Ping Blog

Sabtu, 28 April 2012

CARA BIKIN CHARGER AKI MOTOR


Original post by : Zul Fauzi
2012 April 28
09.25 a.m. (GMT+07.00 Hanoi, Bangkok, Jakarta)

Mengubah Charger Laptop Menjadi Charger Aki
Charger Aki Motor Dual Band Dual Current
Motorbike Accu Charger Type - 2
This is still incomplete, but trust me, it's work ( hahayy,, malah ngiklan susu L-Men :P )


Gambar.1. Charger aki motor bikinan sendiri, gimana, amburadul kan ? Hehe :D
sumber gambar : fotoku sendiri

Ini adalah chager aki khusus untuk motor
charger ini dirancang untuk aki motor 12 V 3,5 - 9 Ah
Sumber dayanya berasal dari charger laptop, jadi di postingan kali ini kita ga akan berurusan dengan trafo dan kawan - kawannya, karena cuma memanfaatkan charger laptop kita buat ngecas istri kesayangan aki motor kesayangan :D

Charger aki custom ini punya 2 arus keluaran, yakni 3 Ah dan 1 Ah

3 Ah dipake buat quick charge
1 Ah dipake buat normal charge

Makanya, dinamai dual band dual current

Sebenernya charger ini bisa juga buat ngecas aki truk 12 V 100 Ah,
tapi tahu sendiri laaah, aki truk tersebut baru penuh setelah 95 jam !!!
lha wong ini emang buat motor kok, buka buat kendaran roda 4 ke atas, wkwkwkw :D

Gambar.2. Ngecas aki truk 100 Ah
sumber gambar : fotoku sendiri

Oke,, sekarang cara bikinnya :
Ini rangkaiannya

Gambar.3. Rangkaian charger aki motor dual band dual current
sumber gambar : gambarku sendiri

Astraghfirullah,,, bukan yang di atas, itu rangkaian gagal, jangan dicoba
tapi yang bener yang ini :

 Gambar.3.1. Rangkaian charger aki motor dual band dual current
sumber gambar : gambarku sendiri



Ini bumbu - bumbunya bahan - bahannya :

1. Lubang buat colokan charger laptop


Gambar.4. Lubang charger laptop
sumber gambar : fotoku sendiri
2. Saklar geser (S1)


Gambar.5. Saklar geser
sumber gambar : pigment7up.com

3. Kapasitor 2200 uF 25V (C1)
4. Kapasitor 1000 uF 25V (C2&C3)


Gambar.6. Elco 2200 & 1000 uF 25 V
sumber gambar : javaelectronic.net

5. Dioda 1N4007(D1)


Gambar.7. Dioda 1N4007
sumber gambar : andywijayagambuta.blogspot.com

6. Sekring 4A & 2A + house (F1 & F2)


Gambar,8. Sekring dan rumahnya
sumber gambar : fotoku sendiri

7. Transistor TIP3055 + heat sink (TR1)


Gambar.9. Transistor NPN TIP 3055
sumber gambar : fotoku sendiri

8. IC LM7815 2 buah (IC1 & IC2)


Gambar.10. Regulator LM7815
sumber gambar : ec21.com

9. Kabel kecil yg dalemannya kawat secukupnya
10. Timah solder secukupnya
11. Resistor 2,2R 1W
12. Jepitan aki 1 pasang


Gambar.11. Jepit aki
sumber gambar : http://mobilapa.com

13. Papan PCB berlubang


Gambar.12. PCB veroboard (bolong - bolong)
sumber gambar : fotoku sendiri

O ya, charger punya saya ini belum dilengkapi kipas pendingin
jadi ketika ngecas aki, saya nyalain kipas angin di dekatnya, biar ga overheat chargernya.

Cara pakainya,

1. Kalau mau ngecas pake arus 1 Ah, kabel keluaran postitif tinggal dipasang di output positif yang 1 Ah

2. Kalau mau ngecas pake arus 3 Ah, kabelnya tinggal dipindah ke yang output 3 Ah

3. Kabel negatif cuma 1, ga perlu dipindah - pindah.

-----------------------------

Tegangan keluaran,


Gambar.13. Tegangan keluarannya 15 Vdc
sumber gambar : fotoku sendiri

----------------------------

Arus keluaran 1,



Gambar.14. Arus keluaran yang pertama = 0,96 Ah, atau dibulatkan jadi 1 Ah
sumber gambar : fotoku sendiri

----------------------------

Arus keluaran 2,



Gambar.15. Arus keluaran yang kedua = 2,82 Ah, atau dibulatkan jadi 3 Ah
sumber gambar : fotoku sendiri


-------------------------------------------------

Cara ngitung lamanya ngecas,

pakai rumus ini :

                                                                Time = Iaki / Icas                    (1)

dimana :
Time = waktu ngecas (jam)
Icas = arus keluaran charger (Ah)
Iaki = arus aki (Ah)

misal kita mau ngecas aki suzuki satria FU yang 7Ah

arus charger yang kita pakai misalnya yang 3Ah

jadinya lamanya ngecas dari kosong sampai i love u full = 7Ah / 3Ah = 2,3 jam 
atau 2 jam 20 menit

Yang butuh rangkaian & print PCB nya
silakan mampir ke sini :
http://zulfauzi.blogspot.com/2013/07/panduan-lengkap-bisnis-cara-bikin.html

-------------------------------------------------
-------------------------------------------------
-------------------------------------------------
Sekian dari admin

silakan dicaci maki :D:D:D:D:D


=================================

LIHAT JUGA :

BIKIN CHARGER AKI BUAT TRUK / MOBIL















27 komentar:

  1. 15volt dikurangi drop tegangan di 3055 (0.7V) = 14.5 Volt..
    biar lebih joss pake yang SANKEN, amper-nya lebih besar..

    BalasHapus
  2. woke, mazbro

    terimakasih atas masukannya

    BalasHapus
  3. klo untuk ngecas aki pakai aja colar cell gak ribet koq

    BalasHapus
  4. charger lapt0p ente brkpasitas brp gan?
    Brp v0lt n brp amper?
    Sya pnya charger psp 0lympus, 5v0lt 2amper.
    Kira2 skema yg sya bthkan gmna?
    T0l0g d bnt email sya aj gan.
    Sazorry@gmail.com

    BalasHapus
  5. charger laptop saya 18 volt 3 ampere

    kalau untuk ngisi aki, charger psp/laptopnya harus pake yang 17 volt ke atas, Kang, soalnya nanti bakal dilewatkan ke IC LM7815 buat diregulasi dan distabilkan jadi 14,7 volt

    kalo 5 volt 2 ampere gag kuat, gan

    nanti skemanya tak rapiin dulu ya biar gampang bacanya, baru ntar tak kirim lewat email

    BalasHapus
  6. b0le minta skema yg in jg g gan?
    C0z charger yg kmaren g bsa ful buat ngecas

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal tegangan aki udah nyampe 12,8 Volt, itu udah full kok, diukur aja pakai multimeter (diukurnya selesai ngecas, ketika soket buaya udah dilepas dari kutub aki)

      jadi rangkaian yg kemaren no problem

      sekedar nambahin : kalo ngecas aki motor, aki musti dilepas dari rangka motor dan ditaruh di atas dingklik atau papan kayu, biar listriknya gag bocor

      referensi tegangan aki motor :
      http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/berapa-seh-tegangan-penuh-aki-kering.html

      Hapus
  7. thanks gan..
    manfaat bgt buat TA ane..
    gan tau cara bikin inverter 1 fasa output 220V 50Hz pure sine wave ga??
    ane bingung nih....

    giru.479@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo inverter gelombang sinewave, jujur aja, ane belum pernah bikin barangnya, untuk yang satu ini, agan bisa lihat di referensi ane di blog ini, di bagian BLOG ELEKTRONIK

      Hapus
  8. bisa di dibuktikan dan dipercaya to gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, ini udah berhasil dan terbukti asal ngrakitnya bener

      beberapa waktu lalu berhasil buat meng-anodizing plat aluminium, dan udah dikembangkan jadi versi adjustable, bisa dilihat di sini :

      http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/charger-aki-bikinan-sendiri-adjustable.html

      Hapus
  9. Kang, minta skemanya dong yang agak lebih rapih buat 19v, 3,24A... makasih

    BalasHapus
  10. Kirimin ke muhammadrihanr@gmail.com yaa

    BalasHapus
  11. apa ini sudah otomatis, bila belum apa saya bisa minta skema yang otomatis......

    email ekolastx@gmail.com

    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. blum, itu masih manual
      rangkaian udah dikirim

      Hapus
  12. gan coba buat kiprok regulator gan....hehehe....yang otomatis gitu dg rangkaian di atas ditambah otomatis kalau sudah full hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, aku blum punya rangkaiannya, Om
      nanti klo ada waktu insya Allah aku bikin
      sekarang lagi sibuk skripsi

      Hapus
  13. ass.. Minta skemanya kang.. Iman@gmail.com
    mksh sblmnya.. Hade2 wae lah si akang.. :-) Sukses sllu deh..

    BalasHapus
  14. mas bro minta skemanya donk, Amr_gazette@yahoo.com, makasih sbelumnya mas..

    BalasHapus
  15. Mas kalo bikin rangkaian chrger hp di motor gmn biar ga over arus nya tolong di share dong...makasih

    BalasHapus
  16. minta skemanya gan.. email ke parindragala@gmail.com, klo minta skemanya disederhankan hanya memakai yang 1Ah aja gan (normal charging)tidak pakai yang 3Ah bisa ga gan? thx bgt

    BalasHapus
  17. lw pke carger hp bsa ngk gan....

    BalasHapus
  18. Kasian semua minta skema... aq minta uange ae... hhhha

    BalasHapus

Ping Blog