Minggu, 25 Januari 2015

Adu Spek antara Suzuki RGV 250 vs Yamaha TZR 250

Kali ini kita akan bahas lagi tentang motor banter yang beken di era 80-90 an. Yup tentu 2-tak pastinya, yang emang punya ciri khas jambakan pesawat, hehe. Motor yang akan dibahas dibatasi 2 dulu aja deh, yaitu Suzuki RGV 250 sama Yamaha TZR 250. Soale kemaren pas lebaran kan udah bahas Honda NSR 250.

Kedua motor ini jujur aja termasuk motor yang secara performa & teknologi melampaui zamannya (bahkan mungkin zaman sekarang), siapa sih yang gag ngiler ama deltabox frame, twin spar frame ukuran gambot, pengapian dengan percikan busi yang bertubi-tubi (burst ignition), velg lebar palang 3, mesin V2, dll. Yang mana semua itu jadi idola buat diaplikasi di motor zaman sekarang.

Suzuki RGV 250




(Suzuki RGV 250 SP)

Ini adalah lanjutan dari Suzuki RG250 Gamma. Bedanya adalah kalau RGV mesinnya V twin kayak Ducati Monster, sedangkan RG Gamma parallel twin, macam Ninja 250. Bedanya lagi, frame twin spar yang dipake RGV jauh lebih kekar dan kokoh dibanding RG Gamma yang diwariskan ke adiknya, RGR 150 seperti yang kita kenal. Di samping itu body RGV udah lebih sporty dibanding RG Gamma yang masih cenderung mbulet.
 
(Kiri : RGV250, Kanan : RG250 Gamma)
(Sasis RG 250 Gamma yang lebih mirip sasis RGR 150)
RGV 250 sendiri termasuk motor yang performanya di atas rata-rata dari kebanyakan motor 2 tak 250 pada umumnya. Tenaganya dengan versi limiter terpasang tembus sampai 40 HP (60 HP tanpa limiter, 70 HP yang versi Sport Production/SP), tenaga tersebut diperoleh di rpm 8000-11000. Bobot bersihnya 130 kg (versi biasa) & 140 kg (versi SP), top speed bisa tembus sampai 209 km/h dengan waktu tempuh yang super singkat (0-97km/h ditempuh dalam waktu 3,7 detik).

Ciri khas RGV 250 adalah "lembut" ketika digeber di bawah 7000 rpm, tapi begitu 7000 rpm terlewati, katup AEC (Automatic Exhaust Control), mirip kayak superKIPS, tapi efeknya lebih dahsyat, mirip turbo, akan membuka dan powernya sontak meningkat 2x lipat jadi bengis, ini yang bikin maling keder.


(cara kerja katup AEC, semacam SuperKIPS-nya RGV 250)



(Mesin V Twin nya RGV 250 )

(Crankase mesin RGV 250)
RGV250 sendiri sebetulnya ada 3 versi, dengan kode antara lain :

VJ21 (1988-1990), yang memiliki power 58 HP, konfigurasi V twin 90 derajat
VJ22 (1991-1996), yang memiliki power 62 HP, konfigurasi masih V twin 90 derajat
VJ23 (1997-1998), versi SP (Sport Production) dari semua varian RGV, yang punya power 70 HP, dengan konfigurasi V twin yang lebih sempit, yaitu 70 derajat.
(Brosur Suzuki RGV 250 SP)

(Sasis twin spar RGV 250 yang kekar)

(RGV 250 turun mesin)

Spek lainnya seperti :

Sasis twin spar aluminium alloy balok
Reed valve ganda yang dikontrol melalui SIPC (Suzuki Induction Pulse Control System)
Karburator Mikuni 32 (untuk versi 1988-1989) dan diganti jadi 34 untuk versi 1990
Velgnya depan pakai ring 17 tapi belakang ring 18, mirip kayak Ninja 150 L
Cakram depan 310 mm ganda, belakang 220 mm kalo ga salah
Sok depan teleskopik dengan diameter 41 mm
Suzuki Advanced Power Control (SAPC), pengapian dan pengatur timing buka tutup katup AEC
Kopling kering (dry clutch) dengan gigi 6 percepatan close ratio


(Kotak SAPC)

Motor ini termasuk asyik buat membelah kemacetan ibu kota, dan cocok banget buat babat maling biadab yang nunggang RX-King. dimensinya mirip Ninja 250 cuma agak ramping dan lebih enteng (130 kg). Secara tampilan pun seandainya body kotaknya diganti dengan model R6 atau CBR 600,udah bisa dipastikan Ninja 250 fi kalah jauh deh, hehe.
(Suzuki RGV 250 modif ringan)

Terakhir, Mesin RGV 250 juga dipakai di Aprilia RS 250. Walaupun dikembangkan & dimodif lagi sama Aprilia biar beda karakter.

Gimana dengan Yamaha TZR 250 ?

Yamaha TZR 250
















(Yamaha TZR 250)

Wujud konfigurasi mesinnya parallel twin. TZR 250 adalah lanjutan dari Yamaha RD250/350 LC yang beken di era 1980-an. TZR 250 juga sama halnya dengan RGV 250, yaitu dilengkapi dengan power valve dengan nama YPVS (Yamaha Power Valve System) sebagai pengatur tenaga dari putaran bawah hingga atas. 
(Jeroan mesin parallel twin Yamaha TZR 250)
(Crankase mesin TZR 250)
YPVS bekerja mirip dengan RC Valve nya NSR 250, yaitu menggunakan dinamo servo untuk menggerakkan katup nya. Power yang dihasilkan TZR 250 mencapai 50 HP (non limiter) pada 10000 rpm, 1000 rpm lebih rendah dari RGV 250 yang di 11000 rpm. Dibanding RGV 250, TZR 250 lebih bagus putaran bawahnya, tapi kalah di putaran atas, secara power juga beda 10 HP. Dan dibanding RGV, TZR unggul dari segi handling & manuver karena geometri rangkanya yang cenderung "langsing" di tengah dan pipa-pipa yang terpusat ke tengah bawah yang membuat penyaluran bebannya bisa halus merata jadinya motor gampang banget ditekuk.


(Rangka Yamaha TZR 250 yang jago buat di tikungan)
(TZR 250 dibongkar)

(Sasis kokoh yang langsing)

TZR 250 memiliki bobot bersih 129 kg, tinggi jok ke tanah 760 mm (ga perlu dingkliq nih), wheelbase 1375mm dan kapasitas tangki 16 liter. Motor ini sebetulnya masih eksis sampe sekarang dan dipake balapan di ajang Yamaha Past Masters di Inggris yang diselenggarakan oleh klub Britis Racing Club (BMCRC). TZR diproduksi pada rentang tahun 1986-1999. Untuk racing kitnya masih termasuk gampang dicari di luar negri sono.


(TZR 250)

Spek lainnya seperti :
Karbu pakai Mikuni TM28SS
Suspensi belakang model tabung gas dengan 9 posisi setelan
Susensi depan teleskopik dengan jarak main 140 mm
Cakram depan dobel 320 mm, belakang singel 210 mm

Kesimpulan

Dari spek, termasuk di dalamnya power, torsi, stabilitas, handling, Suzuki RGV 250 unggul di power & torsi, jago di trek lurus, sedangkan Yamaha TZR 250 unggul di handling & stabilitas serta akselerasi putaran bawah, jago di tikungan & trek patah-patah.

Referensi :
http://www.motorcyclespecs.co.za/model/yamaha/yamaha_tzr250%2085.htm
http://raresportbikesforsale.com/lucky-strikes-twice-1991-suzuki-rgv-250-vj22-lucky-strike-replica-in-new-england/
http://2stroker.createforumhosting.com/viewtopic.php?f=11&t=1897&start=75&&view=print
http://www.apriliaforum.com/forums/showthread.php?152347-Adjusting-power-valves
http://www.rgv250.co.uk/index.html/_/articles/sapc-explained-r19
http://www.rgv250.co.uk/forums/index.php?/topic/49679-possible-new-v-four-two-stroke-engine/page-3 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar