Minggu, 25 Januari 2015

Mesin Ninja 4 tak 150 cc

Berdasar dari informasi dari Kang IWB, Ninja 4 tak 150 cc itu lebih Tjepat dan lebih Kentjang dari New V-Ixion maupun Teralis. Honda Teralis disinyalir pakai mesin CBR 150 yang rasio transmisinya lebih diperingan sedang New V-Ixion pakai mesin V-Ixion yang ECU nya dimap ulang agar powerband nya lebih lebar.
-----------------
Original post by : Zul Fauzi
2012 July 29
-----------------
Sedangkan mesin Ninja 4 tak disinyalir lebih hebat dari Teralis maupun New V-Ixion. Lalu pertanyaannya apa bisa mesin 4 tak 150 cc punya power di atas 20 BHP dan torque di atas 18 Nm ?

Supaya bisa memuntahkan power dan torsi seperti di atas, maka mesin Ninja 4 tak tersebut haruslah DOHC 4 katup dan punya konfigurasi bore X stroke bukan 62 X 48,8 mm kayak Satria FU atau 63,5 x 47,2 mm kayak CBR 150, juga bukan 58 X 54 mm kayak KLX 150 S, bukaaaannn seperti itu, masbro, mbaksis. Karena konfigurasi seperti itu dengan material mesin seperti yang kita kenal, nggak akan bisa memuntahkan power jauh-jauh dari 17 BHP. Sehingga  mesin New Ninja 4 tak tersebut akan pakai mesin DOHC 4 valve yang konfigurasi bore X stroke nya sekitar 68 X 41,2 mm.



foto : ebay

Yup, mesin tersebut haruslah super over bore, seperti mesin Special Engine. Mesin semacam ini punya diameter piston yang sangat besar namun panjang langkah yang pendek bangedd :o
Konfigurasi semacam ini punya karakter mirip dengan tarikan mesin 2 tak, yakni spontan dan power meledak-ledak. Karena bandul kruk as cepet sekali muternya :o

Sebetulnya di Indonesia sendiri udah dijual bebas kok motor yang bermesin super over bore. Cuma sayangnya masih dipandang sebelah mata, gag tahu kenapa, mungkin dealernya banyak debunya jadinya kelilipan kali ya yang ngeliat hehe :D

foto : kamloops
Yup, mongtor tersebut adalah : MINERVA MEGELLI 250 GEN-2

foto : clickbd
Mesin Megelli GEN-2 ini punya konfigurasi bore X stroke 77 X 53,6 mm


foto : remcakram
gimana, sangar kan, hehe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar