Minggu, 25 Januari 2015

Crossplane Crankshaft

Cross = silang
plane = berhadapan
crankshaft = kruk as

Atau disebut juga dengan kruk as mesin multi silinder yang lubang-lubang kruk as nya (big end) punya jarak 90 derajad satu sama lain. Tidak seperti pada motor multi silinder pada umumnya yang jaraknya 180 derajad.

Pada mesin 4 silinder segaris, konstruksi macam ini membuat posisi kepala piston punya ketinggian bervariasi macam anak tangga di rumah susun. Kayak gini neh :






Beda dengan konstruksi 180 derajad atau flat plane. Yang 2 piston di tma sedangkan 2 piston lagi di tmb. Kayak di BMW k12s, kayak gini neh : 

foto : i-bmw

-----------------------------------
Original post by : Zul Fauzi
2012 July 12
06.42 pm (GMT+07.00 Hanoi, Bangkok, Jakarta)
-----------------------------------

TRUS APA TUJUANNYA DIBIKIN MODEL CROSSPLANE ??

Yakni buat mereduksi getaran yang terjadi selama penyaluran tenaga dan torsi dari poros kruk-as ke roda belakang supaya roda tidak kehilangan traksi.

Coba perhatikan gambar 2, pada motor 4 silinder (atau multi silinder) model flatplane, poros kruk as "ditendang" oleh 4 piston secara bergantian dua - dua. Artinya, poros silinder tersebut mendapat tekanan per 2 piston dalam satu siklus ekspansi (siklus setelah busi meletik).akibatnya tekanan yang diderita pun lumayan gede, ini seperti pipi kiri dan kanan ditampar bergantian dengan 2 tangan.





Atau dengan kata lain pada mesin flatplane terjadi 2 kali proses ekspansi dalam satu siklus kerja, tiap ekspansi 2 piston menendang poros kruk as.

Maka terjadilah efek lendutan yang mengakibatkan getaran tinggi sampai roda belakang. Sehingga membuat rider tidak bisa merasakan traksi ban belakang. Akibatnya valentino rossi sering komplain ke jeremy burger,, ekh,, :o burgess kalo Yamaha M1 nya (pas masih di fiat yamaha) sering kehilangan traksi di roda belakang atau depan.

Oleh karena itu dirancanglah kruk as model crossplane buat mengeliminasi kehilangan traksi akibat lendutan batang kruk as dimana pada crossplane piston 1 dan 3 berada di posisi normal (180 derajad) sementara piston 2 dan 4 berjarak 90 derajad dari masing-masing piston 1 dan 3.

Kruk as model crossplane ini sebenarnya teknologi dari mesin V8 seperti gambar di bawah :

foto : real
Fungsinya ya itu tadi biar traksi roda selalu terjaga dan penyaluran torsi dan tenaga bisa smooth. Sehingga meningkatkan konsentrasi si rider.
Ini contoh perbandingan kruk as flatplane vs crossplane pada Chevy Camaro
foto : dragzine
MOTOR APAKAH YANG PAKE KRUK AS MODEL CROSSPLANE ?
Salah satunya yakni Yamaha YZF-R1 versi 2009 ke atas.
TRUS NINJA 250 ATAU INAZUMA 250 BISA NGGAK DIBIKIN CROSSPLANE ??
Jawabannya :  ooo.... bisa bangedd. Ini emang khusus diperuntukkan buat mesin multisilinder kok, Ninja 250 dan Inazuma 250 termasuk motor multi silinder jadi sah-sah aja dimodif ginian. Biar tarikannnya maknyus dan tenaga ngisi terus dari bawah sampe atas.
Neh referensi buat Ninja 250 or Inazuma 250 yang mau diubah jadi crossplane. Bisa meniru model kruk as crossplane nya Yamaha Super Tenere yang 2 silinder itu.

foto : sportrider

--------------------------------------------
Sekian buat postingan hari ini silakan di sobek-sobek, hehe :D
moga berguna !

wassalamu'alaikum


4 komentar:

  1. jadi begitu cara kerjanya
    Balas
    Balasan
    1. yupz, moga bermanfaat gan
  2.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar