Thunder 125,
Motor apakah ini ?
Yup, ini adalah motor sport turing bermesin SOHC 4 stroke 125 twin valve, irit, tangguh dan terjangkau harganya (kata Pak eRTe). Banyak orang bilang kalo ini motor banci,,,akh mosokk :o
Setiap motor itu dirancang ada peruntukannya, ada yang khusus turing ada yang khusus balap ada yang khusus kulakan beras, dsb.
Sedangkan Thunder ini dirancang untuk T U R I N G. Banyak orang bilang ini motor lemot, alasannya cc nya nanggung "cuman" SOHC 125 cc tapi body nya bongsor jadinya lelet. Ah tenane... Ngapusi :x
Thunder ini sejatinya motor galak kayak Scorpio Z, cuman dari pabriknya disetting kalem karena sasaran penjualan motor ini adalah buat para PNS (Pegawai Negeri Sipil) walaupun mahasiswa sah-sah aja make ini motor.
Kok bisa galak ?? Itu karena Thunder 125 punya konfigurasi bore X stroke yang ciamik, yakni 57 X 48,8 mm. strokenya pendek, ketahuan punya bakat lari kencang, tinggal dipoles aja, hehe :D
Kok bisa kalem, diapain tuh di pabrik kok bisa lemot kayak gitu ?? Thunder 125 yang aslinya galak jadi lemot itu karena :
1. Karbunya vakum
2. Pengapiannya enggak galak
3. Boks filter banyak sekat
4. Kompresi nya cuman 9,2 : 1
5. portingnya terlalu mbelok
6. Leher knalpotnya lubangnya kecil
7. Manifoldnya "rada" kendor
8. Per kopling kurang keras
Trus gimana caranya mbalikin performa aselinya Thunder 125 biar galak seperti semula ?? :o
-----------------------------------
Original post by : Zul Fauzi
2012 July 11
10.38 pm (GMT+ 07.00 Hanoi, Bangkok, Jakarta)
------------------------------------
Caranya ya apa yang disebutin dari 1-8 tadi dibalik, yakni :
1. Ganti karbunya pake karbu RX King atau PE 28, buat motor 4 tak 125 cc 2 katup kayak Thunder 125 gag butuh karbu gede.
foto : thumpertalk
O iya, jangan lupa dibikinin adaptor buat lubang karbunya paling sekitar 50rebu di tukang bubut, biar pas masuk ke lubang boks filternya
foto : thumpertalk
2. Ganti kotak pengapian nya pake BRT neo-hyperband khusus Thunder 125 (gag bermaksut promosi ya, tapi emang ini TCI yang cocok buat motor ini)
Note :
TCI = Transistor Control Ignition
CDI = Capacitor Discharge Ignition
TCI beda dengan CDI, TCI lebih canggih dari CDI
Karena TCI mengggunakan transistor sedangkan CDI menggunakan kapasitor
foto :brt.ahass
3. Pernah lihat corong hitam di boks filter Thunder 125 ? Itu terdapat 3 baut, lepas aja part itu. Aliran udara jadi lebih deras.
foto : kaskus
4. Gasket antara head dan blok bisa dilepas, lhohh,,,, botjorr dong kompresinya entar. Enggak, selama head atau blok nggak dipapas alias masih utuh dan bersih, dan jangan diamplas lhoh permukaan head+bloknya, ini yang bikin kompresi botjorrrr.
foto : thumpertalk
5. Lubang porting bagian atas dikikis pakai bor tuner sebanyak 2 mm, kiri kanan 1 mm untuk lubang inlet lalu untuk lubang ex nya 2,5 mm atas dan 1 mm kiri-kanan,
kulit jeruknya dihaluskan, tapi jangan sampai mengkilat kayak kaca ya, cukup mengkilat tapi rada buram, biar bensin nggak mengembun, bisa brebet ntar kalo ada bensin ngembun.
Sebelum
Sesudah
foto : minimadhouse
6. Yang ini cukup ganti knalpotnya pake knalpot ori Suzuki Satria FU 150. Kenapa nggak knalpot racing aja. Karena satu..... yakni torsi dan dan power ngisi terus dari 1000 rpm sampai 10500 rpm.
Beda dengan knalpot racing yang kalo nggak torsinya doank ya powernya doank yang nendang.
Jangan lupa, knalpot FU nggak klop dengan Thunder, jadi mesti dibawa ke tukang knalpot buat ditekuk.
foto : sugiyantoblog
7. Untuk yang ini, banyak orang nggak tahu kalo -mungkin- beberapa Thunder 125 manifoldnya "sedikit" bocor, itu karena klemnya terlalu kecil. Solusinya cukup diganti dengan klem radiator yang seukuran manifold Thunder 125, ini banyak kok bengkel yang jual. Motor drag pun rata-rata menggunakan klem ini, karena cukup kuat.
foto : ototips.otomotifnet
8. Ganjal per koplingnya pakai ring patah setebal 2 mm. Ini bikin tarikan enteng (kadang ban depan sampai ngangkat kalo terlalu nafsu mbetotnya, hehehe :D )
foto : alandindoblack
---------------------------------------------------------
Nah, kurang lebih kayak gitu cara bikin kentjang Thunder 125...... Sebenernya bukan bikin kenceng sih, tapi lebih ke mengembalikan karakter aseli Thunder 125 yang galak. Kan basic mesin Thunder 125 itu dari Suzuki DR-Z 125 yang galak punya. Kayak gambar di bawah ini neeh:

foto : dayerses dan motor.sportku
Nah, sekarang Thunder 125 anda udah segalak Scorpio Z, udah bisa nguber maling deh...
wassalamu'alaikum
-----------------------------------------------
PENGEN TAHU CARA NGERAKIT CHARGER AKI MOBIL/MOTOR SENDIRI ?
MONGGO MAMPIR KE SINI http://zulfauzi.blogspot.com/2013/07/panduan-lengkap-bisnis-cara-bikin.html
foto : reidaverdade
Yup, ini adalah motor sport turing bermesin SOHC 4 stroke 125 twin valve, irit, tangguh dan terjangkau harganya (kata Pak eRTe). Banyak orang bilang kalo ini motor banci,,,akh mosokk :o
Setiap motor itu dirancang ada peruntukannya, ada yang khusus turing ada yang khusus balap ada yang khusus kulakan beras, dsb.
Sedangkan Thunder ini dirancang untuk T U R I N G. Banyak orang bilang ini motor lemot, alasannya cc nya nanggung "cuman" SOHC 125 cc tapi body nya bongsor jadinya lelet. Ah tenane... Ngapusi :x
Thunder ini sejatinya motor galak kayak Scorpio Z, cuman dari pabriknya disetting kalem karena sasaran penjualan motor ini adalah buat para PNS (Pegawai Negeri Sipil) walaupun mahasiswa sah-sah aja make ini motor.
Kok bisa galak ?? Itu karena Thunder 125 punya konfigurasi bore X stroke yang ciamik, yakni 57 X 48,8 mm. strokenya pendek, ketahuan punya bakat lari kencang, tinggal dipoles aja, hehe :D
Kok bisa kalem, diapain tuh di pabrik kok bisa lemot kayak gitu ?? Thunder 125 yang aslinya galak jadi lemot itu karena :
1. Karbunya vakum
2. Pengapiannya enggak galak
3. Boks filter banyak sekat
4. Kompresi nya cuman 9,2 : 1
5. portingnya terlalu mbelok
6. Leher knalpotnya lubangnya kecil
7. Manifoldnya "rada" kendor
8. Per kopling kurang keras
Trus gimana caranya mbalikin performa aselinya Thunder 125 biar galak seperti semula ?? :o
-----------------------------------
Original post by : Zul Fauzi
2012 July 11
10.38 pm (GMT+ 07.00 Hanoi, Bangkok, Jakarta)
------------------------------------
Caranya ya apa yang disebutin dari 1-8 tadi dibalik, yakni :
1. Ganti karbunya pake karbu RX King atau PE 28, buat motor 4 tak 125 cc 2 katup kayak Thunder 125 gag butuh karbu gede.

foto : thumpertalk
O iya, jangan lupa dibikinin adaptor buat lubang karbunya paling sekitar 50rebu di tukang bubut, biar pas masuk ke lubang boks filternya

foto : thumpertalk
2. Ganti kotak pengapian nya pake BRT neo-hyperband khusus Thunder 125 (gag bermaksut promosi ya, tapi emang ini TCI yang cocok buat motor ini)
Note :
TCI = Transistor Control Ignition
CDI = Capacitor Discharge Ignition
TCI beda dengan CDI, TCI lebih canggih dari CDI
Karena TCI mengggunakan transistor sedangkan CDI menggunakan kapasitor

foto :brt.ahass
3. Pernah lihat corong hitam di boks filter Thunder 125 ? Itu terdapat 3 baut, lepas aja part itu. Aliran udara jadi lebih deras.
foto : kaskus
4. Gasket antara head dan blok bisa dilepas, lhohh,,,, botjorr dong kompresinya entar. Enggak, selama head atau blok nggak dipapas alias masih utuh dan bersih, dan jangan diamplas lhoh permukaan head+bloknya, ini yang bikin kompresi botjorrrr.

foto : thumpertalk
5. Lubang porting bagian atas dikikis pakai bor tuner sebanyak 2 mm, kiri kanan 1 mm untuk lubang inlet lalu untuk lubang ex nya 2,5 mm atas dan 1 mm kiri-kanan,
kulit jeruknya dihaluskan, tapi jangan sampai mengkilat kayak kaca ya, cukup mengkilat tapi rada buram, biar bensin nggak mengembun, bisa brebet ntar kalo ada bensin ngembun.
Sebelum

Sesudah

foto : minimadhouse
6. Yang ini cukup ganti knalpotnya pake knalpot ori Suzuki Satria FU 150. Kenapa nggak knalpot racing aja. Karena satu..... yakni torsi dan dan power ngisi terus dari 1000 rpm sampai 10500 rpm.
Beda dengan knalpot racing yang kalo nggak torsinya doank ya powernya doank yang nendang.
Jangan lupa, knalpot FU nggak klop dengan Thunder, jadi mesti dibawa ke tukang knalpot buat ditekuk.

foto : sugiyantoblog
7. Untuk yang ini, banyak orang nggak tahu kalo -mungkin- beberapa Thunder 125 manifoldnya "sedikit" bocor, itu karena klemnya terlalu kecil. Solusinya cukup diganti dengan klem radiator yang seukuran manifold Thunder 125, ini banyak kok bengkel yang jual. Motor drag pun rata-rata menggunakan klem ini, karena cukup kuat.

foto : ototips.otomotifnet
8. Ganjal per koplingnya pakai ring patah setebal 2 mm. Ini bikin tarikan enteng (kadang ban depan sampai ngangkat kalo terlalu nafsu mbetotnya, hehehe :D )

foto : alandindoblack
---------------------------------------------------------
Nah, kurang lebih kayak gitu cara bikin kentjang Thunder 125...... Sebenernya bukan bikin kenceng sih, tapi lebih ke mengembalikan karakter aseli Thunder 125 yang galak. Kan basic mesin Thunder 125 itu dari Suzuki DR-Z 125 yang galak punya. Kayak gambar di bawah ini neeh:


foto : dayerses dan motor.sportku
Nah, sekarang Thunder 125 anda udah segalak Scorpio Z, udah bisa nguber maling deh...
wassalamu'alaikum
-----------------------------------------------
PENGEN TAHU CARA NGERAKIT CHARGER AKI MOBIL/MOTOR SENDIRI ?
MONGGO MAMPIR KE SINI http://zulfauzi.blogspot.com/2013/07/panduan-lengkap-bisnis-cara-bikin.html
327 komentar:
- sproket standar 130 kpj tapi akselerasi dari 0 - 130 kpj nya cepet banget, kaya RX-ZBalas
sproket 39 mata bisa 150 kpj tapi tarikan sedikit lamban dari pas pake sproket std
konsumsi bbm jadi sekitar 37km : 1 liter premium - Anonim21 Juli 2012 22.43Saya udah pake knalpot racing,dan pake cdi racing ditambah busy jarum,udah lumayan kok,pengen sih ganti karbu pake PE 28 cuma katanya mahal,kira2 PE 28 tu berapa duit yah..?? Trus kalo pake per kopling racing bisa nggak yah..?? Trus kira2 per kopling racing berapaan yah harganya...??Balas
Bahas trus dong soal thunder 125,biar yg lain tau kalo thunder 125 bukan motor "banci" yg kebanyakan orang bilang... - hehe, mantap KangBalas
karbu PE 28 yang ori Thai sekitar 600ribu di speedshop
kalo di klithikan sekitar 450ribu bisa nego
kalo untuk per kolpling lebih enak per kopling standar diganjel ring, kenapa ? Soalnya bisa disetting respon nya dengan mengganti ring yang lebih tebala atau lebih tipis. Juga gampang klo mau balik ke standar lagi. Tapi pake per racing juga sah-sah aja koq. Jangan lupa pilih yang merk terkenal, kayak merk ....tuuuuuutttt.... (sensor) :D - kalo harga per kopling macem2 sih, 50 ribu ada, 150ribu ada, 300ribu adaBalas
sesuaikan aja dengan budget, jangan lupa, yang merk terkenal yah,
kayak (terpaksa nyebut merk -__- ") HRP, AHRS, BRT, JMS, HRC, Daytona, dan lain2 - Anonim31 Juli 2012 07.23Numpang tanya kang,Balas
aku dah ganti yg PE 28 ori thailand.
Enak ditariknya lebih responsif
tapi koq suka brebet yah pas sedang bawa pelan..
Kebetulan hanya Karbu dan Knalpot saja sih kang yg aku ganti..
yg lain2 masih standar..
mohon pencerahannya kang .. - itu kemungkinan besar pilot jet sama main jet masih kebesaran, coba diturunin lagi Kang :DBalas
ukuran std SPUYER PE 28 , PJ = 46 dan MJ = 155
buat Thunder 125 yang cuma ganti karbu PE + snalpot, PJ dibikin 40, lalu MJ 110 aja, itu udah cukup buat nguber V-Ixion, Kang :) - Anonim7 Agustus 2012 01.24klo thunder diubah kaya gt tp motor2 lain jg diubah dgn hal yg sama bgm? apa thunder masih bs nguber jg?Balas
- hmmm,,, kalo motor lain nya kayak Ninja, CBR250 ato RX King kayaknya susah deh,Balas
tapi kalo motor lain nya V-Ixion, FU, NMP, Byson, Tiger dan semacamnya mungkin masih bisa
asal jangan drag aja, musti yang ada tikungannya, hehe - klau gasget antar head dan blok gak lepas masih bagus gak,,Balas
- Anonim21 September 2012 09.18Mr.zero seven saya mau tanya nihBalas
thunder saya tahun 2004 power pastinya udah drop, untuk mengembalikan nya gimana nih pake karbu, knalpot n setingan mesin dan setingan laen
please...... - punteun kang, mohon pencerahaannya, kalo thunder 2006 diganti pake karbu pe 26 + knalpot racing kenapa gak dpt langsamnya ya? kata org bengkelnya hrs bore up jd 150an cc-nya. dah gitu kyknya banjir mlulu, apakah klepnya yg mslh? sebaiknya hrs bagaimana kang? hatur nuhun banget ^__^Balas
- Dear agan zero seven...Balas
ane punya thunder 125 tahun 2007 bulan 11... terakir ane coba dipendakian ...gigi 3 tembus ampe 80 kpj..(pamer) :O
ane mau tanya..motor ane standart... kadang ngaco larinya.. kadang bisa ampe 120 kpj..kadang cuma 100 kpj aja... kenapa ya ?
trus ..motor ane kalo ane bawa di putaran 3000-4000 rpm misalnya ..stangnya getar gan..jadinya tangan ane kesemutan.. tapi kalo ane paksa lagi tenaganya ..getar nya malah hilang gan... kira2 kenapa ya gan?
trus ane rencana mau servis...
sekarang ane make oli pertamina enduro racing 10/40w..
rencana mau gani ke shell advance ..yang dengarkan tarikannya itu lo..(tau kan :D) ..kira2 bagus gak ya buat thunder... o iya.. kira2 kalo servis itu harus stel klep gak gan...?
sekian terima kasih..sorry panjang... - gan ane pake thunder dh pake seher tiger karbu PE28...udah d pake 5 hari tp msih kerasa berat,knp ya gan?..mohon pencerahan.nya ganBalas
- Anonim22 Oktober 2012 14.34Gan ane punya thunder 125 tahun 2009, nah sekarang motor ane dibawa lari top speednya cuman sampai 90kpj, trus ane bawa ke bengkel resmi service suzuki kata mekaniknya piston vacum karbu ane udah kemakan, padahal itu piston udah pernah ane ganti sekitar 1 tahun yang lalu, nah sekarang ane niat ganti pake karbu king.Balas
nah gan selain karbu apalagi yang perlu di benahi agar thundie ane bisa kencang lagi???? - Silver Thundie owner27 Oktober 2012 13.02Mz Bro Zero seven sip bener artikelnya...Balas
Thunder ane taun 2008 udh ganti CDI BRT yg hperband, Filter juga udah di lepas busa ma corongnya.
Tarikan emg lebih galak dri thunder temen yg standar, tpi klo klamaan di pake kenceng mesin tau" mati gk bisa idup kaiak abis bensin pdahal bensin masih ada.
tanya ke bengkel resmi ktanya klo CDI d ganti gk ori ya gtu akibatnya, pncerahan dong Bro....
trus klo mau ngikut artikel di atas kira" efek samping ada gk ya?
maklum masih pemula Gan..
pgen si thundie bisa ngibrit tpi gk pgen skit"an..
thx Gan.. - Anonim28 Oktober 2012 17.56gan kalo urusan ganti karbu buat thunder 125 ini lebih bagus pe 28 atau punyanya RX-King??Balas
nah ada artikel.yg ane baca klo pake punyanya king tinggal pnp gg perlu ganti manifold, sedangkan pe 28 harus ganti manifold ya ya gan pake punyanya satria fu ato scorpio z??? - gan klo pake karbu PE28 thailand bagus ga, ato harus yg Ori? soalnya skrg pke karbu RXKing KW malah susah settingnya.Balas
trus klo pke knalpot Satria FU, biar maksimal sekalian lehernya ato bisa pke leher knalpot Thunder ya??
misalnya dari 8 langkah di atas klo tanpa yg nmr 5 kira2 selisih brp persen performanya gan, btw ane msh blm percaya klo Thunder 125 bs ngejar Vixion, soalnya ane punya 2 motor itu gan :D - gan motor ane thunder 2007 udah pake karbu king sama knalpot racing, rencana mw ganti kampas kopling (dpt saran dr tman klo mw tarikan enak ganti kampas kopling).Balas
tp stelah baca artikel agan jd mw ganti CDI aja karna otomatis performa bertambah.
apa kira2 tarikan jg enak gan klo yg di ganti CDI aja.???
ato kampas kopling jg musti di ganti???
mohon sarannya gan spaya performa sama tarikan bsa enak - kattock3 November 2012 02.27gan mohon pencerahannya, ane pnya thunder 2007 msih standart, trz karbu pake king knalpot pake tiger revo, masalahnya stiap putaran atas dtarik gk maju2 malah agak mundur2, trz abs buat ngebut karbunya jg ngembun, cra mengatasinya gmn gan? TrimsBalas
- Anonim8 November 2012 20.35thanks sebelumnya agan zero eleven aras tips-tipsnya :)Balas
begini gan ane mau nanya ini,, ane punya thunder 125 keluaran thn 2009 akhir,, pas masih baru ane coba top speed sampai 120k/h, dan putaran rpm bisa narik sampai 12 ribu rpm...
nah sekarang gan motor ane udah gag bisa nyampe kecepatan 120k/h itu,, malahan max speednya cuman 90-100 k/h.... dan juga pas motor ane geber di putaran 8 ribu larinya si thundie malah tersendad-sendad...
dan juga tenaganya malah gg ada klo terus digeber,, pas ane bawa ke bengkel kata montirnya karbu ane yg rusak,,, pokoknya bagian dalamannya yg dudukan karet karbu itu yg udah lecet,, sehingga harus diganti kata montirnya... ada kh gan cara lainnya untuk mengobati thundie ane yg lagi sakit????
matur suwun gan.... - Anonim11 November 2012 06.00Mantab kali artikel Zero Seven ini, bisa tidak karbu vakum thunder 125 diganti dengan karbu injeksi ? mohon pencerahannya :DBalas
- Anonim11 November 2012 22.37salam thundie.. langsung aja gan ,, gini,, gw punya thunder 125 tahun 2007, dulu wktu gw geber tarikanya ampe 130km/jam.. tapi sekarang turun ampe 100km/jam,, trus bensinnya bocor dari karbu gan, knpa ya?? gimana caranya supanya performa thunder gw kembali lagi.. tanpa ganti karbu? mohon pencerahanya gan.. :)Balas
nb:gw udah udah pake knlpot racing, - Anonim12 November 2012 11.20misi gan mau tnya..lngsung aja..Balas
aq mau bngun thunderku jd mtor drag tp msh terkendala dana...
kalau hnya mengganti knalpot jd freeflow, bka boks filter, sma ganti karbu pe 28 apakah performanya udh naik...atau ada cra lain..
mhon sarannya gan
nb: modalku bru ada 500rb - Thunder 2007 std yang ganti knalpot + open filter ajaBalas
tenaga ga banyak berubah, mirip dengan std nya (cuma naik sekitar 0,3-0,6 dk)
tapi yang meningkat drastis adalah akselerasinya, jadi lebih buas, sekali betot gas, langsung ngacir
jangan lupa, abis open filter, main jet dan pilot jet digedein, buat ngimbangin pasokan udara yang meningkat drastis, sesuaikan ukuran dengan temperatur udara tempat tinggal Mas Agus
kalo di cuaca panas, biasanya pilot jet naik jadi 15, trus main jet naik jadi 115, ini ga mutlak, tergantung cuaca
kalo pengen ubahan yang ga mengubah daleman mesin bisa ikuti point 2,3,6 & 8 di artikel ini... - Satria black thunder14 November 2012 10.48Mr.zero thunder ku baru ganti pisto oversize 50.trus klo untuk mengimbangi nya pake karbu apa.apa mesti karbu rx king,knalpot ku pake yg racing mesti d ganti jg yg std FU buat mendongkrak performa terpendam d thunder ku. Tlng kasih saran nya yg lengkap. Trmksh mhn d bahas yaBalas
- Mr. Zero Plis help me.Balas
thunder ane brebet kalo di gas pul. misal gigi 3 di kecepatan 80km tarikannya jadi dut"n.
ane udah ganti busi platinum, jadi rada mendingan ga parah brebetnya.
trus rencana mau ganti TCI BRT.
kira2 brebetnya bisa ilang ga gan?
dan ada efeknya ga kalo ganti TCI?
ane baru ganti busi platinum, coil bawaan baru & knalpot bobokan. yg lain masih standart
mohon infonya gan
thx - thanks bgt Mr. Zero atas bantuannya..Balas
oia kalo ane pake TCI tpi msih karbu standart ada efek negatifnya ga? - Anonim15 November 2012 21.07thunder saya thun 2008..karbunya sering bermalah...terkadang banjir bensinnya ..lalu tiba tiba digas mbelebek..kayak kbnykan bensin,,,udh berkali dibawa kebngkel cuma senbtr sembuhnya lalu kambuh lgi..mohon pencerhannya...mr .zeroBalas
- mr zero. ukuran pj dan mj buat thunder 125 standart tahun 2008 pake karbunya rxk berapa ya...Balas
terus oli mesin aku kok berkurang terus, padahal di knalpot tidak ada asap dan tidak ada kebocoran, oli pakai standart SGO. thanks mr zero ! - selamat malam mas zero sevenBalas
gini mas motor thunderku aq lepasin saringan udarany trmasuk box nya..spy keliatan kosong ditengahny kayak motor2 drag:D
tp jdnya malah di gas besar dikit mesinnya mati....susah hidup...de el el..jd aq diemin aja smpe skrg....
gmana mas solusiny....aq msh pake karbu standar thunder n gak berniat mnggantinya...
mhon saran dan tipsnya mas - Anonim19 November 2012 07.34thunderku kondisi standart, nek kehujanan apalagi banjir kok mati, mau ngidupin lagi harus nunggu kadang lama kadang sebentar, apane yo Lek?Balas
- maaf out of topik bos. dulu ane pake thunder skg FU pake karbu king,tertarik ama yg ente bilang, karbu 2 tak harus pake jarum 4 atk kalo mau pake di 4 tak. nah utk karbu king diganti pake jarum skep punya apa dong bang? soalnya karbu king di fu ane putaran tengah smp atas enak. putaran bawah agak mbrebet dikit,apalagi pas panas. apa dr jarumnya? lalu diganti pake punya apa..? trims ya bangBalas
- Mister..tanya lagi yaahBalas
hhehe
ane mau ganti karbu rxk.
tpi mesin masih standart.
kira2 PJ & MJ perlu di ganti ga ??
trus kalo ane mau ganti TCI racing apa perlu jg PJ & MJ karbu rxk d ganti ??
kalo PJ & MJ ga di sesuaikan, apa efeknya pda thundie?
mohon maaf mister ane bnyak tanya..
sekiranya tidak merepotkan mohon di bantu.
trima kasih - mister nanya doonk..ane pake karbu king ko bensin'y kluar trus ya dari mangkuk karbu..bisa ga kluar tpi hrus d tutup kran bensin yg di tangki.Balas
knpa bgitu ya bro..apa ada kesalahn sma karbu ane?! - bang, tnya lagi.. masalah karbu king di FU ane. yg kmaeren putaran bawah-tgahnya mbrebet. ane dah turunin PJ jd 20. malah nembak2 knalpot (brrti kekecilan kan). dan gjala mbrebetnya gak selesai. apanya ya? jarum skep klu diturunin ke klip ketiga malah mbrebet, ditaruh di no 1 juga gak enak. trus apanya ya kang? hm.. bantu kangBalas
- misi masbrow mau tanyaBalas
thunder ane taun 2008. filter & box tak lepas, setelan angin 3 putaran penuh & jarum skep tak naikin 1 step. tarikan jadi lebih enteng, tapi skrg masalah yg timbul mesin mbrebet2 ato nyendal2 klo pas tarikan 80km/jam.
Apa yg harus di benahi?
ane pengennya tarikan enteng tanpa mbrebet2 lagi, klo soal top speed gk usah kenceng2 (120km/jam cukup lah)soalnya sekarang buat sampai 100km/jam aja susah.
mohon pencerahannya
ohya satu lagi yg gk kalah penting, dana ane minim boz he . . he . . he. . - Anonim22 November 2012 18.27gan mau nanya,,Balas
ane udah ganti karbu thundie ane pake punya king yg ori
tapi putaran atasnya kok ngempos ya gan, trus kalo ane paksa kemudian gas ane tutup eh malah mati mesin thundie ane, Bagaimana gan solusinya gan? mohon bantuannya ya gan - Bro mav maw tanya saya punya Thunder 125 2008 , di start hidup pas tarik gas mati (mbrebet gitu) ; padahal kemaren (11/23/2012 ) di servis di tempat resmi udh jadi ; hbs di parkir masalh itu timbul lagi kira2 apa ya rusaknya ; karna petama curiga membrannya sobek ; tp katanya mekanik ga ; apanya ya yg salah :mohon pencerahannyaBalas
- terim kasih banyak Bro ZeroSeven ;kayakna kemungkinan kedua : memang motor sering parkir miring ,soalnya masalah yg kemaren itu thunder memang cuma parkirnya di garasi (tapi dua 2saran bro tap saya jalanin), gnti jarum peampung kira2 harganya berapa Bro.,rekom bengkel donk daerah koja Terima Kasih BanyakBalas
- Anonim25 November 2012 04.04mister nanya lagi yaa...Balas
sbelum ane pake krbu standar...tarikan brebet di rpm atas.. misal di gigi 2 kecepatan 60km
trus ane ganti karbu rx king...tpi masih tetep brebet jg.
itu kira2 knpa ya bro?
apa CDInya kena limit,? - sam, nggawe filter aftermarket TDR iku aman nggak sih? maksudku podo karo filter orine nggak "keamanan" nya? aku pengen lepas box filter soalnya ben bersih pedaku. hehe.. klu emang aman jangka panjang juga yo tak ganti iku ae. piye sam?Balas
- mas bro mao nanya nh mtor ane thunder thn 2009, max 100 km/jam ga bsa naek lgi!!rencana mao ganti kanpas ma per nya pnya CLD!tu pengaruh ga bsa naikin lg kcpatan nya kaya bru beli nyampe 120 km/jamBalas
- Anonim29 November 2012 01.22makasi bgt buat artikelnya masbro,bermanfaat bgt..Balas
numpang tanya ni,apa stelah di pasang CDI/TCI (produk BRT)nafas si thundie ini bisa plong?soalnya jarak tranmisi 1-2-3 itu rapat bgt,dipaksain sih bisa,tapi kayaknya nyiksa ni mtor mas..trus bedanya dari CDI sama TCI ini apa buat si thundi? makasi - Anonim29 November 2012 21.02Slamat malam mr.zero seven.thunder ane skrng udh mantap enak bgt. vixion std aja gampang ngelibas nya. Tp gentakan kopling nya msh lemot ane mau ganti per kopling. Pke per kopling apa ya yg cocok biar ganas gentakan kopling nya. Trmksh sebelum nya mohon d bls:-)Balas
- Anonim30 November 2012 17.14mr 07 thundie ayas ( taon 2004) sudah ganti karbu pe 28 silenser fu ditarik enak tap pas masuk 4000 pm tenaga turun seperti mundur gitu mj n pj stndar cdi standarBalas
saya minta tolong solusinya ( pusiang neh)
trims banyak atas pehatiannya
sayaa doakn moga tambah rejekinya dunia akhirat - Sugeng ndalu mas....Balas
Untung nemuin blog ke sampeyan...
Mas mau tanya tanya nih...
1. mas motorku dah pke piston tiger ganjal paking almu skitar 2mm ma sedikit coak head biar kompresi g gde amat...valve madig std..karbu pke rxking abal" jarum skep pnya gl pro.nah pertanyaannya..
Pas akselerasi ada bunyi aneh kayak klep klitik klitik gitu tapi jarang....jadi ilang nafsu betot gasnya....itu apanya ya mas....
2. mas aku pake knalpot nobi, menurut njenengan pripun?? per kopling pengen tak ganjal ring patah...enae dipasang di sisi dalam/ luare ya??
masih banyak sih mas pertanyaane...soale aku senng uthek motor cma pengetahuane cekan modal googling aja....
Ini emailku mas....klo blh email emailan kayae lbh enak....
Salam Kenal
Haries Setyawan cah jogja - Anonim6 Desember 2012 16.51Bro tau g beli CDI varro buat thunder di surabaya? trus kira" hargany brapa?Balas
- Makasih mas ilmunya...pdhl aku dah pke tci brt, apa minta minum pertamak kali ya..he he he heBalas
- Anonim10 Desember 2012 23.41PERTANYAAN SEBELUMNYABalas
mister nanya lagi yaa...
sbelum ane pake krbu standar...tarikan brebet di rpm atas.. misal di gigi 2 kecepatan 60km
trus ane ganti karbu rx king...tpi masih tetep brebet jg.
itu kira2 knpa ya bro?
apa CDInya kena limit,?
Balas
Balasan
Zero Seven25 November 2012 23:30
itu bukan CDI, Kang
itu setelan karbunya
ada beberapa kemungkinan, seperti ;
1. lubang oli samping karbu RX-K nya belum ditutup plastic steel
2. setelan pelampung terlalu irit (mengingat brebetnya di putaran atas)
3. main jet kekecilan
4. manifold kurang kenceng
5. karbu open filter, sebaiknya kalo box filter dilepas, diganti dengan filter model kerucut merk K&N, TDR, Daytona atau semacamnya agar aliran udara di karbu ga kaya angin puting beliung
6. bisa juga klip jarum skep disetting di klip paling atas, jadinya terlalu irit
Anonim26 November 2012 23:26
tapi pas pake karbu standar jg masalahnya sama..
filter model kerucut yg kya gmna? ane mau beli.
thanks mister sebelumnya
Zero Seven27 November 2012 22:18
hmmm, kalo dilihat dari gejalanya sih, kayaknya Kangmas ini sudah melepas busa atau box filter nya
maka wajar kalo putaran atas brebet, karena dengan begitu aliran udara putaran atas akan menjadi sangat deras sehingga mesin akan kekurangan pasokan bbm
cara mengatasinya cukup main jet diperbesar sampai ga brebet lagi
sekedar patokan, Thunder karbu std yang open filter, biasanya pake main jet ukuran 115 atau 120
untuk filter model kerucut itu kurang lebih begini bentuknya :
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT6783PKN6pL-rtEh4zJ0KSh6IwOUGM2QOXP4k7X-nDRzyql2JDVABSE3OA
sangat disarankan buat pemilik Thunder 125 yang open filter untuk memasang filter model kaya gini, karena malah bikin tarikan lebih sip dibanding open filter
Anonim10 Desember 2012 23:39
PERTANYAAN SELANJUTNYA
lobang oli samping yg dimana ya bro?
busa filter udah ane pasang tapi ttep masih brebet. - Anonim16 Desember 2012 22.48mister pengguna Thunder 125 bnyak yg bilang kalo pake karbu RXK buat mesin jadi overhead n ring seher jdi cpet kena, yg akhirnya merembet ke seher.Balas
karena pada dasarnya itu karbu untuk mesin 2tak.
menurut mister gmna dengan pernyataan ini? - tanya mas boz,Balas
thunder q kok jalan pelan ndut2an ya?
karbu king PJ 17,5
top speed kurang sip, tarikan kurang joos.
apa yg perlu di ubah? - Anonim19 Desember 2012 14.22ane pake Karbu RXK di motor ane lobang oli samping ane sambungkan ke PAIR.Balas
masalah ga tuh gan?
kalo di lepas & selangnya di mampetin malah knalpotnya nembak2 - mlm mister aku mw nanya nih,aku pke thunder th 2006,knp y klo abis ngebut pas turun gas jd ngempos ,trus mati,pas dinyalain lg ngempos terus digas jg g mw ngangkat,mesti dibantu pke cuk...yg diganti knalpot doang pke satria fu bobokan ,,trims..Balas
- Anonim24 Desember 2012 10.06siang masbrow... ane pake thunder 2007.. ane udah ganti karburator rx king.. tapi kenapa ya klo di bawa pelan kok bebet larinya.. musti di tarik gasnya baru mendingan,,.. bensin juga boros bgt.. apa settingannya kurang pas atau gmna?? mohon solusinya masbrow...Balas
- salam kenal...ganBalas
kalo karbunya cuma pke PE 28 KW 2 bagus nggk yaa ?? - numpang share gan,ane punya thunder thun tinggi 2011,ane udah ganti karbu PE28 ori thailand,blom tau brpa ukuran PJ,MJ nya,dan knalpot standar,Balas
kondisi masih ngorok tenaga nya gak ada...
tolong pencerahan nya gan.. - Anonim28 Desember 2012 15.47mister nanya donk..Balas
kalo pake gear blakang rx king apa rantai bawaan thunder hrus d potong / pake rantai rx king jg?
emang gear blkang rxk sama ya dudukan baut'y sma punya thunder? - nebeng nanya mas nih,,motor thunder sy dah over size 50 trus ganti carb RX king ko knapa kl lari kenceng gak brebet tp kl pelan di bwh 80 km/jam malah brebet sama ndut-ndutan gmana solusinya,trims sblum yaBalas
- Anonim31 Desember 2012 09.00PusingBalas
Thunder 125 thn 2007 mesin masih ori,kalo di bw perjalanan jauh/mesin panas selalu ndutndutan kadan sampai macet,udah di bw ke bengkel berulang kali blm ada solusi,kebanyakn pengalaman yg punya thunder sama dng pengalaman saya...minta pencerahan (Putra) - albizar1 Januari 2013 20.12kalo seandainya point nmr 1 itu diganti menjadi karbu standard n cuma ganti pj mj aja khasiat nya bakalan sama ato beda? misalnya pj mj di gedein segede" nya gitu biar bensinya deras . gimana kira"?Balas
- mas numpang tanya thunderku baru kemarin bore up pake piston 61mm, liner sisa 1,25 mm, mesinya cpt panas bgt. solusinya gmna ya, kadang panasnya smpe ke betis, makasih masBalas
- Anonim4 Januari 2013 23.20gan ane pake thundie thn 2010 pertengahan. dari 8 saran di atas ane baru nomer 6 pake knalpot racing.Balas
tapi penyakitnya malah thundie jadi manja pengenya minum pertamax klo di kasih premium jadi rada brebet2. trus kalo bensin tinggal 2-3 liter jadi kadang mati sendiri dan harus tunggu 5-10 menit baru mesin bisa nyala itupun juga setelah di bawa 2KMan udah mati lagi. mohon pencerahanya dong master :) - kalo misalkan langkah itu sudah dilakukan namun masih mbrebet di gas bagian tengang gmana?pnya q bawah ok atas ok, tp tengahannya agak mbrebetBalas
- Anonim7 Januari 2013 19.47mas zero seven... saya sangat bermasalah dengan thundie saya :( ... lgsg saja saya baru ganti karbu keihin RXK buat thundie saya, memang enak, tapi setelah jalan saya anggurin 3 jam, langsung susah di stater baik otomatis maupun kick, aki memang drop, nahhh, katanya mekanik karbunya emang jelek dan setelan main jet n pilot jet ga tepat.. bisakah saya minta setelan pj dan mj buat karbu keihin rxk mas? need help..Balas
- Anonim7 Januari 2013 20.48nambah ,as.. ternyata yg saya beli keihin KW ... (ga pengalaman aku nya)hehhe.. yg 150an rb.. apa itu ngefek??Balas
- mas zero seven aku mau nanya nih. tunder aku tahun 2009 masalahnya slalu mati mendadak dan harus di bantu dengan chok. katanya karet vakum karbunya bermasalah.apakah vakum karbu bisa di ganti dengan vakum karbu yang lain atau masih bisa di akalin kagak yah ?Balas
Free Automatic Backlinks Exchange Free Backlink Service
Download Software Fullversion | www.tech-comps.in - fahmy8 Januari 2013 17.27mas saya mau tanya harga karbuPE28 brpan si orang nawarin 500rban tapy ada yg jual 250rb mana yg bener? heheBalas
ngomong2 abis modal berapa maxnya cara 1-8 diatas itu??
makasih - bro zero seven, thunder ane udah bore up 50, stroke paking 2mm karbu standar PJ 17,5 MJ 122 tadi'a MJ mau 125 tapi ga ada, ada'a 122 yaudah ane beli. tapi kok brebet kaya choke di buka gan? padahal choke udah nutup. apa wajib ganti karbu dan kelistrikan?Balas
mohon pencerahan gan
bro. Gigih (PROPER Bekasi) - Gan mau nanyaBalas
mtr ane thunder thun 2006
karbu pe 28 filter mke koso air turbine
knapa top speed cuman 120
trus ane coba make coil bluethunder kga bisa nyala mtr ane
kta bengkel spul ane masalah
apa bener gan?
Minta pencerahan nya gan
makasih - raindra9 Januari 2013 09.52motor saya thunder 2006,
- udah naik kompresi dg cara papas head 0,5mm ke tukang bubut.
- porting inlet outlet
- karbu std, tapi pilot jet pakai punya shogun kebo ukuran 17,5, mainjet tiger 120
- udah ganti klem karbu dg klem pipa kaya gitu.
- ban belakang 110/80-18, dpn 3.00-18
- pakai magnet 9 power di kabel busi.
- filter udara udah dipotong, dan dilepas kayak gitu
- pakai gas spontan
- top speed sih 130km/h
- per kopling masih std sih, cuma agak dikerasin dikit setelannya.
kekurangannya :
- kalo dipakai boncengan power turun + berat
- vibrasi tinggi di footstep kalo dipakai rpm 6000 keatas
- dulu pernah pakai PE28 spuyer 48/115, tapi vibrasi makin terasa tinggi dipakai ngebut, akhirnya pakai karbu vacuum lagi biar gk terlalu pegel.
- karbu PE 28, itu skep terlalu panjang, jadi harus buka gas dalem2, alias kurang cocok buat akselerasi mendadak / menghentak.
kesimpulan saya:
- biarpun masih pakai karbu vacuum, asalkan gedein spuyer jadi 17,5/120 + gas spontan, dan naikkan kompresi serta porting inlet-outlet, tarikan bawah lumayan galak.
Mas, mau tanya nih.. Sebenernya kalo ganti tdi standard thunder dengan cdi shogun kebo itu bagus atau malah kemunduran ya? Kalo baca2 katanya cdi shogun kebo itu bagus, tapi kalo dilihat timing pengapiannya tdi standar sudah 4 step berubah di tiap rpm tertentu.. Bisa tolong kasi penjelasan? Soalnya saya sudah pakai cdi shogun. Apa baiknya kembali ke tdi standardnya ya? Terima kasih.. Mudah2an artikel ini masih dipelihara hehehe (dah darintahun 2012 sih)
BalasHapusBuat suhu smua ada yg tau cara pasang cdi shogun kebo ke thunder 125, apa soket cdi kebo sama ama soket cdi thunder. Kl ga sama gmn cara ngakali soket sprti itu. Tks before?
BalasHapusmisi om ntun ane non ks karbu pe 28 pj 35/mj 110 plus rmh mj Mio pertanyaan nya ko susah langsam ya stel angin cuma setengah puteran minta bimbingan nya oom
BalasHapus