a kuq g bsa d fol0w?
    7. eh, t0l0g skalian gan law bsa, bkinin skema
      m0difikasi amplifier yg 500watt ama 1000watt,
      supaya suara'a nendang.
      Tl0g y gan, kalu bsa.
      Law g bsa y gpp,
      skalian nant kasi tau cra'a it k0mp0nen'a bkin bru ato rubah dri ampli'a at0 d gabungkan dgan ampli?
      Skalian kasi trik'a supaya speaker bsa bersuara nendag,
      D kriw email y gan, ak tgg p0k0k'a
      Makasi bget. Nant ak update bl0g in.
    8. b0lak-balik bka email, kup lum ad blsan dri ente gan?
      ),:
    9. ane lagi ngurus skripsi, insya Allah Jum'at or Sabtu baru aku kirim

      kalo amplifier ane belum pernah bikin, jadi maaf sebelumnya yang ini ane blom bisa, gan :)

      kalo nyari referensi amplifier yang maknyus, cari aja di blogroll ane yang bagian BLOG ELEKTRONIK
    10. 0w, ent uda nyampe skripsi t0w,
      pantesan,
      law gt ak ngert'n ente gan, ak ngert kuq emag skripsi it yg lg sulit2'a kul, am mahal2'a kul. Past sbuk y gan.
      0 iya gan, t0lΘg mslah charger aki law bsa skema'a yg simpel aj g usah pake kpas pendingìn tar ane Ake KPAS manual aj, tp charger'a yg versi in aj y gan,
      0k mkasi, uda d resp0n.
    11. sante aja bro, ntar ane tambahin gambar 3D nya juga biar ente gampang ngrakitnya, OK

      tunggu aja Jum'at or Sabtu
  8. angga chalz da emcee : layout PCB & tutorial udah dikirim ke email, silakan dibuka
    Balas
    Balasan
    1. 0k, makasi bnyak gan.
      0 iya btw law qta c0d d sleman,b0leh b0r0g/beli penemuan2 ente g gan?
      Tar ane skalian t0uring gt.
    2. Sebenernya ane mau jujur aja kalo semua yang ane posting ini eksperimen2 buat nyeleseiin tugas2 dari dosen ane di semester dulu, nama mata kuliahnya : Pengembangan Produk Baru, jadi udah dikumpul semua, sisanya udah lama ane jokul ke tetangga2 ane, terakhir yang ini

      sory sebelumnya gan :)

      o iya Kang, kalau ada keluhan dari layout yang ane kirim kemaren, kontak ane ya lewat email or sms ya :)
  9. aq minat nih , mau bikin sendiri , tolong donk kirimin cara nya ,layout PCB & tutorialnya ke email aq.
    ERVANS_MEMORIAL@YAHOO.COM
    Balas
    Balasan
    1. ERVANS : layout PCB & tutorial udah dikirim ke email, silakan dibuka, Kang
  10. humz, , weleh2 dlu aj blag kalu g jual/beli d luar j0gja, ,
    meh d parani kuq malah ng0n0?
    Gezeh kang.
    Balas
    Balasan
    1. aku durung mudik koq, hehe

      sesok senen le mudik, Kang
  11. pak carger ane 19v 2,115a bisa g
    Balas
    Balasan
    1. ogh... bisa banget tuh

      tegangannya pas banget tuh
  12. bisa tidak sikring digantikan lampu led
    Balas
    Balasan
    1. sekring bisa diganti LED , nanti dipasang resistor 10K sebelum LED, tapi resikonya, arus yang keluar sangat kecil, sekitar 0,3 A, bisa lama ngisinya.

      Jadi LED musti dipasang paralel.

      Untuk pemasangan LED dan resistor, mungkin bisa tanya-langsung ke Mas Angga chalz da emcee di atas

      ini email beliau : angga_oxs@rocketmail.com
      atau email saya : gunung_njeblug@yahoo.co.id
    2. pak sebutkan bahan bahannya kirim ke email ane arizrizqi@gmail.com ane udh pnya PCB bolong jepitan aki sama solder timah ada bisa untuk cargher aki kering ga pak
    3. cm nambah dikit, dengan arus 0,3 A cocok untuk ngecas aki ukuran 12 V 3 AH (megi) pan kata teman untuk cas aki yg bagus adl 1/10 dari nilai AH pada aki tsb.
  13. Hlo Bro Zero Seven Aq juga pengen ngerakit nich.... boleh minta laout PCB n Tutorialnya ga
    klo boleh kirim ke email aq yach...
    mochyuda@yahoo.com


    Yuda.....
    Balas
  14. To ariz rizqi & yudha doank :

    Rangkaian udah dikirim ke email sampeyan, monggo dibuka,

    Rangkaian ini adalah tugas kuliah saya dulu
    dan belum pakai amperemeter atau voltmeter
    untuk aki Satria FU yang 7Ah, lama pengisian adalah 8-10 jam +/-
    atau kalau udah nyampe 12,9 V di multimeter (dalam kondisi aki dilepas dari charger)

    NB : Ketika ngecas, aki motor harus dilepas dari rangka motor dan ditaruh di atas papan triplex

    (zero seven)
    Balas
    Balasan
    1. ane g punya multi meter ane mau bli aki satria fu untuk inverter
    2. sikringnya gmbrnya gmna
      kirimin k email sya y
    3. semua gambar sama layout udah jadi satu di file rar nya monggo dicek
    4. sudah di cek tapi g ada gmbrnya yg ada tulisan aneh kya simbol
    5. itu file pdf nya ada 2, yang satu layoutnya
      nah satunya lagi itu gambarnya
  15. kang sikring tabung yg 1,5 g ada adanya yg 1 sma 3 a
    Balas
    Balasan
    1. gunanya sikring kang
    2. sikring itu buat memutus arus kalo terjadi konslet

      (misalnya : kabel + dan kabel - bersentuhan, trus keluar percikan, nah sekring berfungsi buat menyelamatkan komponen lain dari konslet tadi, biar gag kebakar)
  16. Sore mas, bisa minta foto detail komponennya apa aja, maap saya bukan dari anak elektro :D jadi awam deeh... hehe.. please...
    oh iya satu lagi klo + dibuat arus bolak baliknya gmn mas?
    jadi biar cepet ngechasnya. sebenernya jadi cepet rusak sih klo ngechasnya cepet, (setelah baca-baca di tempat lain)


    makasih sebelumnya..

    email ke prayudhi@yahoo.com
    Balas
    Balasan
    1. rangkaian udah dikirim ke email saudara, monggo dicek :)

      kalo arus bolak-baliknya, saya blom tahu caranya, Kang
      punyaku ini arus searah
  17. oh iya mas, klo pake model adaptor gitu bisa ga yah, jadi ga pake charger laptop. kebetulan saya punya. yg modelnya bisa di rubah rubah dari 3v-12v trus colokannya ada banyak hehe...
    Balas
    Balasan
    1. mas untuk membuat ini tegangannya harus diatas 17v nanti distabilkan oleh IC regulatornya
    2. nah itu udah dijawab sama Kang Ariz Rizqi :)
  18. Thx mas, papan PCBnya harus buat dulu yaah... hehe..

    makasih mas... walaupun aga mumet... :D
    Balas
  19. mas ane punya dua IC tipe nya sma smua beli2 7815 ane beli kmaren trus dirakit asal jadi dicoba sikringnya pke yg 1a nh di coba ane sentuhin outoputnya -&+ ane gabung kipasnya lemah muternya yg baru satunya pke sikring 3a ane sentuhin-&+ kipasnya g lemah tetap mutarnya gmna tuh yg bagus yg mna
    Balas
    Balasan
    1. bukan 7915 kan ?
      jangan sampe ketuker lho ya...

      sekring itu fungsinya buat memutus arus listrik, bukan buat bikin nguatin putaran kipas.

      Kipas muter lemah itu bisa disebabkan :
      1. Kipasnya imitasi (kalo ane pake kipas copotan dari power supply,jadinya kuat muternya, bisa dilihat langsung di screenshot nomor 3 di postingan ini)

      2. Timahnya kendor (coba dicek hasil solderannya, ini banyak kejadian di temen ane)

      3. Salah pasang kaki (untuk 7815, dari kiri ke kanan = in - negatif - out, gampangnya ikutin di skema pemasangannya)

      4. Masang kipasnya masih pake soket kipas (ini gag perlu, cukup potong kabel kipasnya, trus sambungin langsung ke kabel inputnya)

      5. IC 7815 pernah ditest dengan cara : disentuhin keluaran positif dan negatifnya. (IC 7815 yang pernah ditest korsleting kayak gini gag boleh dipake lagi, ganti baru aja, murah kok)

      6. Komponen-komponen tidak terpasang dengan benar (dirapiin lagi)

      mungkin itu jawaban ane, moga membantu :)
  20. knpa sikringnya hrus yg 3a bkan 1a trus klo 1a otuput ampernya brpa dan yg 3a otoput ampernya brpa
    Balas
    Balasan
    1. sekali lagi sekring itu bukan pengatur arus

      tapi PENGAMAN, artinya gag pake juga ndak masalah, arus tetep mengalir, cuma kalo nanti terjadi hubungan arus pendek, komponen bisa rusak, kalo pake sekring kan aman

      kenapa harus pake yang 3A ?

      Kan masbro bilang kalo susah nyari yang 1,5 A, makanya ane pilihin yang nilainya mendekati

      nilai sekring itu harus lebih besar daripada besar arus keluaran.

      Misal charger ane ini kan keluarannya 1 ampere, maka sekringnya harus 1,5 ampere atau 2 ampere.

      Nah masbro bilang di tempat masbro gag ada sekring 1,5 ampere, trus yang ada malah 1 sama 3 ampere, ya ane pilihin yang 3 ampere.

      Gitu, Kang :D
  21. thanks y mas dh jdi nih cma lubang colokan g da yg jual soalnya ane bwat cas aki ane jga blm bli aki akinya bwt inverter bgusan mna kang aki kering pa basah bwt inverter
    Balas
    Balasan
    1. kalo itu aku ra ngerti, coba tanya tukang aki aja kalo itu, Kang
    2. kn mas pernah bwt inverter
    3. Aku durung tau gawe inverter, Kang
      tapi nek skema wes tau, mung durung tau tak gawe barange

      cobo delok iki :
      http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/rangkaian-inverter-sinyal-kotak.html
    4. mas rangkaian carger aki ini bisa carger 2 aki motor tidak caranya dipararel/di seri
      thanks
    5. hmm,,, kayaknya bisa kalo diparalel, arusnya jadi nambah 2 kali lipat tapi tegangannya tetep 14V

      kalo diseri tegangannya jadi 25 V, gag cocok buat ngecas aki 12V
    6. mas ane dh ngecas aki mio soul 3a 10 jam nah ane test pke multimeter tegangannya dh 12,5v trus di coba bwat inverter trus ke kipas angin ga kuat cma 2m doank nyalanya
    7. aki Mio Soul arusnya 3Ah tegangannya 12V, berarti dayanya : 3Ah X 12,5V = 37,5 Watt

      Sedangkan kipas angin rata2 dayanya (bisa dicek di casing dinamonya) sekitar 40-50 Watt, jadi wajar kalo gag kuat.

      Kalo mau kuat, pake aki Satria F, itu 7Ah, kuat untuk ngidupin kipas angin 60 Watt selama +/- 1 jam 30 menit, Kang

      Buat ngidupin kipas atau TV kecil, minimal butuh aki yang arusnya 5Ah, di bawah itu ga kuat, Kang
  22. mas zero tolong donk cari tau tentang inverter TBE500w kn ane pnya TBE 500w aki cair 12v 10ah bwt tifi tabung 29in ga bisa tolong donk
    Balas
    Balasan
    1. Itu akinya yang gag kuat, dayanya cuma 120 Watt (12V x 10Ah).

      Angka 500 watt di inverter TBE tersebut bukan besarnya daya inverter itu, tapi daya aki maksimal yang bisa ditanggung inverter TBE tsb.

      Contohnya : Kang Ariz punya aki 12V 10Ah, dayanya kan 120 Watt, jadi yang keluar di inverter ya tetep 120 Watt, bukan 500 Watt.

      Jadi kalo inverter Kang Ariz 500 Watt, maka daya akinya jangan melebihi 500 Watt

      Contohnya lagi : Ane punya inverter merk SUOER 1000Watt, tapi aki yang ane gunakan aki Satria FU yang 12V 7Ah (12x7=84 Watt), jadi daya yang keluar dari inverter SUOER tsb ya tetep 84 Watt.

      Kalo mau kuat ngidupin TV 29 inch yang sekitar 250 Watt, ya aki yang digunakan harus aki mobil, Kang

      Kalo TV kecil macam Panasonic Quintrix yang 60 Watt, aki Satria FU yang 84 Watt masih sanggup melayani selama +/- 1 jam, tapi aki Mio Soul yang 37,5 Watt nggak sanggup melayani, dayanya lebih kecil dari bebannya soale.

      Gitu, Kang :)
    2. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
    3. bisa kang aki motor jga tapi hrus banyak di pararel ktanya ane jga tau infonya dari internet soalnya sering mati lampu apa lagi kalo ujan lbat
      kn klo di pararel arusnya tetap cuma ampernya brtambh
    4. mas ane da tv lcd shrp aquos 32in brpa y watnya kut ga pke aki 10ah
    5. ane pernah memparalel aki Bajaj Pulsar 180 yang 12V 9Ah (wattnya 12x9= 108 Watt) 4 buah, jadinya dayanya 4x108 watt = 432 watt, waktu itu pas mati lampu dan ane pake inverter yang SUOER 1000w tadi

      ternyata lumayan kuat buat ngidupin TV 100 watt sama lampu selama sekitar 3 jam.
    6. Spek TV sharp aquos 32 in coba cari di sini :
      http://www.anugrahpratama.com/product/sharp-aquos-lc-32l407/
    7. kang ane mau tanya klo inverter ente bisa bwt nyalain tv ada garis horizontalnya tidak ktnya klo bgtu harus di pasang kapasitor tapi kapasitor pa yah
      ane da info kta orng di internet aki ga ngaruh mau aki motor/apa atapi bisa nyalain bor yg 500w cma kuat bbrpa saat kalo ni hrus akinya yg gede ampernya
    8. nggak ada tuh garis - garisnya, tetap jernih seperti biasa.

      Kalo kapasitornya mungkin kapasitor dari kipas angin

      trus kalo bor 500 watt ya jelas gag kuat kalo pake aki motor (aki motor paling besar dayanya cuma sekitar 120 watt)

      itu musti aki Kijang Innova minimal
    9. ini saya mau coba klo ada garis2nya tlong donk solusinya y
    10. insya Allah tak bantu
    11. kg ane liat di internet gini misal ane pnya aki 12v 10ah=120w nah terus di bagi sma yg mau di pke kya bor 500w tapi ktanya nyala tpi g lma trus ane liat di youtube inverter 500w g tau merknya pke aki 12v 7a bisa nyalain tifi ukuran sedang trus smpiyer bwt nyalain musik tuh trus dvd player maksudnya gmna y aneh
    12. mungkin bukan 7a, tapi 70 Ah

      atau itu bungkusnya doang yang 7a tapi sel-sel di dalamnya udah diganti pake sel nuklir, bisa jadi udah gag 7a lagi, tapi lebih dari itu

      aki 7 Ah cuma kuat buat nyalain TV 60 watt + lampu philip 1 biji selama +/- 45 menit
  23. kang ane mau tanya tolong cari invormasinya y inverter TBE tuh pke trafo/IC saja
    Balas
    Balasan
    1. inverter TBE satu jenis dengan inverter SUOER ane, itu pake IC, jenis gelombangnya sinewave

      kalo yang pake trafo ukurannya lebih gede (sekitar 35x20 cm)
    2. kang zero kn ane dh coba inverternya ga ada garis garisnya tpi soun suara speaker tvnya bnyi teeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeettt gtu
    3. tambah lagi kapasitornya, kurang banyak tuh
    4. maksudnya kang,kn di coba di tifi lcd bnyi kya tuut gtu tivi blom nyala jga bunyi kn klo di listrik biasa kn klo di matiin dari tifinya ga bnyi ni blum di nyalain dh bnyi lmpu merah kya sensornya ga nyala ttp bnyi tpi ane coba di tifi keci tabung g bnyi cma tifi tabungnya g ada antenanya
    5. itu kn g ada gris2nya g pke kapasitor lagi gan
    6. maksudnya kang,kn di coba di tifi lcd bnyi kya tuut gtu tivi blom nyala jga bunyi kn klo di listrik biasa kn klo di matiin dari tifinya ga bnyi ni blum di nyalain dh bnyi lmpu merah kya sensornya ga nyala ttp bnyi tpi ane coba di tifi keci tabung g bnyi cma tifi tabungnya g ada antenanya
    7. bunyi tiiiittt di inverter TBE itu tanda aki nya kurang kuat nyalain TV LCD nya (itu sensor daya)

      berarti TV ente dayanya sekitar 150 W ke atas
      sementara ente kan pake aki 12V 10 Ah (120W)

      coba akinya di paralel atau pake aki mobil sekalian

      TV LCD itu cocoknya pake aki mobil, bukan aki motor
    8. bukan inverternya tapi suara dari speker tifinya kang
    9. mungkin itu memang kurang kapasitor, jadi arus listrik inverternya masih kurang rata, wajar kalo bunyi tiiittt... di speker

      coba kapasitor kipas anginnya ditambah lagi sampai bunyi itu hilang
    10. kapasitor brpaan harganya trus yg brpa uf,1uf,1,2uf/1,5uf
    11. sory tnya trus.gan kan ane da kipas angin duduk nah klo di listrik pln ga ada suara ngeng2222222 gtu tpi klo di inverter da apakah hrus di kasih kapasitor kan klo listrik pln pure sine wave
    12. kalu pakai kapasitor pompa air bisa tidak
    13. coba pake capacitor bank, bentuknya segede kaleng sprite, banyak kok di toko audio elektronik
  24. kang ane pnya aki yuasa tipe 12N10-3B 12v 10ah nah kn tu aki basah di sampingnya ada tutup buat udara tar gambar di cari y tu hrus di bka/ di tutup wktu pke aki krna aki ane bwt inverter kmren ane tutup trus pinggir akinya bentuknya kotak jdi kya masuk angin gtu gmna tuh
    Balas
    Balasan
    1. buka aja, Kang
      biar sirkulasinya bagus
    2. kang inverter tbe tuh modife sine wafe atau pure sinwafe bagusnya yg mna
    3. kg zero ane mau tanya ane pnya inverter tbe 500w trus ane mau beli aki lagi yg kya kmren aki kmren 12v 10ah x 5= 10x12=120x5= 6o0 g ppa kn soalnya kta di internet penghitungannya kya gni
      12vx10ah=120x5+600 trus di bgi sma mau yg di pke misal di pake 250w jadi 600:250w=2.4 jam gtu
    4. yo ndak papa, aki diparalel 5 itu malah bagus

      tapi bagusan pure sinewave, kalo ente punya duit lebih, beli aja yang pure sinewave, selain gag boros setrum aki, juga enteng ngidupin TV, AC, kulkas atau kipas angin. Juga gag ngganggu sinyal HP atau modem.

      kalo inverter ente itu jenisnya sama kayak punya ane (SUOER1000wt), jenis IC, modified sinewave.
    5. harganya gan mahal
  25. kang ane tadi baca buku panduan inverter TBE ane liat di spesifikasi keluarannya/sinyalnya pure sine wave bner g yh
    Balas
    Balasan
    1. berarti punya ente pure sinewave 500 wt capability
  26. assalamu'alaikum..... gan ane juga mau bikin charger aki... aall nya banyak tman2 ane yang sruh bikin karna ane kul. di teknik mesin unsyiah angktn 011, jdi harus bisa lah dikit2... tolong kirimin skema dan foto nya yang lebih detil ke imel anee gaann. aulia8899@gmail.com .. trimaksih... wassaalam....///
    Balas
    Balasan
    1. skema udah ane kirm, itu tugas kuliah ane dulu juga,
      ada gambar 3d nya juga, biar lebih mudah memahami
      salam kenal juga dari zulfauzi t.mesin uii 07
    2. maksiihhh banget bang zull.... oyaa anee juga gee buat nii.... anee juga coba buat pkek trafo 2A 15Volt... dah coba di cass tadii bissaa juga gan... atuu lagi gan zul bisa pakek parameter ngak... nnti kalo dah pnuh kita bisa tauu......///
    3. sami2, gan
      okelah kalo begitu :)

      tapi emang sih, itu gag ada indikatornya
      jadi parameternya : untuk aki motor Satria FU 150 yang 12V 7Ah, lama ngecas dari kosong sampai full +/- 9 jam, kalo dari tekor sampe full +/- 7 jam

      ciri2 aki penuh, kalo diukur di multimeter, tegangannya menunjukkan 12,5-13 V

      jadi buat aki motor lain ato aki mobil bisa dikira-kira nantinya
  27. kang zul ane tadi baca katanya inverter g boleh di kasih kapasitor bank apakah inverter pnya kang zul menggunakan kapasitor bank katanya kalu di kasih kapasitor bank nanti jadi rusak
    http://www.inverterplus.com/2010/12/kapasitor-bank.html ini coba di baca
    Balas
    Balasan
    1. itu kalo kapasitor bank nya pake yang jenis polar (ada + dan - nya) kalo pake yang non polar ndak masalah.

      Tapi kapasitor bank untuk arus AC 230 V emang jarang sih, makanya ane saranin pake kapasitor kipas angin yang murah dan gampang didapat.
    2. kang apakah kalau inverter yg menggunakan travo keluarannya pure sine wave dan yh menggunakan IC modifesine wave nah an ane kmren buka inverter ane ane liat ada travonya
    3. belum tentu, ane bikin skema inverter ini (http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/rangkaian-inverter-sinyal-kotak.html) sinyalnya masih kotak kok, walaupun udah pake trafo audio

      jenis gelombangnya itu bukan tergantung dari pake trafo atau engga, tapi dari rangkaian IC dan transistornya, Kang

      pada dasarnya semua inverter itu ga ada yang pure sinewave, akan tetapi berupa sinyal kotak yang kecil-kecil (curvature by multi squarewave)dan tersusun-susun sehingga seolah-olah membentuk gelombang kurva (sinewave) karena inverter itu kan alat yang nggak memakai dinamo atau generator

      karena gelombang sinewave murni itu hanya bisa dihasilkan lewat dinamo atau generator, bukan yang lain

      kalau ada inverter yang ada label "pure sinewave", itu sebenarnya berupa sinyal-sinyal kotak yang jaraknya amat sangat rapat sehingga bentuk gelombangnya "nyaris" membentuk gelombang kurva (disebut juga curvature by multisquarewave)

      jadi walaupun bukan sinewave, tapi kemampuannya setara dengan sinewave nya dinamo atau generator, walaupun gag sama persis

      mungkin jenis gelombang inverter ente adalah yang jenis renggang sehingga wajar kalau ngidupin kipas angin ada suara "ngeeengng"
  28. mas brow,kl boleh sy minta dikirim skema layout sm bahan2 racikannya donk..sy jg tertarik mau coba bikin mas..kl berkenan minta kirim ke cahyo_dnugroho@yahoo.com
    makasih byk sebelumnya..
    Balas
    Balasan
    1. udah dikirim, monggo dibuka
  29. mas bro zero seven mau tanya, klo pendinginnya cma modal kipas doang bisa kgak??

    sekalian mintsa skemanya,yaa bwat di bwa ke tukang elektro. hehe
    soalnya g bikin sendiri. minim alat.

    email saya rifai_jek@ymail.com
    trima kasih banyak mas bro, maaf ngrepotin.
    Balas
  30. mas bro. bisa bikin converter aki 12 volt 7 ampere jadi 12 volt 1 ampere. buat modem speedy.
    Balas
    Balasan
    1. insya Allah kalo ada waktu ane akan bikin artikel khusus tentang ini, tunggu aja

      maklum, ane ga banyak waktu luang sekarang, coz sibuk skripsi + ngajar praktikum
  31. mas, boleh saya minta skema cas aki 1 ampere dengan out put 13 volt. saya rasa yang 15 volt kegedean. thanx. email saya enjoy_mylive2@rocketmail.com
    Balas
    Balasan
    1. o ia. mas boleh minta layout pcb charger aki yg diatas.
    2. udah dikirim, buka aja emailnya
  32. assalamualaikum....
    mas bro....aq kepingin ngawe charger aki sendiri...tapi aq ngga ngerti elektronik blas....bisa tolong di buatkan charger aki ngga?....maaf sebelumnya...yg pernah aq tau seh kalo aki basah bisa di charger cepet,sedangkan aki kering kalo di charger cepet akine ngga bisa ngisi...harus charger lambat....bisa buatin charger aki motor buat 3ampere-7ampere....trus pake saklar buat charger cepet dan lambat
    coz aq mau buka bengkel motor sendiri mas bro....

    aubrey.c70@gmail.com
    Balas
    Balasan
    1. coba pakai rangkaian ini :
      [ http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/charger-aki-bikinan-sendiri-adjustable.html ]

      itu charger aki yang bisa disetel arusnya, 1-5 A
  33. boleh mnta rangkaian nya ndak...
    indrakrista19@gmail.com
    Balas
    Balasan
    1. udah dikirim, buka wae emailnya
  34. Mas, saya mau bikin charger seperti punya mas diatas :)
    tapi, saya mau buat Rectifier sendiri, jadi mau tanya ni mas kalo pake Trafo 3A Output 18 V untuk Aki 5-7Ah ? Lama pengisian chargenya berapa jam mas ?

    Trus langkah2 yang perlu dilakukan/dicek pada Aki
    sebelum dan sesudah di Charge apa aja mas ?

    Terimakasih sebelumnya :)
    Balas
    Balasan
    1. Sama2

      Trafo 3A 18V jika dihubungkan ke rectifier kemudian ke rangkaian saya, maka outputnya akan berubah menjadi :

      14,7V 1A

      kalau dipakai untuk ngecas aki 5-7 Ah membutuhkan waktu 8-10 jam (dari kondisi benar2 tekor)

      ciri2 aki tekor : tegangan di bawah 10V
      ciri2 aki lemah : tegangan antara 10-12V
      ciri2 aki baik : tegangan antara 12,4-13,5V
  35. mas perkanalkan nama saya candra ,saya mau buat sebuah rangkaian yang cara kerjanya seperti UPS, untuk saya perguakan kedalam mesin tetas telur, kalo flow nya gini mas
    1. listrik PLN hidup -> aki automatis nge charger dan apabila sudah penuh dia automatis berhenti charger , dan mesin tetas normal menggunakan listrik PLN,
    2. Listrik PLN Mati -> relay automatis switch ke aki untuk menghidupkan mesin tetas telur
    3. Listrik PLN Hidup Lagi -> relay Automatis Switch Ke Listrik PLN , trus Aki automatis charger dan apa bila sudah penuh charger automatis berhenti, apa bila aki dalam keadaan ngecharge dan tiba2 listrik PLN mati lagi maka kegiatan Ngecharge automatis berhenti dan relay automatis swith ke aki lagi untuk menghidupi mesin tetas

    mas saya minta bantuannya tolong kirimkan skema rangkaiannya ,layout nya dan perlatan apa aja yang harus saya beli, alamat email saya candra@dutacitra.co.id
    atau Chandra@grandspot.co.id
    no Hp saya 0817800928
    Balas
    Balasan
    1. wah, maaf sebelumnya saya belum pernah membuat rangkaian elektronik seperti yang anda sebutkan.

      sekali lagi maaf...
  36. mas, wah tonggo, aku dulu pernah lama di blunyah ledok mas... tapi sekarang udah balik ke jkt, gini mas --> saya mau charge aki mobil kurang lebih 100Ah 12v pake power supply bekas komputer, yang ingin saya tanyakan tegangan yang bagus untuk charge aki terebut berapa volt? dan kalau bisa saya minta layout pcb, skema rangkaian dan list komponen untuk buat otomatis bila aki sudah penuh maka otomatis charge off, dan rangkaian yang memutus arus sebelum aki setrumnya habis terpakai (biar ndak kekuras sampe habis gitu loh mas)...kirim nang email ku ae ya mas.. yustyara@gmail.com
    matur nuwun sak derenge ... semoga skripsi lancar... dan hasilnya A+...aamiin
    Balas
    Balasan
    1. skema udah dikirm, monggo dibuka emailnya
    2. mantep tuh mas,,,tolong kirim juga ke email sya mas,,maaf masih awam,,,faiqyahya99@yahoo.co.id
  37. Kulonuwun mas bro, sangat bermanfaat. Nyuwun ngapunten masbro, sampean punya skema kapasitor bank buat motor karisma? Kalo bisa sekalian cara pemasangan untuk sikring+relay mas bro, pengennya kalo kontak mati mboten nyedot dari aki. Imel saya miauw.skold.buzz@gmail.com sebelumnya makasih mas bro
    Balas
    Balasan
    1. wah, saya blom punya skema kayak gitu,
      mungkin saudara bisa mampir di blog tetangga saya, yaitu di blogroll bagian " Blog Elektronik " di blog ane ini, barangkali saudara menemukan apa yang dicari
  38. kang misalnya saya mau buat charger diatas tapi saya mau buat pakai travo 5A dan outputnya 15V rangkaiannya apa aja yag perlu di ubah untuk charger outputnya 15v 5a
    Balas
    Balasan
    1. itu cukup ditambah dioda bridge (jika trafo ACT) atau 2 dioda biasa (jika trafo CT)

      nanti dari trafo dihubungkan ke dioda tsb, dan dari dioda langsung dihubungkan ke input rangkaian

      rangkaian di atas ga perlu diubah
  39. Askum masbro saya mau coba buat charger aki spt yang sampean buat tp saya pnx charger laptp 20V 3,23A apa bsa dibuat spt pnx sampean masbro???klo bisa tlg mnta skemanx nih email saya masbrow nahskaw@gmail.com
    Balas
    Balasan
    1. udah dikirim, buka aja emailnya...
    2. Makasih masbro...
  40. mas bro, aku mau bikin charger accu mobil 12volt 1ooAmpere
    apa aja komponennya dan alat''nya tolong di kirim via email ea mas bro
    sanikarsani@gmail.com sederenge watur kesuwun
    Balas
    Balasan
    1. udah dikirim, silakan dibuka emailnya
  41. mas bro sekalian aku minta alamat FBnya dong
    Balas
    Balasan
    1. http://id-id.facebook.com/zul.f.abidin.9
  42. assalamu'alaikum..... mas salam kenal. saya ingin belajar membuat bikin charger aki boleh minta tolong dikirimi skema dan foto detailnya ke hotmadjie@gmail.com .. terima kasih wassaalamu'alaikum
    Balas
  43. assalamu'alaikum..... mas salam kenal. saya ingin belajar membuat bikin charger aki boleh minta tolong dikirimi skema dan foto detailnya ke hotmadjie@gmail.com .. terima kasih wassaalamu'alaikum
    Balas
    Balasan
    1. salam kenal juga, senang punya banyak teman

      skema dan foto udah dikirim, silakan dibuka emailnya
  44. Asalamualaukum kang Zero saya mau tanya , saya punya power supply sebesar 5A dengan tegangan 0,9,12(ACT) 18-18,20-20,24-24,32-32(CT)
    Balas
  45. sampurasun mas Zero Seven, saya tertarik dengan pengisian aki dengan PS komputer untuk aki mobil yang 110Ah seperti mas yustiara kirim ke imail saya zindra24@yahoo.co.id . terima kasih sebelumnya.
    Balas
  46. Kang, lebih oke klo sekalian dilengkapin dengan rangkaian desulfator, selain untuk nge charge, bisa untuk merekondisi aki juga.
    Balas
    Balasan
    1. sipp, Kang
      terima kasih banyak atas masukannya :)
  47. assalamu'alaikum kang...

    kang postingannya mantep...saya mau donk kang kirimin skema PCB nya sama gambar 3D nya, kirim ke email saya : new.bactery@yahoo.com , sya mau coba ngerakit ni..cz aki saya udah agak drop kang...

    thank" ya kang sebelumnya... :) GBU kang..
    Balas
    Balasan
    1. udah dikirim, buka aja emailnya
    2. ok thank's kang...
  48. Ijin bookmarks postingannya.
    Salam kenal Mas. Mas,saya punya charger dengan output 24v 1.8A (punya laptop Apple). kira-kira ada komponen yang harus dirubah gak ya? dan kalo bisa, saya minta di email skemanya...ke : leswardi78@gmail.com
    makasih sebelumnya.
    Balas
    Balasan
    1. ga ada, cukup lubang colokan chargernya aja yang disesuaikan dengan bentuk colokan charger laptopnya, soalnya beda-beda bentuknya tiap charger laptop

      skema udah dikirim, silakan dibuka emailnya
  49. Mas, mau tanya nih.. Klo sy pnya aki kering 12V 2,3Ah mau dicharger pke trafo 5A bs g..? Aki'a bs cpt rusak g..?
    Thx..
    Balas
    Balasan
    1. Sebaiknya kalo ngecas aki 12V 2,3 Ah pakai charger yang arusnya 500 mAh (0,5Ah) biar sel-sel akinya ga cepet mekar, atau pakai yang 1 Ah juga bisa tapi kurang direkomendasikan
  50. Askum Kang,..
    Saya pengen bikin cas tsb, saya punya charger laptop 12v 2.0A. Komponen apa saja yg saya perlukan? sekalian skema nya kang, kirim via email yaa ke ad.saputra90@gmail.com
    Terima kasih, Wassalam
    Balas
    Balasan
    1. sebaiknya gunakan charger laptop 17V ke atas
      kalo 12V ga bakalan bisa

      skema udah dikirim, silakan buka emailnya
  51. ass..
    tolong bagi skema yg detail dong bos serta komponen yg diperluka. yg sederhana sj untuk aki kering n basah. sy pux chas laptop 19v-3.42A. email sy : toryaby@yahoo.co.id . mksih
    Balas
    Balasan
    1. monggo dibuka emailnya
    2. oh iya mkasih... sy coba rakit dulu ya. klo dah jd pasti sy kabari.
    3. tambahan dikit,klo ga ada chas laptop bs di ganti pke trafo ga? trafo apa?
    4. bisa, pake aja trafo non CT 3A + dioda bridge 10A

      tegangan nanti dipasang di pin 0 - 18 Vac
  52. bang zero minta dong dikirimi gambar PCB ke email saya lutfie_e@yahooco.id
    dgn dengan keterangan komponen yang akan akan disolder...maklum bang saya nggak ngerti sm sekali tentang rangkaian elektro...trima kasih..semoga Tuhan membalas kebaikan bang zero...
    Balas
  53. cuy cara pasangnya fotoin dunnn...maklum bukan anak elektro
    Balas
  54. klo mau minta tolong bikinin rangkaiannya bisa gak mas bro?? klo bisa biayanya brapa ya??soalnya ane nul puthul bab elektro kek gini, kirimin ke sugank200@gmail.com yaa
    Balas
    Balasan
    1. rangkaian dan tutorial udah kukirim, monggo dibuka emailnya

      tapi maaf untuk saat ini ane ga terima pesenan, nanti minta tolong temen yang jago elektrik atau tukang elektronik aja buat ngrangkainya

      okey :)
  55. Assalam..
    Kang, ane sudah buat charger accu dengan rangkaian seperti yg ente tampilkan. Tapi waktu sudah dicolok ke listrik PLN tanpa ngecharge kok lampu listrik di rumah jd kedip2 ya kang. Trus takpasangi kipas komputer malah kipasnya pelan muternya malah kadang g muter. IC regulatornya jg langsung panas.
    Bahan2 yg ane pake:
    1. charger laptop 18,5V 3,5A
    2. IC 3 kaki dg kode tertulis L7815CV dg tanda buletan di tengah
    3. sekring tabung 4A

    Jd kemungkinan terjadi kesalahan apa ya kang? Tolong penecrahannya...trims
    Balas
    Balasan
    1. coba dicek solderannya dan sambungan kabelnya
      bisa jadi ada yang berdempetan sehingga sedikit konslet

      cek juga posisi pemasangan kaki-kaki nya
      pastikan ga ada yang salah

      punyaku sama punya tetanggaku berfungsi normal kok

      trus untuk kipas, sebaiknya pake kipas dari power supply CPU, soale muternya lebih kenceng
    2. untuk suhunya yang panas, itu normal kok
      punyaku juga begitu pas dipake ngecas suhunya panas menyengat, itu ga masalah
  56. mas nanya, bisa ga bikin charge aki 40Ah pake power suplay komputer,,,klo bisa tolong kirim email ke faiqyahya99@yahoo.co.id,,,sebelumnya terima kasih mas,,,
    Balas
    Balasan
    1. monggo dibuka emailnya
    2. Aku juga mau mas, pake bekas PSU komputer, aki ane 70Ah. Email saya: bekaskubekasmu@gmail.com. maturnuwun banget, baarokalloh amiin..
  57. ane mita dirakitin aja gan,kira2 biayanya abis berapa+onkos rakitnya...posisi ane di giwangan,ntar kalo rakitannya udah jadi ane ambil gitu,tapi biayanya dulu berapa totalnya :D

    kirim via sms ya gan soal biayanya.
    0816286442

    matur thx...
    Balas
    Balasan
    1. maaf gan, ane untuk saat ini blum terima jasa perakitan, coz ane sibuk skripsi&ngajar sekarang

      ane kirimin aja ya skema, layout PCB dan cara masangnya

      punya email? biar ane kirimin lewat email

      nanti bisa minta tolong tetangga atau temen yang bisa elektronik aja buat proses ngrakitnya

      okey :)
    2. boedak182@gmail.com
      tolong dikirim skemanya ya gan.
  58. mas, aq lg pengen bikin power bank buat bb (blackberry) pake aki kering nih, tapi bingung gimana rangkaiannya.
    takutnya kalo akki kering trus disaluri kabel ke charger yg terhubung sama hp, bisa ngerusak baterai/hp nya.

    ada solusi g mas, gmn cara membuatnya.?

    tolong y mas, atau balas ke email jg boleh. piratezeno@.com
    Balas
  59. piratezeno@gmail.com
    itu mas yg bener.

    atau kalau bisa kasih skema rangkaiannya (gambarnya) gmn gt.
    Balas
  60. mas saya juga mau layout PCB n Tutorialnya,lagi butuh ini penting.ni alamat emailku mas rieftowatanabe@gmail.com matursuwun.
    Balas
    Balasan
    1. silakan dirakit chargernya
  61. mas..nyuwun layout pcb nya dong...kirim ke kembunk_ajaib@yahoo.co.id

    rumah anda dimana mas ?? aku yo mlati jugag,,,tepat e jombor...xixixii..salam kenal
    Balas
  62. Misi Mas, mau nanya :

    1. Dari rangkaian di atas, jika catu dayanya diganti dengan travo CT 18V 2Ah + dioda bridge/kiprok, apakah akan menghasilkan output sebesar 14,7V 1Ah juga?

    2. Jika ingin mendapatkan output 14,7V 500mAh, komponen yang mana yang perlu diganti/diganti dengan apa?

    Terimakasih sebelumnya..
    Balas
  63. 1. Tidak, karena catu daya 18 volt jiga tidak distabilkan dengan ic 7815 tidak akan berubah tegangannya. Jadi harus memakai ic regulator juga.

    2. Jika anda sudah memasang ic regulator output yang keluar adalah kurang lebih 15volt dan untuk arusnya anda harus menambahkan resistor 6 ohm 2 watt dengan resistansi yang paling kecil...

    3. Untuk trafo ct jangan memakai dioda bridge tapi cukup memakai 2 dioda biasa saja. Dioda bridge hanya digunakan untuk trafo act \ non ct
    Balas
  64. makasih mas mimin atas ilmunya.
    berguna sekali bagi ssaya. saya nubie dibidang elektro nih. niat hati mau bikin charger untuk aki motor supra. kalau mau membuat arus output menjadi 0,5A bagaimana ya mas?
    mohon petunjuknya..
    trim's :)
    Balas
  65. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
    Balas
  66. mas mau tanya apa bisa untuk cas aki kering ups dan aki kering motor supra? kl blh minta gambar rangkaiannya kirimin ke email :rubydcs@gmail.com.terima kasih sebelumnya
    Balas
  67. kang aq minta layout PCB & tutorial, soalnya aq pengen buat n masih gak mudeng2, maklum bukan bidangnya.. aq punya carger ngangur 19v, 3.42A bisa kan kang...? kirim ke amri.ikhsan@gmail.com . maturnuwun sbelumnya kang
    Balas
  68. ada lagi cara termudah dan terhemat dengan menggunakan carger laptop.. harga alat 5000perak
    hubungi saya 083874920108
    Balas
  69. aki taft di charge pakai 1.5 amper??? kapan penuhnya?
    Balas
  70. mas bro, aku juga mau dikirimin donk, pingin bikin charger aki kering dan basah. ini alamat emailnya : andros.susanto@gmail.com.
    thx.
    Balas
  71. mas saya usul, coba di kembakangkan pakai relay saja di outputnya, jadi kalau listrik PLN mati otomatis ic 7815 terputus hubungan dengan akinya, dengan begitu ic lebih diterlindungi dari arus balik aki, karena saat ini mas masih pakai sekring 4A untuk pengaman, artinya jika listrik pln mati akan ada arus balik sebesar 4 amper atau 4x12.5v=50 watt sebelum sekringnya putus.
    ini sekedar saran saja lho.

    saya sendiri sudah coba dengan dioda bridge, dan charger 10 amper untuk aki 100A, dan sudah berhasil.
    Balas
  72. harun rosid28 Mei 2013 18.30
    mas broo.. minta tlg dikirimi skema n layout n cara pasangnya cos mau coba buat nih..n mau tanya colokan untuk laptop namanya apa ya mas broo ?cos bingung namanya.n yang kaki nya 3 ato 6 ya mas broo?.(maklum bukan bidang elektronika jd ga tau namanya).mohon dikirim via email ke harunrosid_nh@yahoo.co.id . trims buat penjelasannya mas broo.
    Balas
  73. salam mas,bagaimana jika untuk ampere yg lebih besar? sy punya trafo 40 ampere dan memakai paralel 2x dioda bridge 25A, output voltage 14V dan 27V.sy buat untuk charger aki, berhubung sy ada 3 jenis aki dgn AH berbeda yaitu 7.5ah,45ah dan 400ah (dua biji 200ah yg saya paralelkan biar sesuai dgn trafo 40A)bagaimana cara untuk mengatur ampere biar 1 trafo bisa sesuai dengan masing2 aki? sy mau selectable dari 1A-5A-10A-20A-30A-40A. tegangan 14VDC dan 27VDC untuk seri 2 aki. thanks mas, jika berkenan mohon bisa di ulas di blog nya mas,tidak usah di email biar kita2 yg newbe bisa sama2 belajar.thanks
    Balas
  74. Bisa kah instalasinya langsung digabung dengan instalasi pln yang sudah ada?
    Balas
  75. Kalau dikabel colokan ada tulisan 6A, 250V itu artinya kekuatan kabel+colokan itu cuma 6A, 250V ya?
    Balas
  76. Kalau bikin inverter pakai trafo yang (misalnya) 1A 220V.berarti daya maksimal yang dihasilkan inverter itu cuma 220 watt ya?
    Balas
  77. pak kalau Inverter apakah harus pakai accu?Bisa tidak di ganti batterai dan lain-lain
    Balas
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar