Minggu, 25 Januari 2015

Cara Pabrikan POSH Bikin Leher Knalpot

Masih inget POSH Factory ? Itu lho, vendor dari Thailand yang beken dengan variasi aluminium warna anodized nya.
Produk mereka lumayan banyak, mulai dari mur-baut, swing arm, sampe knalpot, nyaris semua spare part mereka bikin.






Kali ini kita akan bahas cara mereka bikin leher knalpot. Mereka menggunakan mesin tekuk yang udah otomatis dan berbasis PLC (Programmable Logic Control). Operator cukup pencet-pencet tombol aja dan mengatur sudut-sudut tekukan yang udah baku.

Mesin tekuk knalpot otomatis ini punya 4 komponen utama, yaitu
(1) Jig pemutar
(2) Jig Roller
(3) Jig penekuk
(4) Jig Penahan

Pertama, operator memasukkan pipa panjang yang nantinya jadi knalpot ke dalam jig pemutar. Selanjutnya operator menuju console mesin untuk mulai menekuk pipa ini secara otomatis.

Jig pemutar mengunci pipa tadi, dan ketiga jig lainnya merapat dan siap pada posisi.

Jig penekuk mulai menekuk ujung pipa.

Kemudan jig penahan & jig penekuk bergerak menjauh, jig pemutar tetap pada posisinya dan bersiap memutar buat mindah posisi untuk tekukan selanjutnya.

Jig pemutar mulai berputar dan membuat pipa berpindah posisi.

Jig penahan & jig penekuk merapat, kemudian jig penekuk mulai mendorong pipa hingga tertekuk ke arah lain.

Jig penahan & penekuk menjauh dan jig pemutar berpindah posisi.

Proses selanjutnya, jig penahan & penekuk kembali merapat dan menekuk pipa lagi.

Leher knalpot dengan tekukan yang diinginkan udah jadi.

Kurang lebih itulah proses pembuatan leher knalpot oleh pabrikan POSH Factory.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar