Ping Blog

Minggu, 01 Januari 2012

BIKIN CAS AKI SENDIRI

Original Post by : Zul Fauzi
1 Januari 2012

Skema Kelistrikan



Keterangan :

S1       = saklar untuk listrik 220 Vac/PLN

F1       = sekring tabung 10 Ampere + house
F2       = sekring tabung 15 Ampere + house
T1        = trafo ACT 2 Ampere merk “BIG” ( 5 ampere klo mau buat aki mobil, 10 ampere klo mau buat aki truk )
D1       = dioda bridge 10 Ampere
D2       = dioda MIC 6A05
IC1      = LM7815 + sirip pendingin
R1       = resistor 0.1 ohm 1 watt
Q1       = transistor TIP3055 + sirip pendingin
C1       = kapasitor 2200 mikrofarad 25 V
C2       = kapasitor 1000 mikrofarad 35 V
C3       = kapasitor 1 mikrofarad 35 V


Komponen Pendukung :
- Papan PCB berlubang
- Kabel ganda buat 350 volt 1 meter
- Kabel isi kawat diameter 0.5 mm 1 meter
- Baut segienam 8 buah
- Jepit buaya kecil 8 pasang
- Jepit aki 1 pasang
- Colokan isi 3 merk Broco 1 buah yang pake saklar
- Alas kayu 25x15 cm 1 buah
- Dobeltip busa 1 buah

WARNING : 
PASTIKAN GUNAKAN SEKRING JIKA ANDA MERAKIT KOMPONEN ELEKTRONIKA, UNTUK MENGHINDARI KEBAKARAN ATAU HAL-HAL YANG TAK DIINGINKAN


Gambar.1. Rangkaian elektrik 
( inilah rangkaian regulator fullwave buat ngecas aki bikinan sendiri)


 Gambar.2. Sekring 15 Ampere pada jalur ke accu

 Gambar.3. Sekring 10 ampere pada jalur ke stop kontak

 Gambar.4. Pastikan selalu gunakan colokan model bulat, karena colokan model ini memiliki ground, biar komponen ga nyetrum ketika tersentuh tubuh
( lihat 2 logam pada atas&bawah colokannya, itu ground )

Gambar.5. Ngecas aki Satria FU ( cukup 50 menit )

Gambar.6.Ngecas aki truk 100 Ah ? No problem

Seperti terlihat pada gambar, cas saya ini belum dilengkapi kipas pendingin, sehingga ketika cas ini digunakan, saya menyalakan kipas angin buat mendinginkan cas ini.

Cas ini adalah jenis fullwave rectifier regulator,  outputnya 14.8 Vdc 8.5 Amp, dan  bukan jenis otomatis, sehingga ketika mau ngecas diperkirakan dulu waktunya, rumusnya 

  T = I aki / I cas

Keterangan :
T = lama pengisian ( jam )
Iaki = arus aki ( Ah )
Icas = arus output cas ( A )

misal untuk ngecas aki 100 Ah => T=100Ah/8.5A= 11.76 jam atau 11 jam 45 menit

Cas buatan saya ini dilengkapi sekring pada input dan outputnya, sehingga bila terjadi kelebihan muatan, cas beserta aki dan jaringan listrik bangunan dapat terselamatkan, insya Allah.

Yang butuh skema & print PCB nya, monggo mampir ke sini :

selamat berkarya !
:D :D :D









159 komentar:

  1. nice info..izin share...

    BalasHapus
  2. oh iya, pada skema, keluaran dari trafo menuju dioda bridge itu 18 Vac

    trus sebelum ke F1 ( sekring yg pertama/jalur input AC220V ) dikasih saklar ya

    BalasHapus
  3. Iya nanti tak kasih saklar

    BalasHapus
  4. kok bisA pke elco sgala.....,yg posting ini kira2 bisa beneran gak?? (kayak power suplly aja)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup benar tuh, dimana-mana cas gak pake elco malah dibuat kejut-kejut biar cepat, tegangan berdasarkan pengukuran naek, tapi " I " nya...? berdasarkan pengalaman saya buat cas aki, cukup TRAVO + Dioda dengan Amper besar, gak perlu tr karena akan menghambat arusnya, ya tetap semangat aja buat yang post and salam kenal yak

      Hapus
    2. yo, sama2

      salam kenal juga dari saya selaku admin si bocah ndeso dari sawah, wkwkwkw


      elco itu saya pakai buat meratakan arus DC nya

      emang ga papa sih kalau ga pake elco
      soalnya aki sendiri kan juga kapasitor raksasa

      tapi kalo saya tetap pakai elco
      biar menghemat tagihan dari PLN

      itu fungsi utamanya

      karena kalo ga pake elco, bakal terjadi yang namanya "power loss"

      nah, elco ini fungsinya mencegah itu terjadi

      biar ga kena denda dari PLN juga


      itulah kenapa di peralatan listrik seperti kipas angin, dinamo, trafo dan peralatan elektronik yang pakai lilitan kawat ada kapasitornya

      ya

      fungsinya buat meminimalisir "power loss" itu, biar ga kena denda dari PLN

      karena komponen elektronik yang menghasilkan medan magnet (yakni yang pakai dinamo seperti AC, kulkas, kompressor, trafo, kipas angin dan kawan-kawannya) itu bikin rugi - rugi daya

      sehingga harus dipasang kapasitor

      itu dari saya

      kalau ada salah kata
      saya mohon maaf

      terima kasih sudah mampir di gubug (blog) saya

      keep brotherhood :D

      Hapus
    3. bukan begitu sob, kipas / motor listrik dipasang kapasitor untuk start bukan utk los power, sedangkan untuk komponen elektronik lain yg menggunakan lilitan ada kapasitor untuk memperbaiki fluktuasinya dn frekuensi, kalau dibilang gak pake elco pada travo kena dena PLN itu terlalu berlebihan, bagitu listrik masuk ketravo pemakaian daya langsung jalan, semakin besar beban travo maka semakin besar daya yg diperlukan travo tsb, beda dengan switching

      Hapus
    4. jawaban saya itu adalah kata-kata dari Dosen Teknik Tenaga Listrik-Prodi Teknik Mesin-FTI-UII, beliau bernama Ir. Budi Astuti, M.T.

      Mungkin bisa ditanyakan langsung ke beliau untuk lebih jelasnya

      Hapus
    5. sampean ini nyontek tapi gak lengkap... wakakaka...

      Hapus
    6. kalau menurutku kyaknya lebih baik menggunakan kapasitor sebab stau sya, kapasitor juga slain menampung strom juga sebagai Filter arus yang tidak stabil...thanks

      Hapus
  5. elco ( kapasitor ) di rangkaian ini fungsinya buat meratakan arus DC yang keluar dari dioda bridge

    biar ga merusak sel2 aki

    ga pake juga ga papa, tapi aki bakal cepet kehilangan kemampuannya menyimpan muatan listrik


    prinsip kerja charger adalah :
    arus 220V PLN yang AC itu yang dari colokan itu diturunkan tegangannya lewat trafo step down, tros diubah jadi DC melalui dioda, kemudian diregulasi melalui voltage regulator, terakhir diratakan melalui elco

    jadi,
    kalo ada yang bilang ini power supply, itu emang betul
    kalo ada yang bilang ini charger aki, itu bener juga
    kalo ada yang bilang ini kiprok, ya ngga salah juga

    soale ketiga alat tersebut prinsip kerjanya sama wae :D

    BalasHapus
  6. wah maaf sekali, itu engga dijual

    BalasHapus
  7. Mas, kenapa sekringnya kok yang 10 ampere sama 15 ampere. Udah dicek belum mas arus keluarannya berapa saat ngecas aki itu. Thanks ya. Tetap semangat!!

    BalasHapus
  8. sama-sama, Pak :D

    o ya,

    ini sengaja pake 2 sekring supaya bisa memutus arus lebih cepat dibanding kalau pakai 1 sekring kalau terjadi konslet, Pak

    supaya komponen lebih cepat terselamatkan


    untuk arus keluarannya yg DC sudah saya ukur
    sekitar 8 ampere-hour

    sedang arus masukannya yg AC, naik-turun sekitar 4-7 ampere-hour, Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tambah komen lagi ya bro, biat top blognya banyak yang komentar, travo yang dipake berapa amper emangnya ..? dr gambar menggunakan 5 Amper masak outputnya bisa sampe 8 Amper, Kutip "T1 = trafo ACT 2 Ampere merk “BIG” ( 5 ampere klo mau buat aki mobil, 10 ampere klo mau buat aki truk )
      D1 = dioda bridge 10 Ampere" sedangkan aki mobil yang paling kecil itu 60 Amper..? apa bisa maksimal cargernya..? semangat trus..

      Hapus
    2. makasih sebelumnya, emang postingan ini masih amburadul, wkwkw

      maklum, adminnya (gue sendiri) orang kampung yang coba-coba GO-BLOG (lhoooohhh ???)

      makanya admin sangat menghargai setiap komentar dari pembaca yang budiman, karena komentar itu adalah wujud apresiasi dan cinta dari pembaca yang budiman terhadap yang punya blog

      makasih sebelumnya buat saudara EACTION

      trafonya emang 5 amp hour, tapi karena dikuatkan pake transistor TIP3055, naek jadi 8 Amp hour

      karena transistor juga punya fungsi sebagai penguat arus

      udah diukur di multi kok, makanya berani posting

      trus kenapa pake dioda bridge 10 A, karena arus keluaran dari trafo sebelum masuk transistor emang cuma 5 A

      trus apa maksimal chargernya buat aki mobil 60 Amper, tentu saja maksimal

      lha wong charger ndeso ini rutin dipake buat ngecas aki truk tetangga yang 100 Amp hour merk INCOE keluaran ASTRA OTOPARTS

      kalo cuma buat aki 60 amp, tentu saja malah lebih enteng 40% kerjanya

      untuk ngecharge aki, arus yang masuk dari charger ke aki adalah sekitar 5%-25% arus aki

      misal aki truk 100 Amp hour, berarti arus chargenya harus sekitar 5-25 Amp hour

      sedangkan charger saya outputnya 8 Amp hour, jadi memenuhi syarat dong

      sedang kalau aki mobil 60 Amp hour, maka arus chargenya 3-15 Amp hour, berarti charger saya memenuhi syarat lagi donk

      alasan kenapa harus 5%-25% adalah untuk menjaga agar sel-sel aki tidak melengkung

      arus yang terlalu besar (di atas 25% arus aki) akan membuat sel-sel aki panas dan melengkung

      kalau sampai melengkung, itu artinya aki soak, ngga bisa dipakai lagi

      atau kalau masih bisa dipakai, tidak akan bertahan lama

      itu dari saya

      kalau ada kalimat yang kurang mengenakkan di hati, admin mohon maaf

      keep brotherhood...

      Hapus
    3. Koreksi ulang bro dan saya baru tahu kalau transistor bisa menambah arus berdasarkan tulisan anda "trafonya emang 5 amp hour, tapi karena dikuatkan pake transistor TIP3055, naek jadi 8 Amp hour
      ", setahu saya transistor itu fungsinya sebagai swtich melewatkan,arus bukan menghasilkan alias menambah, aslinya Vce TIP 3055 itu bisa 15A artinya bisa melewatkan arus max 15A, kalau inputnya kurang dari itu tidak akan mungkin dia bisa menghasilkan arus lagi. Kalau hanya berdasarkan pengukuran multi tidak bisa dibilang akurat dan maksimal, coba deh caritahu alat ukur batreay yang sebenarnya, sekedar share saja alat ukur batree itu ada khusus, informasinya berupa Tegangannya, besar arus akinya, keadaan sel aki tersebut, persentase cargernya, penyebab melengkung elemen batre itu dikarenakan over voltage dan i, juga panas berlebih.

      Hapus
    4. thanks atas koreksinya, ntar coba saya kroscek lagi

      tapi emang kok pas tak ukur di trafo arusnya 5,2 A
      sedangkan pas tak ukur di output arusnya jadi 8,6 A

      apa mungkin karena sumber listrik trafo nya langsung dari PLN kali ya, jadinya arus yang 5 A bisa naik jadi 8,6 A

      soalnya saya juga pernah eksperimen menguatkan arus baterai ABC pake transistor TIP 41 C, dan hasilnya arusnya nggak berubah, alias tetep 1,8 A

      untuk yang ini mungkin para pembaca yang budiman ada yang bisa bantu saya ?

      Hapus
    5. Jangan-jangan alat ukurnya yg tidak standar, tidak mungkin Arus sumber (travo 5A) lewat beberapa komponen R dan TR bisa amper menjadi Naik

      Hapus
    6. bisa jadi

      tapi emang beneran naik kok dari 5,6 A (std) menjadi 8,5 A (setelah pakai TIP3055)

      Hapus
    7. kalo pakai 2 aki truk bisa gak mas?

      Hapus
  9. mas ini chargernya otomatis apa gak?
    trus trafo merk Big itu harganya berapa ya?

    BalasHapus
  10. ini ga otomatis alias masih manual

    makanya saya kasih tips rumus buat ngira-ira waktu lamanya ngecas

    tapi IC 7815 nya akan membuang arus listrik yang berlebih menjadi panas ketika aki sudah penuh,

    jadi insyaAllah aki ga akan overload meski dicharge lama

    cuma ya itu,,,,

    kalo aki udah penuh charger teuteup wajib dimatikan, klo ngga ya malah buang-buang listrik :)

    untuk trafo BIG 5 ampere nya yang saya pake itu klo di Jogja harganya 60-75ribu


    sebelumnya terimakasih udah mampir ke gudang(blog) saya yang berantakan ini :D

    BalasHapus
  11. boleh gbung g nih?kyaknya seru nih!sya mw nanya mas,kw rumus tuk lama sbentarnya pengisian accu gmana mas?cntohnya gni mas,sya punya accu 70Ah,kw sya cas dgn 12V 5A kira2 berapa lma accu tu akn full mas?mhon pencerahanya mas,makasih......

    BalasHapus
  12. mantab gan perlu dicoba
    tp sys skrng pki adaptor bekas radio amatir itu lho yang 5a/10 gak tau soale tulisanya dah gk ad, buat cas aki mobil saya yg 65 ampere 10mnt udah bisa buat stater. tp ni sy mau buatke temen, sy akan coba dri blog anda. sukses alalu brow. thank's

    BalasHapus
  13. (joebae) : monggo, dipersilakan gabung di gudang saya :)
    anggap rumah sendiri :D

    buat rumusnya, arus aki dibagi arus charger
    misal aki anda 70 Ah
    charger anda 5 A
    maka lamanya ngecas = 70 Ah / 5 Ah = 14 jam

    satu lagi, untuk ngecas aki tegangannya jangan 12 V, tapi 13 atau 14 atau 15 V
    biar aki bisa penuh

    semoga bermanfaat, dan maaf kalau seandainya ada salah kata :)

    -------------------------------
    (tedy) : sama-sama mazbro :D
    semoga sukses dengan hasil karyanya

    tak dukung pokoknya :D:D

    BalasHapus
  14. makasih bnyak mas,tp yg sya lhat di web lain casan aki tuh hanya mengunaka dioda z 4 bji mas,tp skema mas agk bda nih?ap keuntunganya keunggulan dr skema d ats mas?mhon pencerahanya.

    BalasHapus
  15. (joebae) :
    emang betul kok rangkaian yang saudara joebae lihat di web lain, cas aki itu intinya trafo yang disambung dioda bridge (rectifier), itu emang udah bisa buat ngecas aki kok

    kelebihannya
    1. Rangkaian simple
    2. Murah
    3. Perawatan gampang/mudah diperbaiki
    4. Mudah nyoldernya
    5. Tahan banting (tapi jangan dibanting ya)

    tapi punya kekurangan, yang menurut tetangga saya yang tukang aki adalah :

    1. Arus dan tegangan kurang stabil, kadang naik kadang turun ini bikin kita susah memprediksi lamanya ngecas, saya juga gag tahu kenapa bisa gitu :D
    2. Ada watt yang terbuang sia-sia/ kurang efisien di daya, ini yang bikin bengkak tagihan listrik
    3. Bentuk gelombang arus listrik kurang rata, ini bisa bikin aki rusak jika digunakan berulang-ulang dalam waktu 1 tahun, ya secara teori ala tetangga saya yang dealer aki sih
    begitu katanya :D
    4. Karena cuma ada trafo dan dioda, maka kalau kelamaan ngecas, aki bisa menggelembung, tanda overcharge, karena arus berlebih ikut terbuang ke dalam aki
    -----------------

    Nah, model rangkaian saya ini gunanya untuk menghilangkan kekurangan-kekurangan yang disebut barusan

    1. rangkaian saya menggunakan regulator 7815, punya kemampuan menstabilkan tegangan dan arus, sehingga kita bisa memprediksi lamanya ngecas

    juga akan membuang sisa arus yang berlebihan menjadi panas sehingga aki gag akan overload meski dicas sampai lewat waktunya

    juga punya kemampuan perlindungan terhadap korsleting

    2. rangkaian saya ini menggunakan kapasitor, sehingga tidak ada daya yang terbuang sia-sia
    sehingga hemat tagihan listrik, dan kerja charger aki lebih ringan

    3. rangkaian saya ini dilengkapi sekring di input dan outputnya, sehingga kalau terjadi konslet, insya Allah aman dari kebakaran dan aki aman dari kerusakan sel

    mungkin itu yang bisa saya sampaikan

    semoga bermanfaat, buat saudara :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mas, bisa pesan buatkan rangkayan aki dan komponen yang bisa ngecas sediri dan bisa di gunakan unt lampu dll, (maklum kurang paham yg kayak ginian)beanya berapanya? kalau bisa contak2 sy di 0853-7624-4454

      Hapus
  16. satu lagi, rangkaian saya ini pakai transistor TP 3055, sehingga mempercepat lamanya ngecas

    karena fungsi transistor TIP3055 di sini buat memperkuat arus, sehingga arusnya lebih "padat"

    BalasHapus
  17. mas TIP 3055 tu tr jengkol jnis NPN kan?kw boleh sya tanya,bisa g d gnti dgn 2955?sma tr jengkol juga,tp jnisnya beda,jnis PNP!kw bisa,ap skemanya juga berubah?sya tanya bgni karna sya punya regulator dr lm317 dan 2955,perbedaan dgn rangkaian cas aki mlik mas tu, E 2955 pke R langsung ke + dr dioda bridge B nya juga sma langsung ke + cuma bda nilai R nya z!C nya bru ke out + mhon penjelasanya mas,maf nih bnyak nanya mkum lg belajar ehehehe.........

    BalasHapus
  18. maaf sebelumnya, modem saya baru tak isi tadi sore
    jadi kemaren gag bisa ngenet :)

    kalau pake 2955 skemanya berubah, kurang lebih kayak di blog ini :
    -----------------------------------
    http://www.extremecircuits.net/2009/08/ampere-or-current-booster-circuit.html
    -----------------------------------
    saya gag punya skema untuk yang tipe 2955
    jadi sementara ikut link di atas dulu

    o ya untuk skema inverternya akan saya kirim ke email saudara minggu depan ya,
    soalnya saya udah mulai skripsi
    jadi gag banyak waktu senggang

    tapi buat setiap komen di blog ini masih bisa saya jawab setiap waktu kok :)

    -----------
    saya juga masih belajar kok, hehe :)
    semoga membantu

    BalasHapus
  19. nanti kalo ada inbox dari: gunung_njeblug@yahoo.co.id
    itu email saya

    BalasHapus
  20. email beserta gambar rangkaian inverter udah ku kirim, monggo dicoba :)

    BalasHapus
  21. aq juga minta kang, bientanxs_xi@yahoo.co.id
    makasih kang

    BalasHapus
  22. bientanxs_xi@yahoo.co.id

    --------------
    skema udah dikirim, Kang :D

    BalasHapus
  23. Harga berapa nih charger aki buatannya agan sampai komplit. Klo murah saya order satu buat jaga2 aki mobil saya mogok, soale jrg hidup nih mobil. saya pake AKI BASAH, 12 V, 45 Ah untuk Genio saya gan.. tolong infonya email ke: jhonpetruk@gmail.com

    BalasHapus
  24. Wah, itu gag dijual, Kang, tapi kalau butuh skema charger aki udah tak kirim ke email njenengan, juga sudah dilengkapi gambar 3D biar mempermudah ngrakitnya

    untuk aki 12V 45Ah lama pengisian sekitar 47 jam atau 2 hari penuh

    selamat mencoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Hapus
    2. wahh,,mntaapp.. salam kenal smua..
      bisa mintol krimin aku jg g skema charger aki.y mas...??
      in email qu: muhyakub09@gmail.com
      sya pnasaran untuk buat sndiri alat.y stelah baca smua koment2 d atas..
      oiya,, sblum.y mkasih mas.!!!

      Hapus
  25. ada saran ga? kenapa trafo 5 A saya jebluk, soalnya saya lagi ngecas accu 70ah,
    kalau boleh saya minta dikirimkan gbr rangkaiannya ke trwhyd@gmail.com
    thank,s bantuannya

    BalasHapus
  26. Menarik sekali infonya, terutama para komentator, salam kenal semua.Untuk admin, barangkali punya skema inverter yang switching menggunakan mosfet irfz44.atau yg mosfet tipe lain dg keluaran gelombang modified sine wave, atau modifikasi sinus.
    Sy udah beberapa x mencoba yg gelombang kotak lumayan, tp cuma buat lampu aja.
    Pernah buatin buat tukang nasi goreng mangkal yg ga ada lstrk PLN, nah waktu itu sy bkn fungsi ganda dlm 1 trafo 3 amper, buat ngecas aki sekalian buat inverter. Terahir sy buat dg irfz44, dua ic, keluaran modifikasi sinus, bisa buat ngecas laptop sy dan hp di motor, kelemahanya krna menggunakan trafo 5ampere jd lbh berat, dan gd. Pingin yg pk inti ferit biar lbh ringan, dan kerugian pd garis2 magnet yg hilang krn trafo inti besi.
    Klo berkenang emal ke , sutrisnobni46@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. rangkaian sudah saya kirim lewat email, (email saya : zero_seven82@ymail.com )

      ini rangkaian inverter saya, masih yang sinyal kotak sih
      tapi sudah dilengkapi dengan kapasitor kipas angin di output trafonya
      supaya bisa menghidupkan TV

      oh ya, sebetulnya saya belum pernah membuat inverter sebelumnya,
      jadi rangkaian saya ini memang belum pernah dibuat,
      ini adalah PR kuliah dari dosen saya dulu
      sehingga mohon kritik dan sarannya saja klo rangkaiannya ada yang kurang :)

      nanti insya Allah akan saya posting ulang rangkaian ini

      (zulfauzi)

      Hapus
    2. salam kenal gan
      mau dunk gan rangkaian inverternya yg lengkap
      kirim ke e-mail saya gan dendi_paris@yahoo.co.id

      n gmana cara mengetahui lama kuat akinya mas
      misal make aki 40Ah daya inverternya 100watt???

      maksi sbelumnya gan.

      Hapus
  27. karya anak negeri yang bagus. lanjutkan prestasimu nak :-)

    BalasHapus
  28. mas,, boleh minta dikirimi skema n gambar 3d nya?
    klo mau pesen rangakainnya atau komponenya lewat mas bisa g?
    ini mas email saya fue_fue902yahoo.com

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. skema udah dikirim, monggo dibuka

      Hapus
  29. Salam kenal. Charger yg saudara saudara bahas dg ac rata rata 220 volt. Gmana mengatasi charger yg tidak mau ngecas karna listrik voltase rata rata dibawah 150 v? Mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. di travo itu kan ada pilihan 220 V sama 110 V, pilih saja yng 110 V, kalau emang tegangan listrik di bawah 150 V

      Hapus
  30. Andai brkenan mohon sarannya juga dialamatkan ke hartoyofisly@rocketmail.com. maklum jaringan tempat sy lemot. Thanks bro..... smoga mendapat imbalan yg setimpal dari yg maha kuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikirim, monggo dibuka emailnya

      Hapus
    2. mas kalo boleh menta skema dan 3d nya, oya kalo Q nya pake yang jengkolan cara masangnya g mana mas, kebetulan masih bingung masang Q dengan gambar tsb, matur nuwun.
      pamansam.undercover@gmail.com

      Hapus
    3. pake yang ini aja
      [http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/charger-aki-bikinan-sendiri-adjustable.html]

      itu versi terbaru (versi 2.0) dari charger aki ane posting yang di artikel ini (versi 1.0)

      kalo yang versi 2.0 ini bisa disetel arusnya, 1,2,3,4 dan 5 A, bentuknya lebih kecil dan kompak

      dan tanpa transistor jengkol

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  32. kang itu trafonya merk big ACT maksudnya apa tuh kang ACT kan yg ada CT,0,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ACT=non CT,

      artinya trafo biasa, bukan trafo CT

      Hapus
  33. Om Fauzi, ane boleh minta rangkian skemanya om.... Matur tengkyu sebelumnya.... prekethex@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah dikirim, silakan dibuka emailnya

      Hapus
  34. Kalau trafonya pake yg CT 10A...bisa g ms?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi nanti dioda brdigenya diganti 2 buah dioda biasa 20A, jadi ga pake dioda bridge lagi

      Hapus
  35. ijin nimbrung lg yah.....
    sahabat nusantara yg budiman..... sy mempunyai sebuah trafo bekas ups. permasalahannya sy tidak bisa membedakan apakah trafonya ct atau non ct, mengingat trafo tsb bagai manusia tanpa identitas. rencana sy trafo tsb akan sy gunakan tuk membuat inverter sederhana. mohon masukan..... thanks all

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebetulnya perbedaan antara trafo biasa dengan trafo CT adalah pada kutub nol nya

      misalkan trafo biasa dengan keluaran 12V
      maka kutub kiri adalah 0 dan kutub kanan adalah 12
      (0-12)

      sedang trafo CT dengan keluaran 12V
      maka kutub kiri adalah 12 dan kutub kanan adalah 12 dan kutub tengah adalah 0 (6-0-6)

      perbedaan lain, lilitan keluaran pada trafo CT itu lebih tipis kalau dibandingkan dengan lilitan pada trafo nonCT

      sebetulnya ga masalah kok kita salah pakai trafo ct atau biasa, yang penting tegangan yang kita butuhkan bisa kita dapatkan, itu aja

      cara mengecek itu trafo ct atau bukan, biasanya kalau trafo ct, pin-pin outputnya berjumlah ganjil, karena pin tengah pada trafo ct berfungsi sebagai kutub 0

      sedangkan trafo biasa berjumlah genap, karena kutub 0 ada di samping kiri

      semoga bermanfaat

      Hapus
  36. klo transistor ne tak ganti dgn 2N3055 bisa ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ogh bisa bangeeddd :D

      jangan lupa kasih plat pendingin, biar ga overheat

      Hapus
  37. trim's mas jawabannya,tapi saya masih ragu soal resistor pd kolektor trasistornya,klo ga di pake bisa?dan pd basis transistor ko ga ada resistornya mas,apa gak merusak transistor,soalnya output ic 78015 tu gede lo mas untuk basis transistornya,mohon penjelasanya mas.maaf pertanyaan terlalu panjang koyo investigasi aja wkwkwkwkkww.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. resistor di C (kolektor) itu fungsinya untuk "menurunkan kecepatan arus listrik" supaya transistor tidak panas membara, itu prosedur umum untuk linear power supply

      ketika transistor 2N3055 (NPN) difungsikan buat penguat arus,
      arus yang mengalir ke transistor NPN itu akan ada 2, yaitu arus utama (ke B/base) dan arus penguat (ke C/kolektor), kedua jenis arus ini akan bertemu dan menghasilkan sinyal listrik yang kuat, ibarat bertemunya 2 aliran sungai, sehingga arusnya akan lebih deras

      kenapa arus penguat dikumpulkan di kolektor ?
      Sesuai namanya "kolektor" adalah ibarat tabung induksi, yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan aliran, semakin deras arus masuk ke C/kolektor, maka akan terjadi peningkatan tekanan yang signifikan, itulah kenapa sebelum ke kolektor dikasih resistor, itu untuk mengontrol kecepatan arus listrik.

      sebenarnya bisa aja sih ga pake resistor tapi kasihan transistornya,,
      ya itu tadi bakalan panas memuncak karena arusnya ga terkontrol

      Hapus
  38. makasi penjelasanya mas,tanya lagi ni mas,klo resistornya pake resistor 0,5omh/5w bodinya kramik persegi boleh mas?
    lalu diode pada ground ic 7815 pake diode 6A100 bisa gak mas?soalnya di kampung ini toko elektronik suka gak lengkap jadi harus coba-coba mas,kata yg jual sih beda dikit ga apa-apa,tapi saya ragu lagian harga komponen disini ma'al baget,masa ic 7815 sampe 30ribuan.tolong penjelasannya ya mas,itu aja dulu ntar klo ada yg nyasar tak tanya lagi lo,

    BalasHapus
    Balasan
    1. resistornya udah bener, diodanya juga udah bener (kalo trafo Mas Joko 5 Ah) nilai dioda harus di atas arus trafo, misal kalo trafo 5Ah, dioda bisa pakai 6Ah atau di atasnya, kalo sama atau malah di bawahnya bisa hangus

      dan di tempat saya, IC 7815 itu cuma 5000, aneh kalo sampe 30ribu

      ada "sesuatu" tuh

      Hapus
  39. kalo bridge diode bekas genset bisa mas?bentuknya persegi,sekitar 3,5Cm2 dengan tebal 1,3Cm berwarna hitam dan putih(sisi aluminiumnya)berkaki 4 ,berlobang tengahnya(5mm) gitu mas.....ini lah yang ku punya mas, terima kasih penjelasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dilihat dari ukurannya, sepertinya itu bridge 10A, biasanya emang bridge 10 A lebarnya sekitar 3cm-an lebih

      itu bisa kok

      tapi saran saya ya mending beli bridge baru aja, mengingat itu ga ketahuan arus berapa A bridge nya tersebut

      Hapus
  40. kang nilai resistornya ga ada yg segitu adanya paling kecil 1k

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ganti yang resistor 5wt
      kalo 1 wt emang agak susah yang tipe 0.1 om

      Hapus
    2. memang yg 1k g bsa kang bisa g kng pke trafo ct truss rngkaiaanya itu
      thanks

      Hapus
    3. nilai resistornya mpe brapa aja bsanya gan??
      misal dari 2.2ohm smpe brapa ohm?? atau bisa pke 1k??

      trim`s

      Hapus
  41. Mas Zul, kapan-kapan rangkaian itu sampeyan kembangkan jadi otomatis, atau indikator full memakai LED, atau indikator Amperemeter.

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, laksanakan :D

      ini juga ada versi 2 nya lho, bisa disetel arus dan tegangannya, bisa dilihat di sini :

      http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/charger-aki-bikinan-sendiri-adjustable.html

      Hapus
  42. kang kalau pakai trafo ct pakai dioda apa dan apa saja komponennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. trafo ct cukup pakai 2 buah dioda biasa, kaya gini :

      http://electricelectroniclearning.blogspot.com/2010/10/rectifier.html

      Hapus
  43. kang aku liat ko ada 2 IC di gambar yg udah di buat bukan skemanya

    BalasHapus
  44. yg diatas yg sudah di buat sma kang zero tuss 1k bsa tidak mas resistornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh itu IC yang satu rusak tapi males tak copot, jadi tak biarin nancep buat keren-kerenan :P

      itu resistor 0,1 om 5wt

      Hapus
  45. kang kn kalau travo ct 12v nh sudah di buat adptor memnag bisa buat charger kan aki 12v travo ct12v 5 ah kn kta kng zero harus di atas 12v

    BalasHapus
    Balasan
    1. itulah gunanya ELCO, salah satu fungsinya bisa buat naikin tegangan 12 v trafo jadi 13v, karena ELCO juga punya nilai resistansi

      pake aja ELCO 2200uF/50V atau 4700uF/50V

      itu dipasang setelah dioda, and jangan sampe kebalik polaritasnya

      Hapus
  46. kang kalau resistoenya ga ada yg segitu bisa pakai yg 1k
    yg diubah hanya dari trafonya aja kan kang travo sama dioda bridge yg di ubah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pernah nyoba yang nilai lebih dari 0,1 om 5wt

      Hapus
  47. kalau outputnya 13v bisa tidak paki IC7813

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahuku IC7813 itu juarang banget

      Hapus
  48. tpi bsa kn kalau ada truss resistor gk bsa yg 1k soalnya di sini kmren aq k toko g ada pling kecil 1k ktnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tapi arus menuju colector (C) di 2N3055 nya akan sedikit berkurang

      Hapus
  49. kang mislakan trafo ane yg 5a 6-9-12-15-ct-15-12-9-6 nah bsa tidak pakai yg 15 kan nanti di turunkan tagangannya pakai IC7815 tapi dioda sma kapasitor tetap

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara mengubah trafo ct jadi non ct :

      pake aja yang 12-12 (itu setara 24 Vac), yang 0 ga usah dipakai, jadi keluarnya 2 kabel, nanti tinggal disambungin ke dioda bridge, ga ada yang perlu diubah, jadi deh trafo non ct

      Hapus
  50. kang bdanya dioda in4007 sama 4002

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu diukur dari kekuatannya... kalo dioda 1n4007 itu bisa dipakai di tegangan sampai 1000v bisa cari datasheetnya di google

      Hapus
  51. kang ane dah buat tapi c3 ga ada kalau tidak di pakai gak ppa kn aruz travo tdinya 6a tapi setelah dismbungkan ke rangkaian jadi 5 a c3 saya pakai 1mikrofard 50v

    BalasHapus
    Balasan
    1. yo ndak apa-apa, C3 itu buat meratakan arus kok

      Hapus
  52. mas kalo pakai dioda bridge 32A amper,..keluarnya berapa dc nya dan arusnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. travonya brapa ampere misal trafo 10ampere dioda bridgenya harus diatasnya kalau di bawahnya atau sama bisa gosong,misal trafo 5ampere maka dioda bridgenya 10 ampere

      Hapus
    2. misal travo 5ampere arus keluaran tetap

      Hapus
    3. trafonya 5 ampere.ane beli dioda bridge 4 kaki 32 amper!!!rangkaian dah ane buat sesuai gambar,..pas ane cas ke aki mobil yua*s* 45 amper 12volt ga ada tanda tanda aki di cas,kalo rangkaian di tambahin pake lampu led merah cas led hijau penuh gimana caranya ya,...

      Hapus
    4. coba dicek kaki2 dioda udah terpasang dengan baik dan benar apa belum juga semua jalur perkabelan dan kualitas penyolderan demikian juga komponen2 yang terpasang

      trafo juga dicek, pastikan inputnya 18 Vac, bukan 12 atau 15 Vac

      soalnya rangkaian di atas udah terbukti bisa buat ngecas aki juga bahkan bisa buat anodizing aluminium
      (http://zulfauzi.blogspot.com/2012/09/charger-aki-bikinan-sendiri-adjustable.html)

      semoga membantu...

      Hapus
  53. ass.... mohon masukan kenapa trafo charger aki saya berdengung? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. trafo ct atau trafo non ct

      Hapus
    2. itu mungkin beban daya yang ditanggung trafo terlalu berat atau kurang grounding di stekernya

      Hapus
  54. Kang bisa minta pcb layotnya g kirim ke email ane yh

    BalasHapus
  55. Kang bisa minta pcb layotnya g kirim ke email ane yh

    BalasHapus
  56. sy coba2 buat cas sederhana nih mas,tlg sarannya ya. sy pke trafo 5A kecil+dioda kecil 4002(2 buah). tp ngisinya lama sekali. apa yg kurang ya? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo trafonya 5A dan jenis CT, sebaiknya pakainya dioda MIC6A jangan 4002, karena 4002 cuma efektif untuk trafo 1 atau 2 A

      kemungkinan kedua, solderan pada pin trafo agak kendor, jadi listrik ga mengalir dengan lancar

      kemungkinan ketiga kaki dioda agak berkarat, ini juga turut menghalangi arus listrik

      Hapus
  57. Sebelumnya slam kenal mas,,
    begini mas, saya tnggal di tngah hutan, blum ada PLN,
    sya pnya 2 travo biasa(5A&10A),inverter, aki 40A dua bji,,
    gmna mas spya bisa sirkulasi dengan stabil,,,
    mhon pencerahanya,,,
    mklum anak hutan..
    Lngsung aja kirim di
    fajarrokhani@ymail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya di silang jadi inverter 1 dengan aki 1 inverter 2 dgn aki2 nah output inverter 1 pakai charger yang 5a trus sambung ke aki 2 nah aki 2 chargernya pakai travo 10a dihubungkan dgn aki1

      Hapus
  58. Klau itu kra2 bsa bwt tv pa gk maz,,, trus kra2 bsa berthan berapa lma,,,???
    N tlong rangkain charge akinya krim jha ke
    fajarrokhani@ymail.com
    mhon bantuannya

    BalasHapus
  59. Brty ini lw ngecasnya lewt inverter bisa mas,, bkan lwat PLN,??

    MAAF TANYA TRUSSS,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tapi output dari trafo jgan 12v kalo pnya saya 12v trus pke elco 50v 2200uf jadi naek sekitar 15-17v jadi gk pke ic lgi kalo di pln tuh voltnya 15-17 tapi kalau di inverter 12-13v kalau output dri trafonya 12 kaya ane itu gk bisa.
      maaf kalau ada kesalahan tulisan

      Hapus
    2. bisa asal arus aki yang buat ngecas lebih gede dari arus aki yang dicas

      misal mau ngecas aki MOTOR
      ya ngecasnya pake aki MOBIL

      kalo mau ngecas aki MOBIL
      ya ngecasnya pake aki TRUK

      Hapus
  60. salam kenal mas,baru buka web,saya pengn buat charge aki yang paling sederhana mas,bisa minta tolong ini email saya ubanyu26@yahoo.com,nuwun.

    BalasHapus
  61. mas brarti untuk aki 40ah pke trafo 5A,,, klo 10A bisa tidak,,, minta skematik rangkaiannya dunk,,, ane mau bikin versi PCB saya sendiri,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa tetapi kurang bagus karena sel2 akinya cepat melengkung dan umur aki lebih pendek lebih baiknya 10% dari daya aki tsb misal saya punya aki 40a berarti chargernya 4a kalau di bawahnya tidak apa2 untuk ini kang zul belum punya skema PCB hanya rangkaiannya
      kalau ada kata yg salah tolong di maklumkan

      Hapus
  62. Gan gua boleh nanyabga. Tentang rangkaian ini : http://skemarangkaianpcb.com/wp-content/uploads/2012/08/Rangkaian-Saklar-Sentuh-Dengan-IC-555-300x247.jpg
    Kira-kira relay yang digunakan berapa volt ya???

    BalasHapus
  63. aku mau tanya, kalau pakai trafo bukan merk big bisa gak ya?

    BalasHapus
  64. bisa kok aku pakai travo NELC 5a ct

    BalasHapus
  65. GAN numpanpang nanya saya bikin rangkaian charge accu sederhana, travo 5 AH non ct trus pakai dioda bridge 35a kemudian saya tambah elco 4700 25v ,out put travo saya pake 15v,pertanyaan saya kenapa untuk charge accu 6 Ah aja kok lambat ya mohon masukanya,email saya trijoko085@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. to tri joko
      seharusnya jangan pakai travo 5a untuk aki motor, charger lebih baik 10% dari kapasitas aki misal saya punya aki 6ah chargernya harus 0.6/600mah karena agar sel aki tidak cepat melengkung contoh laagi saya punya charger 5a rangkaian di atas saya charger aki 3a mio soul pakai charger 5a memang lama tapi sebenarnya kalau sering2 begitu aki akan cepat rusak kalau travo non ct 5a output 15v dari travo tidak usah menggunakan elco lagi boleh pakai elco tapi,output dari travo harus 12 karena elco bisa menaikan tegangan boleh pakai elco output 15 gak apa2 tapi harus pakai IC regulator 7815 dan tr 2n3055 seperti di atas

      Hapus
  66. mas minta skema 2 D dan 3D skywave1380@yahoo.com.sg
    rencana buat charge aki motor
    dan
    minta skema buat inverter dc ke ac buat nyalain tv atau komputer

    BalasHapus
  67. kalo nda merepotkan, sudilah kiranya mengirimkan skema 2d+3d ke indrap86@gmail.com. rencana mw bikin charger aki motor, soale dirumah banyak aki motor bekas :D. matur suwun lho mas sebelumnya.

    BalasHapus
  68. It is the best time to make some plаns fοr the future and it is timе to be hаppy.

    ӏ have read this post anԁ if I coulԁ I desire to suggest you fеw inteгesting
    thingѕ оr tips. Pегhaps you can write next articles rеferring to this article.
    I wish to reaԁ more things about it!

    Feel freе to surf to my blog post :: wire-wound resistor

    BalasHapus
  69. Somebody necessarіly assist tο make severelу articles I'd state. This is the first time I frequented your web page and thus far? I amazed with the analysis you made to make this actual submit amazing. Fantastic job!

    Also visit my blog; resistance of a resistor

    BalasHapus
  70. Saya ingin membuat inverter dengan input 380 vdc. dari battery 12 v yang diseri sebanyak 32 biji. mosfet yang dipake tipe apa mas. output yang diharapkan 220 vac dengan gelombang sinus

    BalasHapus
  71. salam kenal mas
    gini mas, kan saya lagi mau buat rangkaian buat ngecas aki 45 Ah
    tapi masih bingung cari komponen yang pas
    boleh minta rangkaian 2D sama 3D nya mas ya
    tolong kirimin ke eamil saya mas ya
    giriworyanto@gmail.com
    terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. skema udah dikirim, monggo cek imel

      Hapus
  72. salam kenal mas brow...
    boleh donk kirimi skema and komponen cez aki yang 3Dma Inverter e sekalian ndek email " ipinfarda@yahoo.co.id"
    thans be for

    BalasHapus
  73. salam kenal mas
    saya lagi mau buat rangkaian buat ngecas aki 6V 4.5 Ah,selain itu 12 V 5 Ah untuk aki motor.
    Dan aki motor bekas saya mau saya gunakan sebagai emergency atau inverter.
    apakah bisa minta tolong rangkaian yang cocok mas?
    untuk rangkaian 1 charger aki untuk 2 jenis aki diatas?,
    dan untuk emergency / inverter, berapa watt yang optimal dengan aki motor.
    tolong reply ke email saya mas, trims.
    wisanjaya333@gmail.com
    terimakasih mas

    BalasHapus
  74. Mas boleh jg dong minta skemanya ariefmasqulin@yahoo.co.id

    BalasHapus
  75. tanya dong mas
    hehe
    kan saya udah buat rangkaian kayak yang diatas itu
    pas saya coba
    gak begitu lama saya pegang TIP nya
    kok panas sekali ya ?
    emang begitu apa gimana ya ?
    mohon pencerahannya
    hehe
    makasih

    BalasHapus
  76. yang mau minta skemanya, silakan main-main ke sini :
    http://zulfauzi.blogspot.com/2013/07/panduan-lengkap-bisnis-cara-bikin.html

    lengkap + ada panduannya

    BalasHapus
  77. kayaknya heboh banget ketimbang cas aki aja stlh aku baca jadi bingung mbok ya bikin posting yang pasti biar ngga bikin keder pengunjung dari mulai ngebahas tentang mslh capasitor bisa ngurangin tagihan listrik jadi ketawa geli jawabanya ngga akurat sampe transistor bisa naikin amper kl menurut saya kl buat cas ya cpstr hukumnya sunah transistor jelas tidak buat naikin amper adpn kl mesin cuci kulkas motoran segala penngerak ya jelas ada cpstrnya krna itu buat strart motoran trsbt anda ahli dan tau dlm elektro ko penjlsnya ngga msk akal apa jangan 2 cuma copy paste aza hahaha dengan ini mungkin anda bisa jadi lebih teliti lagi karna ilmu yng anda bagikan akan di praktekan sama pembacanya mohon maaf ini hanya pendapapat saya moga tambah dewasa dan sucses blog ini amin

    BalasHapus
  78. Mas ukuran resistornya itu berapa Ohm ya,,
    kok 0.1 Ohm ya ?

    BalasHapus
  79. Boleh copy paste gan. Sy suka electric tp belum bener cara belajarnya. Jd sy permisi paste gan. Tks

    BalasHapus
  80. Boleh copy paste gan. Sy suka electric tp belum bener cara belajarnya. Jd sy permisi paste gan. Tks

    BalasHapus
  81. wahh,,mntaapp.. salam kenal smua..
    bisa mintol krimin aku jg g skema charger aki.y kang...??
    in email qu: muhyakub09@gmail.com
    sya pnasaran untuk buat sndiri alat.y stelah baca smua koment2 d atas..
    thanks sblum.y kang..!!!

    BalasHapus
  82. Bos tolong minta skemanya ya kirim ke wnsetawan517@yahoo.co.id
    Makasih sebelumnya ya
    Skema alat utk charger accu


    BalasHapus
  83. terima kasih bnyak gan,smga gan sukses sllu.Amiiin

    BalasHapus
  84. Makasih panduan bikin rangkaiannya....

    BalasHapus
  85. mau juga donk gan dikirimi gambar sama skema 3Dny... ni alamat emailq christa.dewa@gmail.com
    makasih sebelumnya... sukses selalu...

    BalasHapus
  86. asslamualaikum,kulo nuwoN mas bro,q sX an mNta skmanY doNg masbro n kLo ada sXan mNta skema bkin inverter dri aki yg simplen n mdah cAri alat2 ny mslahnY lg dPrantaug'an bru lmpu sRing mti..
    Krim d sni ya mas bro putrasragentina1@gmail.com

    BalasHapus
  87. Bisa dikirim rangk. Dan komponen cas accu dan inverter ke : critakita@gmail.com. Terima kasih

    BalasHapus
  88. mas cara menengetahui kaki transistor EBC nya gimana untuk yg TIP3055 dan kaki IC LM7815,maklum nubie di dunia elektronik.
    please emai ke luwiditanto@gmail.com

    BalasHapus

Ping Blog