Ping Blog

Rabu, 11 Juli 2012

Bikin Kencang Thundie 125

Thunder 125,

foto : reidaverdade

Motor apakah ini ?

Yup, ini adalah motor sport turing bermesin SOHC 4 stroke 125 twin valve, irit, tangguh dan terjangkau harganya (kata Pak eRTe). Banyak orang bilang kalo ini motor banci,,,akh mosokk :o

Setiap motor itu dirancang ada peruntukannya, ada yang khusus turing ada yang khusus balap ada yang khusus kulakan beras, dsb.

Sedangkan Thunder ini dirancang untuk T U R I N G.  Banyak orang bilang ini motor lemot, alasannya cc nya nanggung "cuman" SOHC 125 cc tapi body nya bongsor jadinya lelet. Ah tenane... Ngapusi :x

Thunder ini sejatinya motor galak kayak Scorpio Z, cuman dari pabriknya disetting kalem karena sasaran penjualan motor ini adalah buat para PNS (Pegawai Negeri Sipil) walaupun mahasiswa sah-sah aja make ini motor.

Kok bisa galak ?? Itu karena Thunder 125 punya konfigurasi bore X stroke yang ciamik, yakni 57 X 48,8 mm. strokenya pendek, ketahuan punya bakat lari kencang, tinggal dipoles aja, hehe :D





Kok bisa kalem, diapain tuh di pabrik kok bisa lemot kayak gitu ?? Thunder 125 yang aslinya galak jadi lemot itu karena :

1. Karbunya vakum
2. Pengapiannya enggak galak
3. Boks filter banyak sekat
4. Kompresi nya cuman 9,2 : 1
5. portingnya terlalu mbelok
6. Leher knalpotnya lubangnya kecil
7. Manifoldnya "rada" kendor
8. Per kopling kurang keras

Trus gimana caranya mbalikin performa aselinya Thunder 125 biar galak seperti semula ?? :o
-----------------------------------
Original post by : Zul Fauzi
2012 July 11
10.38 pm (GMT+ 07.00 Hanoi, Bangkok, Jakarta)
------------------------------------
Caranya ya apa yang disebutin dari 1-8 tadi dibalik, yakni :

1. Ganti karbunya pake karbu RX King atau PE 28, buat motor 4 tak 125 cc 2 katup kayak Thunder 125 gag butuh karbu gede.


foto : thumpertalk

O iya, jangan lupa dibikinin adaptor buat lubang karbunya paling sekitar 50rebu di tukang bubut, biar pas masuk ke lubang boks filternya


foto : thumpertalk

2. Ganti kotak pengapian nya pake BRT neo-hyperband khusus Thunder 125 (gag bermaksut promosi ya, tapi emang ini TCI yang cocok buat motor ini)

Note :
TCI = Transistor Control Ignition
CDI = Capacitor Discharge Ignition
TCI beda dengan CDI, TCI lebih canggih dari CDI
Karena TCI mengggunakan transistor sedangkan CDI menggunakan kapasitor

foto :brt.ahass

3. Pernah lihat corong hitam di boks filter Thunder 125 ? Itu terdapat 3 baut, lepas aja part itu. Aliran udara jadi lebih deras.











foto : kaskus

4. Gasket antara head dan blok bisa dilepas, lhohh,,,, botjorr dong kompresinya entar. Enggak, selama head  atau blok nggak dipapas alias masih utuh dan bersih, dan jangan diamplas lhoh permukaan head+bloknya, ini yang bikin kompresi botjorrrr.


foto : thumpertalk

5. Lubang porting bagian atas dikikis pakai bor tuner sebanyak 2 mm, kiri kanan 1 mm untuk lubang inlet lalu untuk lubang ex nya 2,5 mm atas dan 1 mm kiri-kanan,
kulit jeruknya dihaluskan, tapi jangan sampai mengkilat kayak kaca ya, cukup mengkilat tapi rada buram, biar bensin nggak mengembun, bisa brebet ntar kalo ada bensin ngembun.

Sebelum

Sesudah

foto : minimadhouse

6. Yang ini cukup ganti knalpotnya pake knalpot ori Suzuki Satria FU 150. Kenapa nggak knalpot racing aja. Karena satu..... yakni torsi dan dan power ngisi terus dari 1000 rpm sampai 10500 rpm. 
Beda dengan knalpot racing yang kalo nggak torsinya doank ya powernya doank yang nendang.
Jangan lupa, knalpot FU nggak klop dengan Thunder, jadi mesti dibawa ke tukang knalpot buat ditekuk.


foto : sugiyantoblog

7. Untuk yang ini, banyak orang nggak tahu kalo -mungkin- beberapa Thunder 125 manifoldnya "sedikit" bocor, itu karena klemnya terlalu kecil. Solusinya cukup diganti dengan klem radiator yang seukuran manifold Thunder 125, ini banyak kok bengkel yang jual. Motor drag pun rata-rata menggunakan klem ini, karena cukup kuat.

foto : ototips.otomotifnet

8. Ganjal per koplingnya pakai ring patah setebal 2 mm. Ini bikin tarikan enteng (kadang ban depan sampai ngangkat kalo terlalu nafsu mbetotnya, hehehe :D )

foto : alandindoblack
---------------------------------------------------------
Nah, kurang lebih kayak gitu cara bikin kentjang Thunder 125...... Sebenernya bukan bikin kenceng sih, tapi lebih ke mengembalikan karakter aseli Thunder 125 yang galak. Kan basic mesin Thunder 125 itu dari Suzuki DR-Z 125 yang galak punya. Kayak gambar di bawah ini neeh:



foto : dayerses dan motor.sportku

Nah, sekarang Thunder 125 anda udah segalak Scorpio Z, udah bisa nguber maling deh...
wassalamu'alaikum


-----------------------------------------------
PENGEN TAHU CARA NGERAKIT CHARGER AKI MOBIL/MOTOR SENDIRI ?
MONGGO MAMPIR KE SINI  http://zulfauzi.blogspot.com/2013/07/panduan-lengkap-bisnis-cara-bikin.html

351 komentar:

  1. sproket standar 130 kpj tapi akselerasi dari 0 - 130 kpj nya cepet banget, kaya RX-Z

    sproket 39 mata bisa 150 kpj tapi tarikan sedikit lamban dari pas pake sproket std

    konsumsi bbm jadi sekitar 37km : 1 liter premium

    BalasHapus
  2. mantab artikelnya

    BalasHapus
  3. thanks, gan

    cuma sekedar sharing kok :D

    BalasHapus
  4. Saya udah pake knalpot racing,dan pake cdi racing ditambah busy jarum,udah lumayan kok,pengen sih ganti karbu pake PE 28 cuma katanya mahal,kira2 PE 28 tu berapa duit yah..?? Trus kalo pake per kopling racing bisa nggak yah..?? Trus kira2 per kopling racing berapaan yah harganya...??

    Bahas trus dong soal thunder 125,biar yg lain tau kalo thunder 125 bukan motor "banci" yg kebanyakan orang bilang...

    BalasHapus
  5. hehe, mantap Kang

    karbu PE 28 yang ori Thai sekitar 600ribu di speedshop
    kalo di klithikan sekitar 450ribu bisa nego

    kalo untuk per kolpling lebih enak per kopling standar diganjel ring, kenapa ? Soalnya bisa disetting respon nya dengan mengganti ring yang lebih tebala atau lebih tipis. Juga gampang klo mau balik ke standar lagi. Tapi pake per racing juga sah-sah aja koq. Jangan lupa pilih yang merk terkenal, kayak merk ....tuuuuuutttt.... (sensor) :D

    BalasHapus
  6. kalo harga per kopling macem2 sih, 50 ribu ada, 150ribu ada, 300ribu ada

    sesuaikan aja dengan budget, jangan lupa, yang merk terkenal yah,
    kayak (terpaksa nyebut merk -__- ") HRP, AHRS, BRT, JMS, HRC, Daytona, dan lain2

    BalasHapus
  7. Numpang tanya kang,
    aku dah ganti yg PE 28 ori thailand.
    Enak ditariknya lebih responsif
    tapi koq suka brebet yah pas sedang bawa pelan..
    Kebetulan hanya Karbu dan Knalpot saja sih kang yg aku ganti..
    yg lain2 masih standar..
    mohon pencerahannya kang ..

    BalasHapus
  8. itu kemungkinan besar pilot jet sama main jet masih kebesaran, coba diturunin lagi Kang :D

    ukuran std SPUYER PE 28 , PJ = 46 dan MJ = 155

    buat Thunder 125 yang cuma ganti karbu PE + snalpot, PJ dibikin 40, lalu MJ 110 aja, itu udah cukup buat nguber V-Ixion, Kang :)

    BalasHapus
  9. klo thunder diubah kaya gt tp motor2 lain jg diubah dgn hal yg sama bgm? apa thunder masih bs nguber jg?

    BalasHapus
  10. hmmm,,, kalo motor lain nya kayak Ninja, CBR250 ato RX King kayaknya susah deh,

    tapi kalo motor lain nya V-Ixion, FU, NMP, Byson, Tiger dan semacamnya mungkin masih bisa

    asal jangan drag aja, musti yang ada tikungannya, hehe

    BalasHapus
  11. klau gasget antar head dan blok gak lepas masih bagus gak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bagus kok, mungkin kompresi aja yang kurang padat, tapi masih bisa diimbangi di porting atau bagian lain

      Hapus
  12. Mr.zero seven saya mau tanya nih
    thunder saya tahun 2004 power pastinya udah drop, untuk mengembalikan nya gimana nih pake karbu, knalpot n setingan mesin dan setingan laen

    please......

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau yang murah (banget) cukup ganti karbu PE28, lepas corong filter, ganjal per kopling & pake CDI Varro (itu kalo di Jogja sekitar 850 ribu-an lebih dikit)

      itu udah cukup kalo cuman buat nguber RX King di jalur padat merayap

      Hapus
    2. untuk knalpot pake standar ato plonk(rencana sih pake selenser fu nih)?


      trims berat mr zero se7en untuk infonya




      Hapus
    3. untuk knalpot pake standar ato plonk(rencana sih pake selenser fu nih)?


      trims berat mr zero se7en untuk infonya




      Hapus
    4. pake aja silencer FU nya
      itu lebih sip dibanding knalpot racing kalo thunder agan masih 125 cc

      itu udah ane sebut di nomor 6 kok, monggo dicroscek :)

      Hapus
    5. untuk cdi pake brt bisa mas? soalnya binun nih milih cdi ( kt temen nyaranin brt krn ada yg khusus thunder)klo varro kt bengkelnya harus ganti coil juga
      busi udaah platinum knalpot silenser fu,
      karbu n cdi standar mulai enak di 4 - 5 ribu rpm keatas untuk rpm dibawahnya yaaa biasa2 ajah
      top speed g pernah(tatut soalnya pengalaman speed 130 nungsep gg sy dpn rontok 2 nabrak pick up yg belok sembronono )

      Hapus
    6. ati-ati di jalan, Kang

      yup, BRT bisa, itu udah ane sebut di posting

      tapi koilnya jangan ganti ya kalo pake BRT, harus koil standard, karena performanya malah lebih sip

      buat ngatasi tarikan bawah, cukup lepas gasket antara blok + head, itu bikin kompresi naik tapi tetep aman mimik premium

      Hapus
  13. punteun kang, mohon pencerahaannya, kalo thunder 2006 diganti pake karbu pe 26 + knalpot racing kenapa gak dpt langsamnya ya? kata org bengkelnya hrs bore up jd 150an cc-nya. dah gitu kyknya banjir mlulu, apakah klepnya yg mslh? sebaiknya hrs bagaimana kang? hatur nuhun banget ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah ngapusi bengkel e kui...

      Thunder 125 temenku pake karbu Nova Dash reamer 26 mm aja bisa langsam normal kok

      susah langsam itu biasanya akibat :
      1. pilot + main jet bukan ori (ini cukup diganti yang ori aja, jangan lupa PJ + MJ nya pake yang angka kecil, misal untuk daerah Jogja 38 + 110)
      2. jarum skepnya masih bawaan PE 26 nya (karbu PE adalah karbu untuk 2 tak, maka jarum skepnya musti diganti jarum skep dari karbu motor 4 tak)
      3. manifold agak kendor (kencengin)
      4. manifold bos filter lupa dikencengin (kencengin)
      5. karet ring tutup karbu dilepas ( pasang lagi)
      6. skep karbu dikepras (jangan dikepras)
      7. stelan tinggi pelampung belum diubah (untuk 4 tak, stelan musti ditinggikan, dikit aja, jangan direndahin)
      8. karet mangkuk karbu pernah dilepas (ganti yang baru, dan jangan dilepas lagi)
      9. tuas cuk belum nutup sempurna (tekan sampe bunyi klik)
      10. jalur oli samping belum ditutup (ditutup pake lem threebond atau plastic steel)

      itu dulu jawaban ane, moga membantu

      Hapus
  14. manifold buat karbu pe 26 apa ya slain pke pnya scorpio??

    BalasHapus
    Balasan
    1. custom aja, kayak gambar di atas

      pake manifold aseli, trus dibikinin adaptor di tukang bubut, mungkin sekitar 50ribu

      Hapus
  15. Dear agan zero seven...

    ane punya thunder 125 tahun 2007 bulan 11... terakir ane coba dipendakian ...gigi 3 tembus ampe 80 kpj..(pamer) :O

    ane mau tanya..motor ane standart... kadang ngaco larinya.. kadang bisa ampe 120 kpj..kadang cuma 100 kpj aja... kenapa ya ?
    trus ..motor ane kalo ane bawa di putaran 3000-4000 rpm misalnya ..stangnya getar gan..jadinya tangan ane kesemutan.. tapi kalo ane paksa lagi tenaganya ..getar nya malah hilang gan... kira2 kenapa ya gan?

    trus ane rencana mau servis...

    sekarang ane make oli pertamina enduro racing 10/40w..
    rencana mau gani ke shell advance ..yang dengarkan tarikannya itu lo..(tau kan :D) ..kira2 bagus gak ya buat thunder... o iya.. kira2 kalo servis itu harus stel klep gak gan...?

    sekian terima kasih..sorry panjang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Motor std larinya gag istiqomah (kadang 100, kadang 120)
      = itu karbunya kotor, stelan klep renggang, filter udara juga kotor, atau putaran roda agak seret akibat bearing kering atau kampas rem terlalu kencang setelannya.

      2. Thunder dibawa 3000-4000 rpm setang getar, tapi dipaksa lebih kencang malah getar hilang.
      = itu mungkin balancer setang agak kendor, coba dikencengin. Atau baut dudukan setang ada yang kendor.

      3. Oli mau diganti dari Enduro jadi Shell Advance, ya boleh-boleh aja, asal oli shell tersebut ada tulisan "motorcycle oil" atau "for motorcycle" atau intinya oli buat motor.

      o ya, pakenya yang semi-shyntetic ya

      Karena beberapa temen ane malah pake shell yang buat mobil. Selip dah kampas koplingnya.

      Hapus
  16. gan ane pake thunder dh pake seher tiger karbu PE28...udah d pake 5 hari tp msih kerasa berat,knp ya gan?..mohon pencerahan.nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thunder bore up piston tiger (63,5mm)
      kalo diitung, maka cc nya jadi : [0,785x6.35^2x4.88] = 154.47 cc

      itu harusnya udah bisa ngimbangin RX-King

      kalo terasa berat, kemungkinan :
      1. Settingan bensin terlalu irit
      2. Lubang oli samping di karbu PE28 nya terbuka atau belum ditutup (PE28 termasuk karbu 2 tak, jika digunakan di 4 tak, maka lubang oli sampingnya wajib ditutup, biar gas bakar ndak bocor)
      3. kompresi bocor (bisa jadi setelah bore up dilakukan pembersihan permukaan blok dengan amplas, jadinya permukaan blok/head ndak rata lagi, bocor deh kompresi)
      4. timing pengapian terlalu maju atau kemunduran (kurang pas)
      5. waktu dikorter, tukang bubut mematik clearance piston dengan liner terlalu sempit, sehingga bikin seret naik-turun piston
      6. Manifold kendor
      7. Leher knalpot agak kendor

      yeah, barangkali itu penyebabnya, Gan :)

      Hapus
  17. Gan ane punya thunder 125 tahun 2009, nah sekarang motor ane dibawa lari top speednya cuman sampai 90kpj, trus ane bawa ke bengkel resmi service suzuki kata mekaniknya piston vacum karbu ane udah kemakan, padahal itu piston udah pernah ane ganti sekitar 1 tahun yang lalu, nah sekarang ane niat ganti pake karbu king.
    nah gan selain karbu apalagi yang perlu di benahi agar thundie ane bisa kencang lagi????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thunder standard lari mentok di 90 km/h

      itu kemungkinan akibat :
      1. stelan pertamax terlalu irit
      2. stelan klep terlalu rapat
      3. klem manifold agak kendor
      4. baut leher knalpot agak kendor
      5. gasket leher knalpot mulai tipis (ganti pake punya yamaha alfa)
      6. lubang-lubang air jet karbu thunder tersumbat debu (lubang air jet ada di corong karbu yang menghadap filter)

      Trus kalo pengen thunder bisa lari marathon, maka yang perlu dibenahi

      UBAH SETTINGAN THUNDER AGAN SEPERTI YANG ANE POSTING DI ARTIKEL INI

      gag harus semuanya diikuti, yang penting karbu dan knalpot harus diganti :)

      itu aja, maaf kalo ada kata yang salah

      Hapus
  18. Silver Thundie owner27 Oktober 2012 13.02

    Mz Bro Zero seven sip bener artikelnya...
    Thunder ane taun 2008 udh ganti CDI BRT yg hperband, Filter juga udah di lepas busa ma corongnya.
    Tarikan emg lebih galak dri thunder temen yg standar, tpi klo klamaan di pake kenceng mesin tau" mati gk bisa idup kaiak abis bensin pdahal bensin masih ada.
    tanya ke bengkel resmi ktanya klo CDI d ganti gk ori ya gtu akibatnya, pncerahan dong Bro....
    trus klo mau ngikut artikel di atas kira" efek samping ada gk ya?
    maklum masih pemula Gan..
    pgen si thundie bisa ngibrit tpi gk pgen skit"an..
    thx Gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ogh, itu cuma main jet kurang gede, setelannya agak kering

      CDI racing itu apinya lebih gede dan lebih "kejam" dari CDI estede, otomatis ledakannya juga lebih dahsyat, maka wajar kalo bensin cepet banget terbakarnya, jadinya mesin minta pasokan lebih

      untuk mengatasinya, main jet digedein

      untuk thunder 125 std yg cuma lepas busa filter + ganti CDI Hyperband, kalo di Jogja yang panas, PJ pakai 15, MJ pakai 115 atau 120 (karbu std)

      ------------

      efek samping dari artikel ane ini adalah :

      1. Bensin lebih boros (1 : 37)
      2. Mesin agak berisik
      3. tangan jadi gatel (pengen betot mulu)

      itu aja

      Hapus
  19. gan kalo urusan ganti karbu buat thunder 125 ini lebih bagus pe 28 atau punyanya RX-King??
    nah ada artikel.yg ane baca klo pake punyanya king tinggal pnp gg perlu ganti manifold, sedangkan pe 28 harus ganti manifold ya ya gan pake punyanya satria fu ato scorpio z???

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bagusan PE28, akselerasi lebih bengis

      manifold cukup custom aja kayak gambar karbu di artikel ini

      paling sekitar 50ribu di tukang bubut :)

      kalo karbu RX-King di T125, itu emang agak longgar, tapi emang bisa diatasi dengan ganti klemnya pake klem radiator, biar ngikatnya lebih kenceng

      Hapus
  20. gan klo pake karbu PE28 thailand bagus ga, ato harus yg Ori? soalnya skrg pke karbu RXKing KW malah susah settingnya.

    trus klo pke knalpot Satria FU, biar maksimal sekalian lehernya ato bisa pke leher knalpot Thunder ya??

    misalnya dari 8 langkah di atas klo tanpa yg nmr 5 kira2 selisih brp persen performanya gan, btw ane msh blm percaya klo Thunder 125 bs ngejar Vixion, soalnya ane punya 2 motor itu gan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kalo bisa yang ori, kalo enggak, cukup PE28 imitasi tapi daleman ori, termasuk skep dan jarumnya

      kalo pake snalpot FU, ya sekalian lehernya, ntar ditekuk di tukang knalpot mobil

      8 langkah yang ane posting ini, insya Allah bisa menambah tenaga dan torsi sekitar 50 % dari std nya

      tenaga thunder itu di roda belakang sekitar 9,1 dk
      kalo mengikuti tips di artikel ane ini, tenaga akan naik jadi sekitar 13,6 dk di roda belakang (ingat ya, on wheel)

      sedangkan point 5, itu menyumbang 12 % dari 50% peningkatan performa total

      sehingga kalo point 5 diabaikan, tenaga thunder ente di roda belakang sekitar 12,5 dk

      Hapus
  21. gan motor ane thunder 2007 udah pake karbu king sama knalpot racing, rencana mw ganti kampas kopling (dpt saran dr tman klo mw tarikan enak ganti kampas kopling).
    tp stelah baca artikel agan jd mw ganti CDI aja karna otomatis performa bertambah.
    apa kira2 tarikan jg enak gan klo yg di ganti CDI aja.???
    ato kampas kopling jg musti di ganti???
    mohon sarannya gan spaya performa sama tarikan bsa enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. karbu udah pake RX K (point 1)
      knalpot udah racing (point 6)

      tinggal jalanin point 2,3,4,5,7 dan 8 aja di artikel ini

      kampas kopling cukup standarnya aja, tapi pegas kopling diganjal ring, supaya tarikan ngangkat

      performa dan tarikan insyaAllah setara dengan RX-King

      Hapus
  22. gan mohon pencerahannya, ane pnya thunder 2007 msih standart, trz karbu pake king knalpot pake tiger revo, masalahnya stiap putaran atas dtarik gk maju2 malah agak mundur2, trz abs buat ngebut karbunya jg ngembun, cra mengatasinya gmn gan? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu setelan pelampung terlalu rendah (settingan terlalu basah), coba ditinggikan lagi setelan pelampungnya.

      Hapus
  23. thanks sebelumnya agan zero eleven aras tips-tipsnya :)
    begini gan ane mau nanya ini,, ane punya thunder 125 keluaran thn 2009 akhir,, pas masih baru ane coba top speed sampai 120k/h, dan putaran rpm bisa narik sampai 12 ribu rpm...
    nah sekarang gan motor ane udah gag bisa nyampe kecepatan 120k/h itu,, malahan max speednya cuman 90-100 k/h.... dan juga pas motor ane geber di putaran 8 ribu larinya si thundie malah tersendad-sendad...
    dan juga tenaganya malah gg ada klo terus digeber,, pas ane bawa ke bengkel kata montirnya karbu ane yg rusak,,, pokoknya bagian dalamannya yg dudukan karet karbu itu yg udah lecet,, sehingga harus diganti kata montirnya... ada kh gan cara lainnya untuk mengobati thundie ane yg lagi sakit????

    matur suwun gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba :
      1. karet vakum karbunya diganti baru
      2. trus karbu dibersihkan total sampai ke lubang-lubang air jet nya
      3. busa filter diganti baru
      4. stelan klep dibalikin ke standarnya
      5. Oli jangan pake oli mobil
      6. pastikan ketinggian oli di jendela intip di atas LOW
      7. ganti karet manifold karbu dengan yang baru
      8. gasket knalpot sudah saatnya ganti, mengingat itu Thunder 2009
      9. Jangan lupa baut leher knalpot dikencengkan.
      10. Jika terdapat oli rembes pada blok/head silinder/bak kopling, ganti gasketnya dengan baru
      11. Jika terdapat oli rembes pada karet noken as, ganti karetnya dengan baru (bentuknya bundar item di sebelah kiri head)

      Hapus
  24. Mantab kali artikel Zero Seven ini, bisa tidak karbu vakum thunder 125 diganti dengan karbu injeksi ? mohon pencerahannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya karbu yang ada pompa akseleratornya (karbu Tiger) atau throttle body injeksi (murni injeksi kaya di CBR250/V-Ixion)?

      Hapus
  25. salam thundie.. langsung aja gan ,, gini,, gw punya thunder 125 tahun 2007, dulu wktu gw geber tarikanya ampe 130km/jam.. tapi sekarang turun ampe 100km/jam,, trus bensinnya bocor dari karbu gan, knpa ya?? gimana caranya supanya performa thunder gw kembali lagi.. tanpa ganti karbu? mohon pencerahanya gan.. :)
    nb:gw udah udah pake knlpot racing,

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dilihat dari gejalanya yang sampe bensin botjor dari karbu,

      bisa jadi Thunder 2007 ente jarum pelampungnya udah aus atau karet mangkok karbunya udah getas, juga karet skep vakumnya

      jadinya bensin ngocor terus. sehingga bikin setingan bensin jadi basah banget (boros banget), jadinya mesin kebanyakan bensin, jadinya akselerasi kurang.

      Perbaiki aja karbunya, ganti jarum pelampung sama karet mangkok karbunya and karet skep vakumnya, trus kalo udah disetting ulang, jangan lupa klem karbu diikat yang kuat dan rapat.

      Jangan lupa lubang-lubang air jet dibersihkan (lubang ini terletak di congor karbu yang menghadap filter)

      Hapus
  26. misi gan mau tnya..lngsung aja..
    aq mau bngun thunderku jd mtor drag tp msh terkendala dana...
    kalau hnya mengganti knalpot jd freeflow, bka boks filter, sma ganti karbu pe 28 apakah performanya udh naik...atau ada cra lain..
    mhon sarannya gan
    nb: modalku bru ada 500rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. modal 500ribu jangan dibeliin karbu dulu.

      Mending buat naik kompresi, main porting sama noken as dulu
      itu yang pengaruhnya gede ke mesin

      karbu PE, knalpot racing, CDI racing, dll itu hanya pendukung, dan baru dipake kalo korekan mesin udah jadi

      Hapus
  27. Thunder 2007 std yang ganti knalpot + open filter aja

    tenaga ga banyak berubah, mirip dengan std nya (cuma naik sekitar 0,3-0,6 dk)

    tapi yang meningkat drastis adalah akselerasinya, jadi lebih buas, sekali betot gas, langsung ngacir

    jangan lupa, abis open filter, main jet dan pilot jet digedein, buat ngimbangin pasokan udara yang meningkat drastis, sesuaikan ukuran dengan temperatur udara tempat tinggal Mas Agus

    kalo di cuaca panas, biasanya pilot jet naik jadi 15, trus main jet naik jadi 115, ini ga mutlak, tergantung cuaca

    kalo pengen ubahan yang ga mengubah daleman mesin bisa ikuti point 2,3,6 & 8 di artikel ini...

    BalasHapus
  28. Satria black thunder14 November 2012 10.48

    Mr.zero thunder ku baru ganti pisto oversize 50.trus klo untuk mengimbangi nya pake karbu apa.apa mesti karbu rx king,knalpot ku pake yg racing mesti d ganti jg yg std FU buat mendongkrak performa terpendam d thunder ku. Tlng kasih saran nya yg lengkap. Trmksh mhn d bahas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karbu bisa tetep pake yang std, tapi pilot dan main jet digedein, menyesuaikan temperatur tempat tinggal masbro

      atau kalo mau ganti karbu mending pake PE28 ori, lebih bengis akselerasinya, atau bisa juga PE28 imitasi tapi daleman ori, termasuk PJ, MJ, nozzle, hingga skep dan jarumnya.

      Untuk knalpotnya, ane punya saran, yaitu :
      1. Lehernya dibikin di tukang knalpot
      2. Tapi silincernya pake punya FU150

      tips ini khusus untuk Thunder 125 std atau yang dibore up kurang dari 150 cc

      Hapus
  29. Mr. Zero Plis help me.
    thunder ane brebet kalo di gas pul. misal gigi 3 di kecepatan 80km tarikannya jadi dut"n.
    ane udah ganti busi platinum, jadi rada mendingan ga parah brebetnya.
    trus rencana mau ganti TCI BRT.
    kira2 brebetnya bisa ilang ga gan?
    dan ada efeknya ga kalo ganti TCI?
    ane baru ganti busi platinum, coil bawaan baru & knalpot bobokan. yg lain masih standart

    mohon infonya gan
    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Thunder 125 kecepatan 80 km/h ndut-ndutan, setelah diganti busi platinum agak mendingan"

      analisa sementara ane, Thunder Masbro agak keborosan setelan karbunya.

      Pada saat busi std, kecepatan 80 km/h ndut-ndutan, itu tanda pembakaran ga sempurna, tapi begitu diganti busi platinum yang percikannya lebih gede, ndut-ndutan agak hilang, itu tanda pembakaran menjadi lebih baik.

      Kalau karbu masih std, mending angka PJ+MJ dibalikin ke ukuran 15 & 115 atau 12,5 & 120 atau 17,5 & 110 terus tinggi pelampung dibalikin standard

      Kalau karbu Masbro udah diganti pake karbu PE atau King, bisa jadi tinggi pelampung terlalu rendah sehingga bikin boros, atau lubang oli samping di karbu tsb belum ditutup plastic steel sehingga ndut-ndutan. Dan ciri khas karbu 2 tak itu spuyernya gede-gede, itu mending dikecilin aja menyesuaikan temperatur tempat tinggal Masbro.

      seandainya mau ganti TCI BRT, mungkin brebetnya bisa ilang kalau emang terbukti settingannya keborosan, mengingat TCI tersebut apinya gede.

      Efeknya, nafas mesin lebih panjang, rpm teriak lebih tinggi dari std, tarikan lebih padat, bensin jadi agak irit

      Hapus
    2. Satu lagi, kalau Masbro mau pake TCI BRT, koil harus std, jangan diganti, karena TCI BRT justru optimal kalau koilnya masih std

      pake koil racing malah kurang maksimal kinerjanya

      Hapus
  30. thanks bgt Mr. Zero atas bantuannya..
    oia kalo ane pake TCI tpi msih karbu standart ada efek negatifnya ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada, settingan berubah jadi kering dengan sendirinya, soale TCI racing itu apinya lebih ganas dari TCI std, jadi bensin mudah kebakar, jadinya minta pasokan lebih,

      biar ga terlalu kering, caranya spuyer digedein biar imbang pasokannya

      Hapus
  31. thunder saya thun 2008..karbunya sering bermalah...terkadang banjir bensinnya ..lalu tiba tiba digas mbelebek..kayak kbnykan bensin,,,udh berkali dibawa kebngkel cuma senbtr sembuhnya lalu kambuh lgi..mohon pencerhannya...mr .zero

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thunder 2008 karbu sering mblebek, itu ada 2 kemungkinan :

      1. akibat jarum pelampung udah aus, sehingga nggak sanggup lagi menutup lubang aliran bensin di dekat nozzle

      solusinya ya ganti jarum pelampungnya

      2. Bisa jadi masbro mengubah ketinggian pelampungnya jadi lebih rendah biar nafas panjang,

      tapi malah terlalu rendah sampai bikin jarum pelampung nggak menutup sempurna, banjir deh,

      solusinya balikin aja ketinggian pelampung seperti std nya, kalo mau nafas lebih panjang, cukup main jet aja yang digedein, itu udah cukup buat motor harian
      -----------------------
      ini juga berlaku buat Thunder 2008 yang udah pake karbu King/PE28

      moga membantu...

      Hapus
  32. mr zero. ukuran pj dan mj buat thunder 125 standart tahun 2008 pake karbunya rxk berapa ya...
    terus oli mesin aku kok berkurang terus, padahal di knalpot tidak ada asap dan tidak ada kebocoran, oli pakai standart SGO. thanks mr zero !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu RX K ukuran PJ & MJ 22,5 & 145, itu terlalu boros, bikin karbu brebet

      Thunder 2008 yang diganti karbu RXK, ukuran PJ % MJ diganti cukup jadi 17,5 & 120 atau 15 & 120 atau 17,5 & 115 atau 15 & 125, di kisaran angka-angka itu

      dengan catatan noken as belum dikorek dan mesin masih 125cc

      Oli mesin terus berkurang bisa diakibatkan :
      1. baut tap oli kurang kencang nutupnya sehingga agak meler
      2. gasket bak kopling rusak sehingga oli sedikit rembes dari bak kopling
      3. box filter dilepas, sehingga selang pernafasan mesin langsung menghadap udara, sehingga butiran2 oli terbuang ke udara
      4. thunder pernah dioversize, tapi celah linernya kurang rapat, sehingga oli ikut terbakar di ruang bakar, walaupun kadang ga mesti ada asapnya juga
      5. sil klep udah aus, sehingga oli masuk ruang bakar dan terbakar, walaupun kadang ga mesti ada asapnya juga

      monggo dicek point 1-5

      itu jawaban ane sementara, Kang...

      Hapus
  33. thundie saya gnti krbu king mj &pj hrus d gnti pxan mtor ap.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya, kalo bisa pake PJ & MJ original Yamaha
      karena setelannya lebih sempurna, juga lebih gampang nyettingnya

      kalo terpaksa pake PJ & MJ non ori, pake aja PJ & MJ merk "extreme" , "TDR", "Daytona", "RMG" atau "kitaco"

      Hapus
  34. selamat malam mas zero seven
    gini mas motor thunderku aq lepasin saringan udarany trmasuk box nya..spy keliatan kosong ditengahny kayak motor2 drag:D
    tp jdnya malah di gas besar dikit mesinnya mati....susah hidup...de el el..jd aq diemin aja smpe skrg....
    gmana mas solusiny....aq msh pake karbu standar thunder n gak berniat mnggantinya...
    mhon saran dan tipsnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. akibat lepas box filter, udara jadi deras masuknya, jadinya setelan mesin miskin bensin

      saran ane, mending dikasih filter racing model kerucut merk K&N atau TDR biar aliran udaranya lebih bertekanan biar ga brebet, terus main jet dan pilot jet wajib digedein, bisa pake kombinasi 15&120, 17.5&120, 17.5&115 atau 15&125 bisa disesuaikan dengan temperatur tempat mas Iwan tinggal

      semoga bermanfaat...
      hati-hati di jalan...

      Hapus
  35. thunderku kondisi standart, nek kehujanan apalagi banjir kok mati, mau ngidupin lagi harus nunggu kadang lama kadang sebentar, apane yo Lek?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karbu mu klebonan banyu, Kang
      ketoke klem karbu, manifold karo klem box filter podo kendo

      nek ora sekrup-sekrup karbu kurang kenceng

      tur iso wae selang pernafasan karbu (warnane pink transparan) dicopot, dadine banyu gampang mlebu karbu, Kang

      Hapus
  36. maaf out of topik bos. dulu ane pake thunder skg FU pake karbu king,tertarik ama yg ente bilang, karbu 2 tak harus pake jarum 4 atk kalo mau pake di 4 tak. nah utk karbu king diganti pake jarum skep punya apa dong bang? soalnya karbu king di fu ane putaran tengah smp atas enak. putaran bawah agak mbrebet dikit,apalagi pas panas. apa dr jarumnya? lalu diganti pake punya apa..? trims ya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke tak maafin... :P

      jarum skep karbu RX-K kalo mau diganti punya jarum 4 tak, itu nggantinya harus pake yang panjangnya sama dengan panjang jarum skep karbu RX-K, jangan sampe beda.

      Tapi kalo settingan FU masbro udah enak yo nggak usah diganti.

      Kalo cuma ngatasi brebet di putaran bawah, cukup :
      1. Tambah suplai udara (ganti filter model sarang tawon)
      2. Atau kecilin ukuran Pilot Jet nya

      itu udah cukup

      Hapus
    2. curiga ane sih emang dr pilot jet sih bos,,ok nti coba ane turunin jadi 20 dr 22,5. kalo main jetnya ane pake ori punya thunder #105. enak. ane asal2an aja pertrama coba punya FU main jetnya. lha kok pas. tp busi item. akhirnya ane pake punya thunder. mungkin bagi ilmu buat tmen2 yg mau ganti pake karbu rx king,trutama yg udah bore up, tinggal gantiin aja tuh main jet asli karbu thunder ke rx king ente. hehe lumayan kan Ori SGP wkwk

      Hapus
    3. informasi yang bermanfaat sekali..
      terima kasih banyak, masbro :D

      Hapus
  37. Mister..tanya lagi yaah
    hhehe

    ane mau ganti karbu rxk.
    tpi mesin masih standart.
    kira2 PJ & MJ perlu di ganti ga ??
    trus kalo ane mau ganti TCI racing apa perlu jg PJ & MJ karbu rxk d ganti ??
    kalo PJ & MJ ga di sesuaikan, apa efeknya pda thundie?

    mohon maaf mister ane bnyak tanya..
    sekiranya tidak merepotkan mohon di bantu.
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ndahului, cm bagi pngalaman aja dulu thunder ane juga pake king. dulu punya ane piston standar, cdi pake BRT hyperband, karbu king filter teteap terpasang, pilot jet pakai 22,5, mainjet pake merk extreme ukuran 110. busi merah kehitaman, (soalnya kalo main jet diturunin busi merah bata tapi mesin overheat)

      Hapus
    2. Lha itu udah dijawab, hehe :D
      makasih ya Kang sabastian...

      ane nambahin aja deh
      Thunder std yang diganti karbu RX K, PJ & MJ wajib dikecilin, jadi 17,5 & 115 atau 15 & 120 atau 17,5 & 120, terus corong filter udara wajib dilepas, soale karbu RX-K itu lumayan deres flow gas bakarnya

      trus kalo udah ganti TCI racing, kalo karbu udah RX-K, PJ & MJ ga usah ganti ndak popo, Kang

      Hapus
  38. mister nanya doonk..ane pake karbu king ko bensin'y kluar trus ya dari mangkuk karbu..bisa ga kluar tpi hrus d tutup kran bensin yg di tangki.
    knpa bgitu ya bro..apa ada kesalahn sma karbu ane?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. karbu RX-K ente jarum pelampungnya udah aus
      ganti aja jarumnya dengan yang baru, dan harus ori kalo jarum pelampung, ga boleh seken apalagi imitasi, Kang

      Hapus
  39. bang, tnya lagi.. masalah karbu king di FU ane. yg kmaeren putaran bawah-tgahnya mbrebet. ane dah turunin PJ jd 20. malah nembak2 knalpot (brrti kekecilan kan). dan gjala mbrebetnya gak selesai. apanya ya? jarum skep klu diturunin ke klip ketiga malah mbrebet, ditaruh di no 1 juga gak enak. trus apanya ya kang? hm.. bantu kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba pilot jet dibalikin ke yang semula (22,5)
      tapi klip jarum diturunin dipindah ke klip 2

      biar imbang antara udara sama uap bensin nya

      Hapus
    2. lapor bang. ternyata pelampung ane tinggiin 2 mm dari 21 ke 23 mm. ternyata mbrebet ditengah ialg, turun di 2-3ribu rpm.(tp dikit bgt) apa perlu dinaikin lagi pelampungnya? lu terlalu tinggi apa nggak kekurangan bensin nnt? skg posisi pilot udah 22,5 klip jarum di no 2. klu atas nggak ada masalah, tp masak harus jaga rpm diatas 3rb terus..

      Hapus
    3. sebelum saya jawab pertanyaan masbro, saya ada pertanyaaan dulu neeh:

      1. apakah lubang oli samping di karbu RX-King udah ditutup pake plastik steel ? Kalo belum sebaiknya ditutup dulu, itu juga termasuk salah satu hal yang bikin putaran bawah brebet.

      2. apakah jarum skep nya ikut dikepras ?

      3. apakah skep karbunya juga ikut dikepras ?

      4. apakah karet O-ring di tutup karbu dilepas ?

      5. apakah klem-klem manifold sudah dikencangkan ?

      6. apakah karet intake manifold mengalami retak-retak ?

      kalau iya sebaiknya semua itu dikembalikan seperti sedia kala, soale karbu RX-King kalo dipasang di Satria FU ga perlu main kepras skep atau jarumnya, itu bikin suplai bbm terlalu deras, jadinya mesin malah brebet

      tapi kalo hal di atas enggak ada......

      kalo putaran bawah masih brebet juga, coba pilotnya pake yang ukuran 20, itu ada kemungkinan putaran bawah masih agak keborosan, atau ganti ke 17,5

      untuk pelampungnya, biarkan di 22 atau 23 mm

      Hapus
    4. siap dan.. saya laksanakan dulu PJ di 20. tunggu reviewnya ya kawan2 huehe

      Hapus
    5. sepertinya kengiritan bos. mbledak2 knalpot meskipun PAIR ditutup. akhirnya balik ke 22,5. bos, karbu imitasi berpengaruh sekali ta? aku cm pake yg merk SKR sih (95 rebu) jadi maluu T.T skalian tnya dah. klu emang ane ganti ori yamaha, apa pasti enak settingannya bos? soalnya pengen PE tp klu orinya tau sndiri kan mahal. apa pake king untuk FU ane yg perawan standart ting2 bisa nambah hp dan topspeed? klu iya, ane beliin yg ori aja dah karbunya. mohon bantu berunding suhu ..

      Hapus
    6. sante wae dab, karbu ku yo karbu RX-King imitasi kok, merk LIPPO, cuma 65ribu (nego sama bakule sampe keringat bercucuran), hehe...

      tapi dalemannya tak ganti ori semua mulai dari nozzle, spuyer, pelampung sampe ke skep dan jarumnya, total plus karbunya habus 170ribu-an

      yang imitasi cuma tinggal casingnya doang

      hasilnya thunder 125 ku bisa ngejar tiger & scorpio std

      padahal cuma ganti CDI shindengen, porting, sama ganti knalpot + karbu RX-K tadi

      angka spuyernya main di PJ 20 & MJ 120
      tinggi pelampung std
      konsumsi bbm 1 : 32

      Hapus
  40. misi masbrow mau tanya
    thunder ane taun 2008. filter & box tak lepas, setelan angin 3 putaran penuh & jarum skep tak naikin 1 step. tarikan jadi lebih enteng, tapi skrg masalah yg timbul mesin mbrebet2 ato nyendal2 klo pas tarikan 80km/jam.
    Apa yg harus di benahi?
    ane pengennya tarikan enteng tanpa mbrebet2 lagi, klo soal top speed gk usah kenceng2 (120km/jam cukup lah)soalnya sekarang buat sampai 100km/jam aja susah.
    mohon pencerahannya
    ohya satu lagi yg gk kalah penting, dana ane minim boz he . . he . . he. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, masuk angin tuh Thunder nya
      itu putaran atas (80 km/h) kebanyakan udara
      tapi putaran bawah (60km/h < ) udara pas

      saran ane, kalo filter dan boxnya dilepas, main jet std diganti yang lebih gede (110, 115 atau 120), biar putaran atas nggak kekurangan bensin, mengingat aliran udaranya udah lebih deres

      Hapus
    2. sekarang karbu sudah aq ganti punya king.MJ pkai punya F1ZR (gk tau ukuran berapa) PJ ukuran 17,5.
      Sekarang permasalahannya jadi gk bisa stasioner & klo di starter harus di cuk, klo di seting bisa stasioner mlh mesin jadi nggereng (RPM tinggi)
      yg perlu diganti apa lagi? ato perlu di seting aja?
      putaran atas sudah enak tapi top speed cm 105km/jam & bensin jadi boros sekitar 1Lt:30Km

      Hapus
    3. tambahan lagi,
      jarum skep udah aq naikin 1 strip, pelampung aq tinggikan jadi sekitar 24mm, open filter, ring busi aq copot.
      seandainya silencer diganti dengan kepunyaan mega pro apakah bagus? soalnya punya silencer mega pro gk kepakai di rumah.
      setingan karbu yg sekarang bikin tangan ane pegel, soalnya klo di lampu merah harus main gas terus (gas di lepas mesin mati). baut setelan RPM di putar ke kanan sedikit mlh rpm jadi tinggi banget (4000-6000) tp klo di putar ke kiri sedikit jadi gk bisa stasioner.
      mohon bantuannya

      Hapus
    4. setelan spuyer udah pas

      tapi sebaiknya tinggi pelampung dibikin 22 atau 23 mm aja
      24 mm itu sepertinya terlalu irit, jadinya susah stasioner

      trus, klip jarum skep jangan dinaikin, malah kalo perlu diturunin,

      kemudian mengingat ini karbu 2-tak, jangan lupa lubang oli samping si samping karbunya harus ditutup pake plastic steel, biar udara ga bocor

      perlu diketahui, jarum skep RX-King itu kurus banget (artinya jenis aliran deras), kalo dinaikan (diborosin) maka laju uap bensin ke dalam mesin akan deres banget, jadinya susah stasioner, rpm direndahin dikit mati, ditinggiin dikit stasioner jadi 4000 rpm

      itu akibat uap yang masuk ke mesin tidak terkontrol dan terlalu banyak

      untuk motor 4-tak, mengapa jarum skepnya gendut-gendut(jenis aliran laminer) itu karena 4-tak sudah memakai klep untuk mengontrol debit bbm ke dalam mesin, sehinggi fungsi spuyer hanya sebagai pemasok saja, itulah kenapa spuyer 4-tak kecil-kecil, sedang di 2-tak spuyer selain sebagai pemasok juga sebagai pengontrol debit bbm ke mesin, karena mesin 2 tak itu ga pake klep

      semoga membantu :)

      Hapus
  41. gan mau nanya,,
    ane udah ganti karbu thundie ane pake punya king yg ori
    tapi putaran atasnya kok ngempos ya gan, trus kalo ane paksa kemudian gas ane tutup eh malah mati mesin thundie ane, Bagaimana gan solusinya gan? mohon bantuannya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mister..nebeng pertanyaan..
      kalo ane pake karbu rxk di putaran atas malah brebet.
      misalnya gigi 2 di kecepatan 60

      Hapus
    2. Mas Anonim : itu ada 2 kemungkinan, yaitu :
      1. PJ & MJ masih bawaan, jadinya keborosan, ciri2 nya kalo digas mendadak mesin mati, ganti PJ&MJ nya pake ukuran yang lebih kecil, seperti 17,5 & 115 atau di kisaran itu (punya King aslinya 22,5 & 145)

      2. setelan pelampung masih bawaan karbunya, cara ngatasinya cukup dibikin tinggi 0,5 mm, biar ga keborosan

      3. lubang oli samping belum ditutup plastic steel (ciri2 karbu 2 tak, ada lubang oli sampingnya), jadinya mesin digas mendadak malah mati, lubang ini kalo dibiarkan terbuka, bakal bikin air dan debu masuk ke dalam mesin, jadi bikin brebet

      Hapus
    3. Mas Pendirinyemot : kasusnya mirip dengan kasus Mas Anonim, tapi ada kemungkinan setelan pelampungnya terlalu irit, jadinya di putaran tinggi uap bensin dari main jet berhenti suplainya

      Hapus
  42. Bro mav maw tanya saya punya Thunder 125 2008 , di start hidup pas tarik gas mati (mbrebet gitu) ; padahal kemaren (11/23/2012 ) di servis di tempat resmi udh jadi ; hbs di parkir masalh itu timbul lagi kira2 apa ya rusaknya ; karna petama curiga membrannya sobek ; tp katanya mekanik ga ; apanya ya yg salah :mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah masbro parkirnya sering di tempat yang panas (dijemur di bawah sinar matahari) ?

      Kalau iya bisa jadi udara di tangki bensin memuai dan menghasilkan tekanan negatif (nyedot) sehingga bikin bensin ga mau turun ke karbu

      cara mengatasinya sebelum dinaiki, buka tutup tangki selama 1 menit, lalu tutup lagi, insya Allah tekanan udaranya keluar

      kemungkinan kedua : jarum pelampung udah aus
      jadi ketika diparkir miring, bensin di pelampung ngocor masuk ke dalam mesin, sehingga mesin "keblebekan", cara mengatasinya, ganti jarum pelampungnya dengan yang baru

      Hapus
  43. terim kasih banyak Bro ZeroSeven ;kayakna kemungkinan kedua : memang motor sering parkir miring ,soalnya masalah yg kemaren itu thunder memang cuma parkirnya di garasi (tapi dua 2saran bro tap saya jalanin), gnti jarum peampung kira2 harganya berapa Bro.,rekom bengkel donk daerah koja Terima Kasih Banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. khusus untuk jarum pelampung, kalo ganti wajib orisinal SGP, ga boleh versi lain

      kalo harganya ane lupa, halo-halo aja ke bengkel

      belinya ya di bengkel resmi suzuki, Kang :)

      Hapus
  44. mister nanya lagi yaa...
    sbelum ane pake krbu standar...tarikan brebet di rpm atas.. misal di gigi 2 kecepatan 60km
    trus ane ganti karbu rx king...tpi masih tetep brebet jg.
    itu kira2 knpa ya bro?
    apa CDInya kena limit,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu bukan CDI, Kang

      itu setelan karbunya

      ada beberapa kemungkinan, seperti ;

      1. lubang oli samping karbu RX-K nya belum ditutup plastic steel

      2. setelan pelampung terlalu irit (mengingat brebetnya di putaran atas)

      3. main jet kekecilan

      4. manifold kurang kenceng

      5. karbu open filter, sebaiknya kalo box filter dilepas, diganti dengan filter model kerucut merk K&N, TDR, Daytona atau semacamnya agar aliran udara di karbu ga kaya angin puting beliung

      6. bisa juga klip jarum skep disetting di klip paling atas, jadinya terlalu irit

      Hapus
    2. tapi pas pake karbu standar jg masalahnya sama..

      filter model kerucut yg kya gmna? ane mau beli.

      thanks mister sebelumnya

      Hapus
    3. hmmm, kalo dilihat dari gejalanya sih, kayaknya Kangmas ini sudah melepas busa atau box filter nya

      maka wajar kalo putaran atas brebet, karena dengan begitu aliran udara putaran atas akan menjadi sangat deras sehingga mesin akan kekurangan pasokan bbm

      cara mengatasinya cukup main jet diperbesar sampai ga brebet lagi

      sekedar patokan, Thunder karbu std yang open filter, biasanya pake main jet ukuran 115 atau 120

      untuk filter model kerucut itu kurang lebih begini bentuknya :
      http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT6783PKN6pL-rtEh4zJ0KSh6IwOUGM2QOXP4k7X-nDRzyql2JDVABSE3OA

      sangat disarankan buat pemilik Thunder 125 yang open filter untuk memasang filter model kaya gini, karena malah bikin tarikan lebih sip dibanding open filter

      Hapus
    4. lobang oli samping yg dimana ya bro?
      busa filter udah ane pasang tapi ttep masih brebet.

      Hapus
    5. lubang oli samping kalo di karbu RX-King itu berupa lubang berdiameter 3 mm di sebelah kanan karbu, itu lubang yang berfungsi sebagai saluran oli samping ke mesin ketika karbunya masih nemplok di RX-King nya

      pas karbu RX-K dipake di motor 4 tak (4 tak jelas ga butuh oli samping) lubang ini musti ditutup, soale kalo ga ditutup bakal bikin udara luar masuk ke dalam mesin, brebet deh jaidnya

      Hapus
  45. sam, nggawe filter aftermarket TDR iku aman nggak sih? maksudku podo karo filter orine nggak "keamanan" nya? aku pengen lepas box filter soalnya ben bersih pedaku. hehe.. klu emang aman jangka panjang juga yo tak ganti iku ae. piye sam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. inysa Allah aman
      selama cover body ora dicopot

      Hapus
  46. mas bro mao nanya nh mtor ane thunder thn 2009, max 100 km/jam ga bsa naek lgi!!rencana mao ganti kanpas ma per nya pnya CLD!tu pengaruh ga bsa naikin lg kcpatan nya kaya bru beli nyampe 120 km/jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti per sama kampas ga akan menambah top speed, itu cuma nambah tarikan aja

      kalo pengen thunder 2009 std bisa 120 di speedo

      papas blok bawah sebanyak 0,5 mm
      ganjal pegas kopling pakai ring 2 mm
      kampas kopling ganti baru
      gedein main jet
      lepas busa filter sama corongnya (box nya ga usah dilepas)

      trus ganti gir belakang yang 45 itu jadi 43 atau sekalian pake punya gir belakang RX-King yang 39

      itu habis sekitar 200ribu-an kalo di tempat ane

      Hapus
  47. makasi bgt buat artikelnya masbro,bermanfaat bgt..
    numpang tanya ni,apa stelah di pasang CDI/TCI (produk BRT)nafas si thundie ini bisa plong?soalnya jarak tranmisi 1-2-3 itu rapat bgt,dipaksain sih bisa,tapi kayaknya nyiksa ni mtor mas..trus bedanya dari CDI sama TCI ini apa buat si thundi? makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasang TCI berfungsi untuk menyempurnakan pembakaran, sehingga ledakan di ruang bakar yang dihasilkan lebih dahsyat yang berujung pada meningkatnya kekuatan putar roda belakang

      bedanya TCI sama CDI
      adalah TCI menggunakan transistor sebagai pengirim arus listrik menuju koil, sehingga lebih efisien dan hemat setrum, juga lebih kuat kemasannya serta kalo dipegang dalemannya ga nyetrum

      CDI itu selangkah ketinggalan kalo dibanding TCI, konstruksi rangkaian elektroniknya masih sangat sederhana, menggunakan kapasitor sebagai penampung arus, sehingga rawan bocor dan kalo dipegang nyetrum, kurang efisien karena banyak rugi-rugi daya yang terbuang

      yup, itu penjelasan sementtara ane, semoga membantu, masbro :)

      Hapus
  48. Slamat malam mr.zero seven.thunder ane skrng udh mantap enak bgt. vixion std aja gampang ngelibas nya. Tp gentakan kopling nya msh lemot ane mau ganti per kopling. Pke per kopling apa ya yg cocok biar ganas gentakan kopling nya. Trmksh sebelum nya mohon d bls:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti aja pake punya smash 2004 (yang body nya masih ramping), itu lumayan keras per nya

      Hapus
  49. mr 07 thundie ayas ( taon 2004) sudah ganti karbu pe 28 silenser fu ditarik enak tap pas masuk 4000 pm tenaga turun seperti mundur gitu mj n pj stndar cdi standar
    saya minta tolong solusinya ( pusiang neh)

    trims banyak atas pehatiannya
    sayaa doakn moga tambah rejekinya dunia akhirat

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pilot jet masih kegedean, Kang

      coba diturunin 1 step atau 2 step lagi

      diganti 42, 40 atau 38

      Hapus
    2. main jet rencana besok mau beli yang 112 ato 110 bisa apa g ya?
      trims atas infonya mr

      Hapus
  50. Sugeng ndalu mas....

    Untung nemuin blog ke sampeyan...

    Mas mau tanya tanya nih...
    1. mas motorku dah pke piston tiger ganjal paking almu skitar 2mm ma sedikit coak head biar kompresi g gde amat...valve madig std..karbu pke rxking abal" jarum skep pnya gl pro.nah pertanyaannya..
    Pas akselerasi ada bunyi aneh kayak klep klitik klitik gitu tapi jarang....jadi ilang nafsu betot gasnya....itu apanya ya mas....

    2. mas aku pake knalpot nobi, menurut njenengan pripun?? per kopling pengen tak ganjal ring patah...enae dipasang di sisi dalam/ luare ya??

    masih banyak sih mas pertanyaane...soale aku senng uthek motor cma pengetahuane cekan modal googling aja....

    Ini emailku mas....klo blh email emailan kayae lbh enak....

    Salam Kenal
    Haries Setyawan cah jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. itu pengapian terlalu maju, jadinya sedikit detonasi pas tarikan awal
      ganti aja kotak pengapiannya pake BRT Hyperband atau Dual Band

      2. Knalpotnya oke, no problem, itu setahu saya knalpot untuk dongkrak putaran atas, yo ndak papa dipake selama ndak ada masalah

      untuk pengganjalan pegas kopling, itu ringnya ntar ditaruh di sisi dalam

      salam kenal juga, senang punya banyak teman :)

      Hapus
  51. Bro tau g beli CDI varro buat thunder di surabaya? trus kira" hargany brapa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal
      Evan Sbya

      Hapus
    2. TCI Varro untuk Thunder 125 harganya sekitar 150 ribu

      kalo tempatnya saya kurang tahu, coz saya domisili Jateng

      Hapus
    3. salam kenal juga,
      Zero Jogja

      Hapus
    4. CDI Varro + Koil Protec mantam tu mas, tp bagus BRTnya menurut saya

      Soalnya dah nyoba.. he he he

      Salam Kenal
      Haries Setyawan

      Hapus
    5. Haries Setyawan : ane da koil protec cm g kepake, soalny ane pake CDI BRT yg hyperbrand... tarikannya berat.. ane jg pake karbu PE 28 pj 38 n mj 105...
      apa da yg salah y??? mesin masih standar..
      mohon bantuanny jg bung Zero seven, tks

      Hapus
    6. spuyernya masih kekecilan, coba pake kombinasi pj40, mj110

      Hapus
    7. setau ku pe28 tu buatmesin thunder yang dah bore up 150 cc, stdar enakan pake karbu king aja, ganti jaruhm skep pake pnya glpro tinggal mainin klip nya aja g perlu ganti pilot sama main jetnya.

      aku pake karbu king abal" 90 ribuan aja tokcer...
      boleh dicontoh
      jarum skep gl klip di tengah
      pelampung naik 1mm
      stelan angin 3putaran

      kondisi busi merah bata sedikit karbon pada cincin luar busi.

      Nah klo tarikan berat cek lagi rantai, ma tekanan angin ban.
      ni
      peringan bobot motor/ ganti rasio gir atau ikut cara mas Zero dengan cara mengganjal per kopling


      n/b : g perlu ngebut ati" di jalan....

      hris.seirah.yk@gmail.com

      Hapus
    8. setuju, thunderku juga pake karbu RX-King imitasi merk LIPPO harga 65ribu, tapi jeroan ori semua

      pj 17,5 mj 120

      jarum skep di klip 2 dari atas
      tetep pake box filter tapi busa filter dilepas

      no brebet

      Hapus
    9. Thanks bro Haries n Zero7, ane coba ilmunyaa...
      Semoga g berat lagi lariny thundie ane...

      Hapus
    10. Tanya satu lg bro, klo pake karbu king kabel gasny pake pake pnya ap yg pas?

      Hapus
    11. pake punya smash aja modif ujungnya aja pake benang jait dililitin trus di lem alteco, pengen murah lagi pake sulur rem sepeda federal cuma Rp 2500
      he he he sama kuatnya

      Hapus
    12. kalo saya malah motong kabel ori nya :p

      Hapus
    13. Trus manifoldnya pake pnya ny sapa bro klo pake karbu RX king?

      Hapus
    14. pake manifold estede masih sanggup kok
      tapi klemnya musti diganti klem radiator, biar ngikatnya kuat

      Hapus
  52. Makasih mas ilmunya...pdhl aku dah pke tci brt, apa minta minum pertamak kali ya..he he he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami2, Kang

      ya mungkin emang kompresi masih agak ketinggian
      tapi kalo masih di sekitar 10,2 - 10,8 seharusnya masih bisa kok mimik premium, lha wong motorku aja bisa kok

      Hapus
  53. PERTANYAAN SEBELUMNYA

    mister nanya lagi yaa...
    sbelum ane pake krbu standar...tarikan brebet di rpm atas.. misal di gigi 2 kecepatan 60km
    trus ane ganti karbu rx king...tpi masih tetep brebet jg.
    itu kira2 knpa ya bro?
    apa CDInya kena limit,?
    Balas

    Balasan

    Zero Seven25 November 2012 23:30

    itu bukan CDI, Kang

    itu setelan karbunya

    ada beberapa kemungkinan, seperti ;

    1. lubang oli samping karbu RX-K nya belum ditutup plastic steel

    2. setelan pelampung terlalu irit (mengingat brebetnya di putaran atas)

    3. main jet kekecilan

    4. manifold kurang kenceng

    5. karbu open filter, sebaiknya kalo box filter dilepas, diganti dengan filter model kerucut merk K&N, TDR, Daytona atau semacamnya agar aliran udara di karbu ga kaya angin puting beliung

    6. bisa juga klip jarum skep disetting di klip paling atas, jadinya terlalu irit

    Anonim26 November 2012 23:26

    tapi pas pake karbu standar jg masalahnya sama..

    filter model kerucut yg kya gmna? ane mau beli.

    thanks mister sebelumnya

    Zero Seven27 November 2012 22:18

    hmmm, kalo dilihat dari gejalanya sih, kayaknya Kangmas ini sudah melepas busa atau box filter nya

    maka wajar kalo putaran atas brebet, karena dengan begitu aliran udara putaran atas akan menjadi sangat deras sehingga mesin akan kekurangan pasokan bbm

    cara mengatasinya cukup main jet diperbesar sampai ga brebet lagi

    sekedar patokan, Thunder karbu std yang open filter, biasanya pake main jet ukuran 115 atau 120

    untuk filter model kerucut itu kurang lebih begini bentuknya :
    http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT6783PKN6pL-rtEh4zJ0KSh6IwOUGM2QOXP4k7X-nDRzyql2JDVABSE3OA

    sangat disarankan buat pemilik Thunder 125 yang open filter untuk memasang filter model kaya gini, karena malah bikin tarikan lebih sip dibanding open filter

    Anonim10 Desember 2012 23:39

    PERTANYAAN SELANJUTNYA

    lobang oli samping yg dimana ya bro?
    busa filter udah ane pasang tapi ttep masih brebet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karbu RX-King lubang oli samping ada di sisi kanan karbu, itu ketika masih dipasang di RX-King nya, itu tersambung dengan selang dari tangki oli samping yang berwarna pink ttransparan

      ketika dipasang di Thunder (4-tak), lubang itu jadi terbuka, itu harus ditutup, karena kalo dibiarkan terbuka, mesin bakal kebanyakan udara, soale lubang itu nyedot udara kalo ga ditutup pake plastic steel atau selang yang dibakar ujungnya

      Hapus
    2. lobangnya ada 2 mister.
      yg di sbelah kanan di bawah tulisan 3KAH20 atau yg di sblah kiri (dekat box saringan udara ?

      Hapus
    3. yang sebelah kanan di deket corongnya yang menuju manifold. Itu berupa pipa kecil agak menjorok keluar berwarna kuningan

      itu harus ditutup

      Hapus
    4. kalo itu lobang ane kasih selang yg di sambungkan ke PAIR..itu gmna mister?

      Hapus
    5. wadaww, jangan masbro, bisa brebet :p

      ikuti prosedur di sini aja
      http://zulfauzi.blogspot.com/2012/12/saluran-oli-samping-di-karbu-rx-king.html

      Hapus
    6. tapi kalo di motor ane di sambungkan ke PAIR.
      kalo di lepas & selangnya di mampetin malah knalpotnya nembak2

      Hapus
  54. mister pengguna Thunder 125 bnyak yg bilang kalo pake karbu RXK buat mesin jadi overhead n ring seher jdi cpet kena, yg akhirnya merembet ke seher.
    karena pada dasarnya itu karbu untuk mesin 2tak.

    menurut mister gmna dengan pernyataan ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ndak bener, itu akibat pake Karbu RX-K tapi nggak pake filter, alias langsung digelontor angin. Angin itu kan mengandung debu dan serpihan2 pasir, maka wajar kalo seher kena dan overheat akibat debu tadi masuk lewat selang pernafasan dan menutupi saluran oli, jadinya panas berlebih

      Thunder 125 ku udah 2 tahun pake Karbu RX-King merk LIPPO 65ribu ndak pernah ada masalah sama sekali, karena aku tetep pasang box filter tapi busanya dilepas.

      Sekedar info : ini spek Thunder 125 ane :

      1. Porting & polish model downdraft
      2. Papas blok bawah 0,5 mm
      3. CDI Shindengen limiter 13500 rpm
      4. Karbu RX-King imitasi merk LIPPO tapi daleman ori
      5. Knalpot Satria FU dengan catalis dilepas
      6. Ganjal pegas kopling dengan ring patah 2 mm
      7. Pasang box filter tapi busa dilepas

      Hapus
    2. kalo pake karbu king manifold'y hrus di ganti ga?
      apa cuma ganti klem aja

      Hapus
  55. tanya mas boz,
    thunder q kok jalan pelan ndut2an ya?
    karbu king PJ 17,5
    top speed kurang sip, tarikan kurang joos.
    apa yg perlu di ubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya lagi bengkel di daerah semarang yg spesialis thunder dimana ya?

      Hapus
    2. mungkin busa filter masih terpasang, dicopot aja busanya, tapi boxnya jangan

      atau bisa juga setelan pelampung kurang rendah

      atau bisa juga jarum skep posisi klipnya kurang pas

      Hapus
    3. kalo bengkel spesalisnya aku ora ngerti, Boss

      Hapus
    4. ganti silencer standart dengan racing apakah performa akan meningkat?
      kalau iya peningkatannya brp %?

      Hapus
    5. biasanya sekitar 5% kalo cuma silencer yang diganti, enggak sama lehernya

      Hapus
    6. motor q kok mentok di 100kpj aja ya?
      semua standart hanya karbu yg di ganti.MJ pakai punya F1ZR.
      klo udah kecepatan 100kpj kayak ada yg nahan larinya.
      mohon pentunjuknya.
      aq pengennya paling gk bisa sampai 120kpj, trus tarikannya enteng

      Hapus
  56. ane pake Karbu RXK di motor ane lobang oli samping ane sambungkan ke PAIR.
    masalah ga tuh gan?
    kalo di lepas & selangnya di mampetin malah knalpotnya nembak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. ane belum pernah nyoba nyambungin selang PAIR di lobang tsb, rata2 pemakai karbu RX-King menutup lobang ini pakai selang atau dilem pakai plastic steel

      menutup selang PAIR nggak akan membuat PAIR nonaktif, karena katup yang ada di exhaust port tetep aktif, itulah kenapa knalpot nembak-nembak

      makanya sebagian mekanik balap menonaktifkan PAIR tersebut dengan mentap lubang katup PAIR tersebut lalu menggantinya dengan baut seukuran lubang katup PAIR tsb, kemudian 1 set unit PAIR nya dicopot total.

      mending PAIR tsb dinonaktifkan kalau sobat pakai karbu RX-King atau knalpot racing

      Hapus
    2. cara menonaktifkannya gimana bro?
      yg simpel2 aja

      Hapus
    3. sebagian mekanik balap menonaktifkan PAIR tersebut dengan mentap lubang katup PAIR di exhaust tersebut lalu menutupnya dengan baut seukuran lubang katup PAIR tsb, kemudian 1 set unit PAIR nya dicopot total.

      Hapus
  57. mlm mister aku mw nanya nih,aku pke thunder th 2006,knp y klo abis ngebut pas turun gas jd ngempos ,trus mati,pas dinyalain lg ngempos terus digas jg g mw ngangkat,mesti dibantu pke cuk...yg diganti knalpot doang pke satria fu bobokan ,,trims..

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh, itu spuyer kekecilan, akibat ganti knalpot pembuangan pun jadi lancar jaya, maka spuyer kudu disesuaikan

      coba PJ&MJ nya dinaikkan jadi 15&110 atau 15&115
      kemudian corong bundar di box filternya dilepas aja, biar aliran udara lancar

      Hapus
  58. siang masbrow... ane pake thunder 2007.. ane udah ganti karburator rx king.. tapi kenapa ya klo di bawa pelan kok bebet larinya.. musti di tarik gasnya baru mendingan,,.. bensin juga boros bgt.. apa settingannya kurang pas atau gmna?? mohon solusinya masbrow...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kemungkinan spuyer masih pake standardnya

      ganti aja PJ&MJ 17,5 & 115 atau 17,5 & 120

      trus klip jarum skep dipindahin ke posisi nomer 2 dari atas (diiritin)

      jangan lupa busa filter dilepas, tapi box nya ga usah
      coz karbu RX-King itu lumayan deres flow gas bakarnya

      Hapus
    2. trus ukuran diameter ring buat ganjal per kopling brapa ya masbrow?? soalnya ane mau bongkar ganti kampas kopling skalian ganjal pake ring.. ane mau bikin sendiri nanti ring nya...

      Hapus
  59. salam kenal...gan
    kalo karbunya cuma pke PE 28 KW 2 bagus nggk yaa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus kok KW2

      itu lebih sip dari karbuku yang udah imitasi bekas pulak, setara sama KW 18 :P

      Hapus
  60. numpang share gan,ane punya thunder thun tinggi 2011,ane udah ganti karbu PE28 ori thailand,blom tau brpa ukuran PJ,MJ nya,dan knalpot standar,
    kondisi masih ngorok tenaga nya gak ada...
    tolong pencerahan nya gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kemungkinan PJ/MJ nya masih std
      ngorok itu tanda keblebekan bensin

      coba PJ&MJ diturunin

      aslinya ukuran PJ&MJ PE28 adalah 46 dan 155

      buat Thunder 125 yang cuma ganti karbu PE aja, PJ dibikin 40, lalu MJ 105 atau 110 aja, itu udah cukup buat nguber Byson, Kang :)

      Hapus
  61. mister nanya donk..
    kalo pake gear blakang rx king apa rantai bawaan thunder hrus d potong / pake rantai rx king jg?
    emang gear blkang rxk sama ya dudukan baut'y sma punya thunder?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup sama persis. Rantai mungkin perlu dipotong 1 atau 2 mata

      Hapus
  62. nebeng nanya mas nih,,motor thunder sy dah over size 50 trus ganti carb RX king ko knapa kl lari kenceng gak brebet tp kl pelan di bwh 80 km/jam malah brebet sama ndut-ndutan gmana solusinya,trims sblum ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu pilot jet kegedean, mungkin Mas Herman masih pakai PJ std RX-K nya yang berukuran 25 itu

      coba deh diganti ke 17,5 atau 15

      Hapus
  63. Pusing
    Thunder 125 thn 2007 mesin masih ori,kalo di bw perjalanan jauh/mesin panas selalu ndutndutan kadan sampai macet,udah di bw ke bengkel berulang kali blm ada solusi,kebanyakn pengalaman yg punya thunder sama dng pengalaman saya...minta pencerahan (Putra)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin :

      1. stelan klep terlalu rapat
      2. stelan sekrup udara terlalu nutup (irit)
      3. spuyer dan nozzle kotor
      4. klip jarum skep ga sengaja kepindah di posisi atas (irit)
      5. busa filter udara kotor
      6. filter oli blum pernah diganti, jadi aliran oli kurang lancar, panas deh
      7. oli pake oli encer (misal : 10w40 atau 5w40, buat thunder pake aja yang 15w40 atau 20w50)
      8. spuyer dikecilin
      9. selang pernafasan mesin terlepas dari box filter jadinya debu masuk ke girbox dan mengotori oli mesin, jadinya menyumbat aliran oli, panas deh mesin
      10. karet manifold udah ada retak2 atau longgar
      11. gasket knalpot udah gepeng mengingat itu thunder 2007, jadinya mesin sering panas dan ndut-ndutan, ganti aja pake punya yamaha alfa, 10ribu harganya
      12. selang pink transparan yang di karbu tersumbat debu, jadinya bikin bensin susah turun ke mangkuk karbu, coz fungsi selang itu adalah buat pernafasan karbu
      13. lubang air jet tersumbat debu, bikin aliran gas bakar ga lancar (lubang ini ada di corong karbu yang menghadap box filter)

      yup itu analisa sementara ane, semoga membantu

      Hapus
  64. kalo seandainya point nmr 1 itu diganti menjadi karbu standard n cuma ganti pj mj aja khasiat nya bakalan sama ato beda? misalnya pj mj di gedein segede" nya gitu biar bensinya deras . gimana kira"?

    BalasHapus
    Balasan
    1. secara top speed ga ada beda
      cuma akselerasinya aja yang kurang spontan
      coz Thunder kan karbu vakum

      Hapus
  65. mas numpang tanya thunderku baru kemarin bore up pake piston 61mm, liner sisa 1,25 mm, mesinya cpt panas bgt. solusinya gmna ya, kadang panasnya smpe ke betis, makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. O ya jelas panas banged, sisa linernya aja tipis banget. Seharusnya minimal 2,5 mm

      Atau bisa juga kemungkinan :

      1. Clearance piston dengan liner terlalu rapat jadinya oli susah naik, panas deh, minta dibuut ulang aja biar agak longgar.

      2. Spuyer kurang gede (setelan terlalu irit), gedein aja PJ & MJ, cari kombinasi yang pas, biasanya untuk Thunder 150 cc dengan karbu std PJ 17,5 MJ 125 kalo karbu PE28 biasanya PJ42 MJ 110
      cari aja kombinasi yang pas

      3. Setelan klep terlalu rapat, setel ulang aja lagi

      4. Habis bore up Thunder langsung digeber, bagusnya kalo habis bore up musti inreyen dulu sejauh 1000 km. karena ketika habis bore up permukaan liner bekas bubutan masih agak kasar, wajar kalo piston agak seret naik turun dan timbul panas berlebih

      Hapus
    2. owh begono to gan,kalo spuyernya udah segitu mas, nanti klep sy coba stel ulang deh, sama ganti boring 65 mm, kalau ga boring yg cocok apa ya mas gan? kalo langsung geber iya sih, tapi masih saya batasi sampe 100kpj g lebih mas, habis kalo di pantura bawaanya pengen geber sih.hehe

      Hapus
    3. nah itu dia masalahe,, langsung geber
      direyen dulu aja 1000km, nanti insya Allah uenak abiz itu :)

      boring yang cocok untuk Thunder bore up adalah boring dari mobil diesel

      Hapus
  66. gan ane pake thundie thn 2010 pertengahan. dari 8 saran di atas ane baru nomer 6 pake knalpot racing.
    tapi penyakitnya malah thundie jadi manja pengenya minum pertamax klo di kasih premium jadi rada brebet2. trus kalo bensin tinggal 2-3 liter jadi kadang mati sendiri dan harus tunggu 5-10 menit baru mesin bisa nyala itupun juga setelah di bawa 2KMan udah mati lagi. mohon pencerahanya dong master :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu gejala PJ & MJ kekecilan
      digedein aja, terutama MJ nya :)
      nanti Thundie insyaAllah bisa mimik premium lagi

      cari kombinasi PJ & MJ yang pas, naikin 1-3 step
      soalnya tiap daerah beda2 angkanya

      sekedar parameter,
      Thunder 125 yang cuma ganti knalpot racing biasanya
      PJ 17,5 MJ 110

      Hapus
    2. terus biar lebih mantap tapi budget 400k bagusnya nglakuin tips nomer berapa dulu master?

      Hapus
    3. terima kasih master :)

      Hapus
  67. kalo misalkan langkah itu sudah dilakukan namun masih mbrebet di gas bagian tengang gmana?pnya q bawah ok atas ok, tp tengahannya agak mbrebet

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo brebetnya di putaran tengah
      nanti yang disetting posisi klip jarum skepnya
      karena jarum skep bertugas mengatur kucuran bensin di putaran tengah

      Hapus
  68. mas zero seven... saya sangat bermasalah dengan thundie saya :( ... lgsg saja saya baru ganti karbu keihin RXK buat thundie saya, memang enak, tapi setelah jalan saya anggurin 3 jam, langsung susah di stater baik otomatis maupun kick, aki memang drop, nahhh, katanya mekanik karbunya emang jelek dan setelan main jet n pilot jet ga tepat.. bisakah saya minta setelan pj dan mj buat karbu keihin rxk mas? need help..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kemungkinannya banyak, antara lain :

      1. Apakah Thunder tsb dianggurinnya di bawah terik matahari ? Kalau iya bisa jadi tekanan di dalam tangki meningkat sehingga bensin ga mengalir, ngadat deh mesin, caranya buka tutup tangki selama 1 menit lalu tutup lagi dan nyalakan kembali motor, insya Allah jalan

      2. Karbu RX-K tsb adalah imitasi, karbu imitasi biasanya sering bermasalah di jarum pelampung nya, caranya tiap ganti karbu imitasi, jarum pelampung wajib diganti dengan yang ori

      3. Setelan pelampung terlalu rendah (boros) sehingga ketika lama diparkir bensin agak banjir, caranya ditinggikan 1 atau 2 mm tinggi pelampungnya dengan membengkokkan plat yang nempel di pelampungnya

      4. PJ & MJ masih bawaan aslinya (masih 25 & 145), buat Thunder yang sekedar ganti karbu RX-K, pakai aja PJ&MJ 17,5 & 110

      5. Posisi klip jarum skep ada di posisi 3 atau 2 dari bawah (boros). Buat Thunder klip dipasang di nomor 2 dari atas, coz ini motor 4-tak soale, ga perlu boros-boros, setuju ?

      6. Lubang oli samping belum ditutup pakai selang, lubang ini terletak di sisi kanan karbu yang dekat manifold sisi kanan. Caranya tutup aja pakai plastic steel atau selang kecil yang ujungnya dibakar

      7. Selang warna pink transparan yang bertugas sebagai pernafasan karbu kemasukan debu, bersihkan aja

      8. Selang pink tersebut ditutup. Selang ini ga boleh tertutup, musti terbuka, soale biar bensin bisa turun.

      Yea, semoga membantu :)

      Hapus
  69. nambah ,as.. ternyata yg saya beli keihin KW ... (ga pengalaman aku nya)hehhe.. yg 150an rb.. apa itu ngefek??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ogh ya jelazz ngefek banged

      cara ngatasinya, casingnya cukup pakai yang imitasi

      tapi dalemannya (spuyer, nozzle, jarum skep, piston skep, jarum pelampung) musti pake yang ori

      biar gampang settingannya

      Hapus
  70. mas zero seven aku mau nanya nih. tunder aku tahun 2009 masalahnya slalu mati mendadak dan harus di bantu dengan chok. katanya karet vakum karbunya bermasalah.apakah vakum karbu bisa di ganti dengan vakum karbu yang lain atau masih bisa di akalin kagak yah ?

    Free Automatic Backlinks Exchange Free Backlink Service

    Download Software Fullversion | www.tech-comps.in

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya yg nulis pertanyaan diatas mas.. hampir sama masalahnya, makanya saya ganti karbu.. tp mungkin blm pas setelanya, nunggu mas zero seven bantu...hehe.. pengalaman saya yg kasusnya kyk bro tech, bisa masalah dengan vakum yg udah sobek, vakum ini kayaknya ga bisa diakali, beli asli sekitar 46rb.. atau macet bisa karena skep pada karbu aus, sehingga tidak bisa memompa sempurna, itupun sudah saya belikan skep baru seharga 120rb tetep kambuh.. akhirnya saya milih ganti karbu king, dan saat ini settinganya masih blm bener dan susah sekali staternya

      Hapus
    2. waw, udah ganti karbu rupanya

      coba deh PJ&MJ diganti jadi 17,5 & 110
      (aslinya 25 & 145)

      klip jarum skep dipindah di posisi 2 dari atas

      jarum pelampung ganti dengan yang original Yamaha

      box filter jangan dilepas, tapi busanya boleh

      insya Allah enak

      Hapus
  71. mas saya mau tanya harga karbuPE28 brpan si orang nawarin 500rban tapy ada yg jual 250rb mana yg bener? hehe

    ngomong2 abis modal berapa maxnya cara 1-8 diatas itu??
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. di tempatku karbu keihin PE28 imitasi harganya 160ribu

      biasanya aku kalo beli karbu kayak gituan, belinya yang paling murah, trus dalamannya tak ganti ori semua

      total habis 350ribuan udah uenak gebernya

      kalo step 1-8 habisnya sekitar 800ribu kalo di tempatku

      Hapus
  72. bro zero seven, thunder ane udah bore up 50, stroke paking 2mm karbu standar PJ 17,5 MJ 122 tadi'a MJ mau 125 tapi ga ada, ada'a 122 yaudah ane beli. tapi kok brebet kaya choke di buka gan? padahal choke udah nutup. apa wajib ganti karbu dan kelistrikan?

    mohon pencerahan gan

    bro. Gigih (PROPER Bekasi)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo brebetnya di putaran bawah, coba deh pindah posisi klip jarum skep di posisi atas

      tapi kalo brebetnya di putaran atas, pindah posisi klip jarum skep di posisi bawah

      atau bisa jadi box filter dilepas
      pasang aja, cukup busanya aja yang dilepas

      Hapus
  73. Gan mau nanya
    mtr ane thunder thun 2006
    karbu pe 28 filter mke koso air turbine
    knapa top speed cuman 120
    trus ane coba make coil bluethunder kga bisa nyala mtr ane
    kta bengkel spul ane masalah
    apa bener gan?
    Minta pencerahan nya gan
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo cuma pengen top speed 140

      ikuti cara 1-8 di artikel ini
      ditambah ganti gir belakang ukuran 43 atau 40

      koil ga perlu ganti, cukup standardnya

      Hapus
    2. Gir 43 40 punyanya mtr apa gan??
      Kira kira tci brt buat thunder brapa hrganya gan?

      Gan mau nanya lg
      ngaruh gg coil dipasang 2 9power?

      Hapus
    3. Oya klo bli tci masang nya gampang gg gan?

      Hapus
  74. motor saya thunder 2006,
    - udah naik kompresi dg cara papas head 0,5mm ke tukang bubut.
    - porting inlet outlet
    - karbu std, tapi pilot jet pakai punya shogun kebo ukuran 17,5, mainjet tiger 120
    - udah ganti klem karbu dg klem pipa kaya gitu.
    - ban belakang 110/80-18, dpn 3.00-18
    - pakai magnet 9 power di kabel busi.
    - filter udara udah dipotong, dan dilepas kayak gitu
    - pakai gas spontan
    - top speed sih 130km/h
    - per kopling masih std sih, cuma agak dikerasin dikit setelannya.

    kekurangannya :
    - kalo dipakai boncengan power turun + berat
    - vibrasi tinggi di footstep kalo dipakai rpm 6000 keatas
    - dulu pernah pakai PE28 spuyer 48/115, tapi vibrasi makin terasa tinggi dipakai ngebut, akhirnya pakai karbu vacuum lagi biar gk terlalu pegel.
    - karbu PE 28, itu skep terlalu panjang, jadi harus buka gas dalem2, alias kurang cocok buat akselerasi mendadak / menghentak.


    kesimpulan saya:
    - biarpun masih pakai karbu vacuum, asalkan gedein spuyer jadi 17,5/120 + gas spontan, dan naikkan kompresi serta porting inlet-outlet, tarikan bawah lumayan galak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. informasi yang menarik
      makasih ya...

      Hapus

Ping Blog